Syawir "Hukum Menangis saat Sholat"
Assalamualaikum
*Pertnyaan*
Bagaimana batasan menangis yg di perbolehkan ketika sholat?
*Rumusan Jawaban*
Wa'alaikumussalam warohmatulloh,.
Hukum menangis didalam sholat sebenarnya banyak sekali khilafiyah dan tafshilanya diantara para ulama fiqih, namun hal yang paling menonjol dari khilafiyah beliau2 adalah dalam hal menangis yang sampai mengeluarkan suara (al-Buka'u bis Saut), adapun dalam masalah menangis bighoiris saut hampir semua ulama sepakat bahwa hal demikian tidaklah membatalkan sholat.
Dalam masalah menangis yang bersuara ini terdapat tafshilan sebagai berikut; tangisan yang mengandung 2 huruf atau lebih, tangisan yang tidak sampai mengandung 2 huruf, tangisan karna tujuan kekhusyu'an, dan tangisan karna takut ahirat (surga & neraka).
Adapun pendapat yang shohih dalam syafi'iyyah menyatakan bahwa menangis yang sampai mengeluarkan dua huruf maka dapat membatalkan sholat karna tangisanya dapat menafikan sholatnya, walaupun tangisanya itu karna tujuan takut akhirat sekalipun, dan menurut muqobil shohih dalam syafiiyah menyatakan bahwa hal tersebut tidaklah membatalkan sholat karna bukan termasuk pembicaraan dan tidak pula dapat dipahami.
Jadi, batasan menangis yang diperbolehkan yaitu ketika tangisanya tidak sampai melebihi satu huruf... Wallohu a'lam bisshowab
*Referensi*
وأما عند الشافعية ، فإن البكاء في الصلاة على الوجه الأصح إن ظهر به حرفان فإنه يبطل الصلاة ; لوجود ما ينافيها ، حتى وإن كان البكاء من خوف الآخرة . وعلى مقابل الأصح : لا يبطل لأنه لا يسمى كلاما في اللغة ، ولا يفهم منه شيء ، فكان أشبه بالصوت المجرد
📖 الموسوعة الفقهية الكويتية ٨ / ١٧١
ثم العمل القليل إذا كثر أبطل الصلاة فكذلك الكلام ومن أصحابنا من قال لا تبطل كأكل الناسي لا يبطل الصوم قل أو كثر وان تنحنح أو تنفس أو نفخ أو بكى أو تبسم عامدا ولم يبن منه حرفان لم تبطل صلاته لما روى عبد الله بن عمر قَالَ " كَسَفَتْ الشَّمْسُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم فلما سجد جعل ينفخ في الارض ويبكى وهو ساجد فلما قضى صلاته قال والذى نفسي بيده لقد عرضت علي النار حتى اني لاطفيها خشية ان تغشاكم " ولان ما لا يبين منه حرفان ليس بكلام فلا تبطل به الصلاة.
📖 المجموع شرح المهذب ٤ / ٨
ثم الخلاف المذكرو في التنفس والضحك ونحوهما-جار-كما قاله المتولي-في البكاء في الصلاة إذا بان معه حرفانن ولا فرق على القول بالبطلان-وهو المشهور-بين أن يكون بكاؤه للخوف من النار ونحوها، أو لحزن على ميت ونحوه.
وعن الروياني أن القاضي أبا الطيب الطبري قال: سمعت الماسرجسي يقول: إن كان [بكاؤه] من خشية الله فلا تبطل، وإن كان لحزن على ميت بطلت، وهذا محكي عن أبي حنيفة، وبه يحصل في المسألة ثلاثة أوجه، والله أعلم.
📖 كفاية النبيه في شرح التنبيه٣ / ٤١٣
Comments
Post a Comment