Syawir "Batas محمول dalam Sholat"
👉DESKRIPSI MASALAH
:كل محمول له وإن لم يتحرك بحركته
dalam kasifatus saja bab syarat sholat salah satu syarat sholat adalah suci dari najis termasuk suci pakaiannya meski tak ikut bergerak ketika digunakan sholat.
👀PERTANYAAN :
ADAKAH BATAS محمول TERSEBUT ? MISTAL IMAM MENGGUNAKAN MIKROFON YANG DI JEPIT DNG KABEL TERHUBUNG SAMPAI MEMBRAN DAN MEMBRAN TERSEBUT TERHUBUNG DENGAN MENARA.
💦Jawab.
Sependek pncarian para musyawirin blum mnemukan batasan dari mahmul..adakah 3m atau 5m atau 1km. Yg ada dlam kitab2 thurots madzhab syafi'i di batasi dg yataharrok biharokatil musholly (dalam keadaan berdiri,sujud ataupun duduk..)
Namun Dalam hal ini.. Asalakan masih berhubungan dg mahmul. Dan di yaqini atau nyata2 ada najis. Maka ada khilaf antar ulama dalam masalah mahmul laa yataharok biharokatil musholly (dalam keadaan sujud,duduk ataupun berdiri)
فصل و شرائط الصلاة قبل الدخول فيها خمسة اشياء.......طهارة الاعضاء من الحدث و النجس)..............و لو اصاب طرف ثوبه او عمامته نجاسة بطلت صلاته سواء كانت الصائب يتحرك لحركته ام لا و لو قبض طرف حبل او اشده و سطه و طرفه الاخر نجس او ملقى على نجاسة ففيه خلاف الراجح فى الشرح الكبير و الروضة البطلان كالعمامة و الثانى لا تبطل و الله اعلم
Syarat sebelum melakukan sholat ada 5 diantaranya adalah harus suci dari hadas dan najis. Dan apabila pucuk/tepi bajunya atau surbanya terkena najis maka batal sholatnya. Apabila ia menggenggam ujung seutas tali atau menggenggap pertengahannya, dimana ujung tali yang lain terdapat najis, atau jatuh kepada najis maka ada 2 pendapat dan pendapat yang rajeh menurut syrah al kabir dan raudhoh adalah batal dan pendapat kedua tidaklah batal. [ Kifayatul ahyar 1/90 ].
Lau untuk lebih memperjelas kita lihat juga dalam kitab roudhoh.
Perkhilafan ini trjadi pada mahmul yg tidak bergerak karna geraknya musholly (dlm keadaan berdiri,duduk ataupun sujud)
Adapun pendapat terkuat dari jumhur.. Mahmul ini tak ada batasan asalkan mahmul ada najisnya maka tidak sah untuk sholat baik yg yataharrok ataupun tidak.
- Sedangkan menurt imam haromain, imam ghozali Dan pengikutnya:suatu yg bersambung DG mosholli yg begeak DG berrgeraknya mosholi batal sholatny, Dan khliaf antar ulama terlerak pada tidak adanya gerqkan mahmul karna pergerakan musholly
- menrt imam baghowi batal kl di ikatkan batal, menurut Beliau perkhilafan terletak pada pemegangan mahmul menggunakan tangan
- menrt mayoritas syafi'iyah, kl di ikat pada benda hidup yg kecil dan najis, batal sholatnya, Bila benda hidupnya itu besar dan najis, maka batal menurt qoul asoh
- bila d-i ikatkan pada benda mati yg suci yg terdapat najisnya di dlmnya sprti perahu yg syci tapi Ada najisnya, bila kecil sekira jika di tarik maka ikut tertarik maka batal. Namun jika besar sekiranya kl d-i tarik tdk ketarik maka tdk batal menrt qoul shohih, Sebagaimana d-i ikatkan pada pintu rumah yg ddlm rumah tersebut Ada najisnya
- kl tali tersbut d-i injak maka tdk mempengaruhi pada sholat
Roudhoh juz 1 hal 274
فَرْعٌ:
مَا لَبِسَهُ الْمُصَلِّي، يَجِبُ أَنْ يَكُونَ طَاهِرًا، وَأَنْ لَا يُلَاقِيَ شَيْئًا نَجِسًا، سَوَاءٌ تَحَرَّكَبِحَرَكَتِهِ فِي قِيَامِهِ وَقُعُودِهِ، أَوْ لَمْ يَتَحَرَّكْ بَعْضُ أَطْرَافِهِ كَذُنَابَةِ الْعِمَامَةِ. فَلَوْ أَصَابَ طَرَفَ الْعِمَامَةِ الَّذِي لَا يَتَحَرَّكُ أَرْضًا نَجِسَةً، بَطَلَتْ صَلَاتُهُ.
