Kajian Ushul Fiqh (waroqot) "Perilaku Shohibus Syariah #2"


إلى حضرة النبي المصطفى سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم واله واصحابه واتباعه وإلى حضرة جميع مشايخنا ومعلمينا وإلى جميع مؤلفي الكتب التي تعلمناها وعلمناها خصوصا الي إمام الحرمين أبي المعالي الجويني مؤلف متن الورقات
الفاتحة...
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (1)
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ (2) اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (3) ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ (4) ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ (5)
اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ (6) ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ اﻟﻀﺎﻟﻴﻦ (7)
Sebelumnya saya minta maaf, sebab baru bisa post materi Ushul Fiqh sekarang. Imam Haromain berkata:
وإقرار صاحب الشريعة على القول هو قول صاحب الشريعة
"Ketetapan yg di berikan oleh Shohibus Syariah pd sebuah ucapan itu tak lain sama dg ucapan shohib syariah juga."
 وإقراره على الفعل من أحد كفعله
"Pengakuan Shohibus Syariah (Baginda Nabi Muhammad) atas sebuah pekerjaan, itu sama halnya dengan prilaku Shohibus Syariah itu sendiri."
CONTOH:
  1. Qoul, Contoh ketetapan baginda Nabi atas Ucapan salah satu sahabatnya adalah tentang keputusan Abu Bakar untuk memberikan "Salab" terhadap orang yang berhasil membunuh kafir Harbi dalam peperangan. 
  2. Fi'li, Contoh dari ketetapan Nabi terhadap prilaku adalah pengakuan beliau atas prilaku Khalid bin Walid yang memakan Dhob. Yang menunjukkan bahwa hewan Dhob itu boleh dan halal.
وما فعل في وقته في غير مجلسه وعلم به ولم ينكره فحكمه حكم ما فعل في مجلسه
"Sesuatu prilaku yang dilakukan pada saat baginda Nabi masih hidup, tapi tidk berada di majlis beliau, dan beliau tahu, maka hukumnya adalah sama dengan sesuatu pekerjaan yang di lakukan di majlis beliau"
Contoh yang ditampilkan oleh Syaikh Jalaluddin al Mahalli adalah kasus sumpah nya sayyidina Abu Bakar bahwa beliau bersmpah tidak akan makan saat sedang marah. Namun setelah itu Abu Bakar memutuskan untuk makan, sebab berpendapat bahwa makan itu lebih baik. Baginda Nabi tahu hal tsb, beliau tidak mengingkari. Maka hukumnya adalah sama2 boleh. Dalam arti melanggar sumpah yang seperti kasus Abu Bakar itu boleh, walaupun dg konsekuensi harus bayar kafaroh Yamin.
Kenapa boleh di langgar? Sebab melanggar dlm hal ini adalah sesuatu yg lebih baik dr pd meneruskan sumpah yg isinya menyusahkan diri sendiri..dalam hasyiah Dimyathi di sebutkn:
قوله (لما رأى الأكل خيرا) أي فيستفاد منه جواز الحنث بل ندبه بعد الحلف إذا كان خيرا
"Wajib bayar kafaroh sebab itu konsekuensi dr melanggar sumpah secara hukum wadh'i jadi penyebab wajibnya kafaroh. "
Wallohu a'lam.

💦NASAKH 💦


وأما النسخ فمعناه الإزالة يقال نسخت الشمس الظل إذا أزالته وقيل معناه النقل من قولهم نسخت ما في الكتاب إذا نقلته بأشكال كتابته وحده
Selanjutnya kita masuk dalam pembahasan Nasakh Mansukh.
👉Secara bahasa Nasakh mempunyai 2 makna:
  1. Menghilangkan. Sebagaimana di katakan dalam sebuah ungkapan orang Arab: نسخت الشمس الظل "Matahari itu menasakh (menghilangkan) bayangan" 
  2. Memindah. Sebagaimana di ambil dari ungkapan orang arab: نسخت ما في الكتاب
    "Aku memindahkan tulisan yang ada dalam kitab"
👉Lalu bagaimana definisi Nasakh secara istilah Ushul Fiqh?
Insyaallah akan di lanjutkan pada kajian selanjutnya. Maaf telat, lagi luang. Mohon koreksinya. Terima kasih. 🙏🏻😁

Comments

Popular posts from this blog

Kajian Qowaidh al Fiqh (Asybah wa an Nadloir) "الحاجة تنزل منزلة الضرورة عامة كانت أو خاصة"

Syawir "Hukum Sholawat saat Memandikan Jenazah"

Doc. "Dzikir Fida"