RPP DARING KELAS 2 SD TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) DARING
Satuan Pendidikan : SD MAMBAUL HISAN
Kelas / Semester : 2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema
1)
Sub
Tema :
Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung
ungkapan, peserta didik dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks
cerita tersebut dengan tepat.
- Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung
ungkapan, peserta didik dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks
percakapan tersebut dengan tepat.
- Dengan mendengarkan penjelasan guru, peserta didik
dapat membaca lambang bilangan dan menyatakan
kumpulan objek sampai dengan 999 dengan tepat.
- Dengan diberikan lagu anak, peserta didik dapat membedakan panjang
pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Kelas dimulai
dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta
didik melalui aplikasi online. 2.
Kelas dilanjutkan
dengan mengingatkan peserta didik untuk berdo’a sebelum memulai pembelajaran. 3.
Menyanyikan lagu
Indonesia Raya dan satu lagu nasional yang dipilihkan guru supaya peserta
didik senantiasa menjunjung rasa nasionalisme . 4. Pembiasaan membaca (kegiatan literasi) buku/bacaan yang
ada di rumah 10-15 menit. 5. Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik. |
Disesuaikan |
Kegiatan Inti |
1.
Peserta didik
menyimak teks cerita pada Buku siswa yang dibacakan guru dalam video. 2.
Peserta didik
memperhatikan ungkapan yang ada pada teks bacaan. 3.
Ketika membaca
teks, guru memberi penekanan pada kalimat yang menggunakan ungkapan. 4.
Peserta didik
menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita. 5.
Peserta didik
mendengarkan penjelasan guru mengenai arti ungkapan yang terdapat pada teks. 6.
Peserta didik
menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan yang terdapat pada teks cerita. 7.
Peserta didik
membaca kalimat yang terdapat pada teks percakapan dan menyebutkan ungkapan
pada kalimat tersebut. 8.
Peserta didik
diberi keleluasaan untuk menyusun kalimat berdasarkan teks cerita yang sudah
dibacanya. 9.
Peserta didik
memperagakan percakapan yang sudah dibuatnya, bergantian dengan teman melalui
media video online. 10. Peserta didik mengamati gambar rak buku yang ada di
Buku siswa. Guru mengajak peserta didik berpikir bagaimana cara yang mudah
untuk menghitung buku yang banyaknya ratusan. 11. Setelah mendengarkan penjelasan guru, eserta didik
mengerjakan soal tentang bilangan cacah dengan tiga angka. 12. Peserta didik menyimak guru menyanyikan lagu Peramah
dan Sopan. Peserta didik diminta ikut
merasakan kapan nada lagu dinyanyikan
panjang dan kapan dinyanyikan
pendek. 13. Peserta didik membuati video menyanyikan lagu Peramah dan Sopan dengan memperhatikan nada pendek
dan panjang. |
|
Kegiatan Penutup |
1. Guru memberikan refleksi, penguatan dan kesimpulan 2. Peserta didik
diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi
dari penyampain guru selama pembelajaran berlangsung. 3.
Menyanyikan salah satu lagu daerah yang dipilihkan guru untuk
menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 4.
Mengingatkan peserta didik untuk senantiasa menjaga kesehatan selama
masa pandemi covid-19. 5.
Salam dan do’a
penutup dilakukan secara mandiri dengan instruksi dari guru. |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek
dengan rubrik penilaian.
Mengetahui, Kepala Sekolah WILDAN SHOLIHI, S.Hum NIY. |
|
Badalpandean,12 Juli 2021 Guru Kelas II ARUM
PUTRIANA DEWI, S.Pd NIY. |
Comments
Post a Comment