وَلَوْ قَبَضَ طَرَفَ حَبْلٍ أَوْ ثَوْبٍ، أَوْ شَدَّهُ فِي يَدِهِ أَوْ رِجْلِهِ أَوْ وَسَطِهِ، وَطَرَفُهُ الْآخَرُ نَجِسٌ أَوْ مُتَّصِلٌ بِالنَّجَاسَةِ، فَثَلَاثَةُ أَوْجُهٍ:
أَصَحُّهَا: تَبْطُلُ صَلَاتُهُ، وَالثَّانِي: لَا تَبْطُلُ، وَالثَّالِثُ: إِنْ كَانَ الطَّرَفُ نَجِسًا، أَوْ مُتَّصِلًا بِعَيْنِ النَّجَاسَةِ، بِأَنْ كَانَ فِي عُنُقِ كَلْبٍ، بَطَلَتْ، وَإِنْ كَانَ مُتَّصِلًا بِطَاهِرٍ، وَذَلِكَ الطَّاهِرُ مُتَّصِلًا بِنَجَاسَةٍ، بِأَنْ شَدَّ فِي سَاجُورٍ، أَوْ خِرْقَةٍ، وَهُمَا فِي عُنُقِ كَلْبٍ أَوْ شَدَّهُ فِي عُنُقِ حِمَارٍ عَلَيْهِ حِمْلٌ نَجِسٌ لَمْ تَبْطُلْ.
وَالْأَوْجَهُ جَارِيَةٌ، سَوَاءٌ تَحَرَّكَ الطَّرَفُ بِحَرَكَتِهِ أَمْ لَا، كَذَا قَالَهُ الْجُمْهُورُ.
وَقَطَعَ بِهِ إِمَامُ الْحَرَمَيْنِ وَالْغَزَالِيُّ، وَمَنْ تَابَعَهُمَا بِالْبُطْلَانِ إِذَا تَحَرَّكَ، وَخَصُّوا الْخِلَافَ بِمَا لَا يَتَحَرَّكُ.
وَقَطَعَ الْبَغَوَيُّ بِالْبُطْلَانِ فِي صُورَةِ الشَّدِّ، وَخَصَّ الْخِلَافَ بِصُورَةِ الْقَبْضِ بِالْيَدِ.
وَقَالَ أَكْثَرُ الْأَصْحَابِ: إِنْ كَانَ الْكَلْبُ صَغِيرًا أَوْ مَيْتًا، وَطَرَفُ الْحَبَلِ مَشْدُودٌ بِهِ بَطَلَتِ الصَّلَاةُ قَطْعًا، وَإِنْ كَانَ كَبِيرًا حَيًّا بَطَلَتْ عَلَى الْأَصَحِّ.
وَإِنْ كَانَ الْحَبْلُ مَشْدُودًا فِي مَوْضِعٍ طَاهِرٍ مِنْ سَفِينَةٍ فِيهَا نَجَاسَةٌ، فَإِنْ كَانَتْ صَغِيرَةً تَنْجَرُّ بِجَرِّهِ، فَهِيَ كَالْكَلْبِ.
وَإِنْ كَانَتْ كَبِيرَةً. لَمْ تَبْطُلْ عَلَى الصَّحِيحِ. كَمَا لَوْ شَدَّ فِي بَابِ دَارٍ فِيهَا نَجَاسَةٌ، وَاتَّفَقَتِ الطَّوَائِفُ عَلَى أَنَّهُ لَوْ جَعَلَ رَأْسَ الْحَبْلِ تَحْتَ رِجْلِهِ، صَحَّتْ صَلَاتُهُ فِي جَمِيعِ الصُّوَرِ.
Comments
Post a Comment