Kajian Qowaidh al fiqh ( Kitab al Asybah wa an Nadzoir) "Hal yang Berhubungan dengan Niat"
Seblm kita mulai marilah kita tawashul terlebih dahulu
إلى حضرة النبي المصطفى محمّد صلى الله عليه وسلم وعلى اله وأصحابه أجمعين
وإلى جميع مشايخنا وأساتذتنا وآبائنا والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات خصوصا الى روح الإمام جلال الدين عبد الرحمن بن أبى بكر بن خضر بن نجم الدين ابن صلاح أيوب بن ناصر الدين محمد بن الشيخ همام الدين الهمام الخضيرى السيوطى الفاتحة....
وإلى جميع مشايخنا وأساتذتنا وآبائنا والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات خصوصا الى روح الإمام جلال الدين عبد الرحمن بن أبى بكر بن خضر بن نجم الدين ابن صلاح أيوب بن ناصر الدين محمد بن الشيخ همام الدين الهمام الخضيرى السيوطى الفاتحة....
*Nama kitab : Asybah wan Nadzoir
*pengarang: imam jalaludin assuyuthi
*refrensi tambahan: buku formulasi nalar fiqih
قال المصنف رحمه الله تعالى ونفعنا به وبعلومه فى الدارين، أمين.
Hal yg brhubungan dg niat
المبحث الخامس فى محل
النية
محلها القلب فى كل موضع،
الأول انه لايكفى التلفظ باللسان دونه
والثانى أنه لايشترط مع القلب التلفظ
والثانى أنه لايشترط مع القلب التلفظ
لو اختلف اللسان والقلب،
فالعبرة بما فى القلب
فالعبرة بما فى القلب
"Pmbahasan yg kelima yaitu tempat niat. Niat brtmpat dihati, dalam jenis ibadah apapun☺. Tidak ckup jika hanya melantunkan niat, tanpa mengucapkannya dlam hati (mbatin), atau bisa juga, tidak disyaratkan melafadzkan niat dg lisan, jika sudah diucapkan didalam hati. Jika lisan tak sesuai dg hati...Maka yang dianggap adalah apa yang ada dihati".
Example:
فلو نوى بقلبه الوضوء وبلسانه التبرد صح الوضوء
أو عكس فلا
وكذا لو نوى بقلبه الظهر وبلسانه العصر صح له ما فى القلب
ومنها إن سبق لسانه الى لفظ اليمين بلاقصد
فلا تنعقد، ولا يتعلق به كفارة،
وهذا فى الحلف بالله
وهذا فى الحلف بالله
"jika ad seseorang niat dalam hatinya melakukan wudhu, namun d lisannya
dia mengucap lain _(tabarrud)_ semisal, mka wudhunya ttaplah sah. Jika sebaliknya, yaitu dlm hati niat tabarrud, namun yg d lisankan adalah niat wudhu maka wudhunya tdk sah, karena yang didalam hatilah yang menjadi ukuran sahnya niat. Bgtupula jika ad orng yg berniat dlam hati mengerjakan sholat dzuhur, tp lisannya melantunkan niat sholat ashar semisal, maka yg sah adlh sholat yg dia niati dlam hati. Begitupula jika ada seseorang yang ketlanjur dalam mengucap sumpah, sedang dalam hatinya tak ad mksud dmikian, maka yg dmikian tdak dianggap, alias tdak d reken dan secara otomatis tidak ada kafarot bgnya☺.Tentunya ini jika berupa sumpah yg brhubungan dg Alloh swt, pantas saja, karena jika niat itu bertempat dihati, maka tak ada yang tau hati seseorang kecuali penciptanya☺"
فلو جرى مثل ذلك فى الإيلاء او الطلاق او العتاق لم يتعلق به شيئا باطنا
لتعلق حق الغير به
"adpun yg brhubungan dg adami/ makhluk sperti talak, memerdekakan budak dsb itu tak ada hubungannya sama sekali dg niat.. krna begitulah, dan ksimpulannya tmpat drpd niat adlah d hati"
Sekian yg dpat saya smpaikan, Jika ad kesalahan, mohon koreksi dr smua member grup mulia ini. Dr saya...
Wassalaamu'alaikum wr.wb
Comments
Post a Comment