Syawir "Hukum Nadzar yang Mengandung Unsur Maksiat"

Assalamualaikum Wr.Wb 
👉Pertanyaan 
Bagaimanakah klo ada orang bernadzar nanggap wayang apakah wajib dilaksanakan padahal biasanya didalamnya ada sinden yg tdk menutup aurat seperti yg dianjurkan agama n seringkali menyanyikan lagu dangdut campursari dll ?

👉jawaban
Wa'alaikum salam Wr.Wb
perlu diketahui bahwa pengertian dari nadzar adalah 👇
النذر لغة الوعد بخير أوشر. وشرعا التزام قربة لم تتعين بصيغة.
______
(قربة) وخرج بها المعصية كشرب الخمر والمكروه كصوم الدهر لمن خاف به ضررا أو فوت حق والمباح كالقيام والقعود فلايصح نذره.
Nadzar secara bahasa adalah berjanji entah dalam kebaikan atau tidak. Sedangkan nadzar secara syara' adalah mewajibkan suatu perkara atau perbuatan Sunnah (qurbah) yang asalnya tidak wajib secara syariah. Seperti, bernazar melakukan shalat sunnah, berpuasa sunnah, bersedekah pada orang miskin apabila yang dikehendakinya tercapai. 
dikecualikan dari mewajibkan perkara yang berstatus sunnah (qurbah) adalah 
  1. hal2 maksiat seperti minum khomr, 
  2. hal yang makruh seperti puasa bertahun2 bagi mereka yg kondisi badannya kurang fit, 
  3. Dalam hal2 mubah seperti berdiri, duduk, dsb.

Nadzar dengan ketiga perkara diatas (maksiat, makruh, mubah) maka nadzarnya tidaklah sah/ nganggur.
Alhasil, melihat sesuai deskripsi soal yang ada, maka nadzar disini dianggap tidak sah alias nganggut karena bernadzar dalam hal yang didalamnya terkandung maksiat. 🤗
Adapun bagi pelanggar nadzar maksiat, ulama berbeda pendapat mengenai hukuman berupa kafaroh atau tidaknya.
Menurut imam Ar Robi' wajib membayar kafarat bagi mereka yang melakukan nadzar maksiat. Begitu juga pendapat yg dipilih oleh al baihaqy dan kafarotnya adalah kafarot yamin/sumpah.

👉Ibaroh

كفاية الأخيار ج1 ص 546 مكتبة شاملة
(وَلَا نذر فِي مَعْصِيّة كَقَوْلِه إِن قتلت فلَانا فَللَّه عَليّ كَذَا)
وَلَا يَصح نذر الْمعْصِيَة لقَوْله عَلَيْهِ الصَّلَاة وَالسَّلَام لَا نذر فِي مَعْصِيّة وَلقَوْله عَلَيْهِ الصَّلَاة وَالسَّلَام من نذر أَن يَعْصِي الله فَلَا يَعْصِهِ وَقد مثل الشَّيْخ لذَلِك بِمَا ذكره وَكَانَ يَنْبَغِي أَن يمثل بِغَيْر مَا ذكره بِأَن يَجْعَل الْمُلْتَزم مَعْصِيّة بِنَفسِهِ كنذر شرب الْخمر أَو الزِّنَا أَو الْقَتْل أَو الصَّلَاة فِي حَال الْحَدث أَو نذر أَن يذبح نَفسه أَو وَلَده فَإِذا نذر ذَلِك وَلم يفعل الْمَحْلُوف عَلَيْهِ فقد أحسن وَلَا كَفَّارَة عَلَيْهِ أَيْضا على الْمَذْهَب الَّذِي قطع بِهِ الْجُمْهُور وَحكى الرّبيع قولا أَنه تجب الْكَفَّارَة وَاخْتَارَهُ الْبَيْهَقِيّ لحَدِيث لَا نذر فِي مَعْصِيّة وكفارته كَفَّارَة يَمِين
الوسيط ج4 ص34
(٦) في ذلك قوله تبارك وتعالى: {ياأيها الذين آمنوا أوفوا بالعقود} (٧)، وما رواه البخاري في الصحيح (٨) من حديث عائشة - رضي الله عنها - عن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - قال: (من نذر أن يطيع الله فليطعه، ومن نذر أن يعصيه (٩) فلا يعصه)، والله أعلم.
وهذا يقتضي أيضا (٤) وجوب الكفارة في نذر المعصية (٥)، بل أولى، فإنه مع كونه لا يلزم فيه الوفاء بمنذوره لا يجوز

Wallohu A'lam

Comments

Popular posts from this blog

Kajian Qowaidh al fiqh ( Kitab al Asybah wa an Nadzoir) "Hal yang Berhubungan dengan Niat"

Syawir "Hukum Sholawat saat Memandikan Jenazah"

Kajian Qowaidh al Fiqh (Asybah wa an Nadloir) "الحاجة تنزل منزلة الضرورة عامة كانت أو خاصة"