Kajian Qowaidh al Fiqh (Asybah wa an Nadloir) "العادة محكمة"

إلى حضرة النبي المصطفى محمّد صلى الله عليه وسلم وعلى اله وأصحابه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتذتنا وآبائنا والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات خصوصا الى روح الإمام جلال الدين عبد الرحمن بن أبى بكر بن خضر بن نجم الدين ابن صلاح أيوب بن ناصر الدين محمد بن الشيخ همام الدين الهمام الخضيرى السيوطى   الفاتحة....
*Nama kitab : Asybah wan Nadzoir
*pengarang: imam jalaludin assuyuthi
*refrensi tambahan: buku formulasi nalar fiqih 
قال المصنف رحمه الله تعالى ونفعنا به وبعلومه فى الدارين، أمين.
pada kesempatan hari ini, kajian kaidah fiqh kita sampai pada bab ke enam yaitu👇👇
القاعدة السادسة 
العادة محكمة
"adat istiadat dapat dijadikan pijakan hukum"
dasar munculnya kaidah ini adalah Hadis Nabi Saw
قال القاضى: أصلها قوله صلى الله عليه وسلم : "مارآه المسلمون حسنا فهو عند الله حسن"
apa yang diyakini kaum muslimin sebagai suatu kebaikan, berrti baik pula disisi Allah Swt
adapun cakupan dari kaidah ini sangatlah  banyak..
أن اعتبار العادة والعرف راجع اليه فى مسائل لاتعد كثرة
diantaranya adlah
فمن ذلك
  1. umur minimal haidl, baligh, dan inzal (keluar nganu bagi laki2) 😁 سن الحيض والبلوغ والإنزال 
  2. waktu minimal haidl, nifas, suci, dan gholibnya (kebiasaan yg dialaminya), dan waktu maximalnya وأقل الحيض والنفاس والطهر وغالبها وأكثرها
  3. pengkategorian  sedikit dan banyak pada kasus sprti 👇👇

  • ~ وضابط القلة والكثرة فى الضبة (menambal ssuatu dg hal yg tadinya d haramkan, sprti mnmbal baju pakai sutra bg laki2. jika sdkit maka tak apa, kalau banyak maka gak d perbolhkan..)
  • ~ والأفعال المنافية للصلاة (pengelompokan kadar sedikit dan banyak gerakan yg membatalkan sholat..)
  • ~والنجاسات المعفو عن قليلها  (pembatasan kadar sedikit dan banyak pada darah yg mnmpel d baju atau badan..jika sedikit maka dima'fu, dan jika banyak maka akan sebaliknya.. 😊)

kesemuanya itu sangat tidak lepas dr kaidah  العادة محكمة
krena pd proses penentuannya sangat memperhatikan urf/ adat yg berlaku..smisal pada kasus darah yg mnmpel d badan, dikatakan sdkit atau banyak.. it yg mnntukan siapa? maka jwabnya adlah yg mntukan adalah persepsi dr kebiasaan yg berlaku pada kaum tsbt. jika 1 tetes dg 1 ember tenntunya akan berbeda persepsinya..
1 tetes d hukumi sdkit, , sdngkan 1 ember akan d bilang banyak
bgtulah 😉

saya tambahkan dr buku formulasi nalar fiqih hlm 283
Sebuah hal bisa d katakan sbgai adat yg bs d buat pijakan, jika memenuhi bbrapa syarat
  1. Adat tidak bertntangan dengan teks Syari'at
  2. Adat tersebut harus (اطراد) atau konstan dan menyeluruh. Atau minimal telah dilakukan oleh kalangan mayoritas (غالب)
  3. Adat sudah terbentuk bersamaan dengan masa penggunannya
  4. Tidak terdapat ucapan atau pekerjaan yang bertentangan dengan nilai2 substansial adat. atau biasa disebut مضمون العادة.

👆ktika 4 syarat diatas terpenuhi, maka adat/ tradisi bisa d jadikan pijakan hukum
begitu gambaran ringkas dr kaidah العادة محكمة, setelah itu kita akn mmbhasnya lbih dalam lagi minggu depan,,,

Comments

Popular posts from this blog

Syawir "Hukum Sholawat saat Memandikan Jenazah"

Kajian Qowaidh al fiqh ( Kitab al Asybah wa an Nadzoir) "Hal yang Berhubungan dengan Niat"

Kajian Ushul Fiqh (waroqot) "Perilaku Shohibus Syariah"