Kajian Qowaidh al Fiqh (Asybah wa an Nadloir) "adl-Dlororu Yuzaalu"
Assalaamu'alaikum warohmatulloh
*pengarang: imam jalaludin assuyuthi
*refrensi tambahan: buku formulasi nalar fiqih
yaitu👇🏻
landasan munculnya kaidah ini adalah hadis Nabi berikut👇🏻
yg pertama
yang kedua
yang ketiga
yang keempat
yang kelima
yang keenam
yang ketujuh
yang kedelapan
kiranya itulah kaidah2 yang senada/ mrupakan sub kaidah dr kaidah inti 👇🏻
💦sub yg pertama...👇🏻
bgmn maksudnya ya?? 🤔 intinya smua yg tadinya dilarang, ktika masuk pada zona dloruroh maka bereingkarnasi jd boleh
contoh👇🏻
again👇🏻
saya ambilkan cnth lain dr buku formulasi nalar fiqih jilid 1 hlm 223👇🏻
mmbuka aurat d depan dokter saat proses pengobatan😱🙈dalam permasalahan ini, aurat yg tadinya wajib dtutupi, boleh dibuka d depan orang lain (seperti dokter atau spesies sejenisnya) mengingat sakit yang diderita yang memang mengharuskan aurat dibuka. begitulah 😁 lanjut👇🏻
mudahnya, ssuatu yang asalnya dilarang kemudian diperbolehkan karena keadaan terpaksa (dloruroh), tidak boleh dinikmati seenaknya atau sepuas2nya.. melainkan harus disesuaikan dengan kadar dloruroh yang dideritanya sajja
contoh👇🏻
kemudian jg 👇🏻
d perbolehkannya hal tsbt karena ada unsur dlorurohnya disitu, yaitu sulitnya mengumpulkan jamaah (لعسر الاجتماع) atau tmpat yg tidak mmenuhi kapasitas... maka sholat jum'at d dua tmpat berbeda boleh dilaksakan
😉begitulah, sekian dr saya, insyaAlloh sub2 kaidah berikutnya akan kita bahas pada pertemuan yg akan datang, smg kita dalam lindunganNya shingga bs berinteraksi dg kaidah fiqih lagi d minggu depan,, amin
dari saya, saya cukupkan sekian, banyak kesalahan dan tutur kata yg kurang pas harap dimaklum, dan mohon d benarkan..dan akhirnya..
إلى حضرة النبي المصطفى محمّد صلى الله عليه وسلم وعلى اله وأصحابه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتذتنا وآبائنا والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات خصوصا الى روح الإمام جلال الدين عبد الرحمن بن أبى بكر بن خضر بن نجم الدين ابن صلاح أيوب بن ناصر الدين محمد بن الشيخ همام الدين الهمام الخضيرى السيوطى الفاتحة....
*Nama kitab : Asybah wan Nadzoirوإلى جميع مشايخنا وأساتذتنا وآبائنا والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات خصوصا الى روح الإمام جلال الدين عبد الرحمن بن أبى بكر بن خضر بن نجم الدين ابن صلاح أيوب بن ناصر الدين محمد بن الشيخ همام الدين الهمام الخضيرى السيوطى الفاتحة....
*pengarang: imam jalaludin assuyuthi
*refrensi tambahan: buku formulasi nalar fiqih
قال المصنف رحمه الله تعالى ونفعنا به وبعلومه فى الدارين، أمين.
materi kita pada ksmptan hr ini, masuk pada kaidah yg berikutnya,yaitu👇🏻
القاعدة الرابعة الضرر يزال
bahaya harus d hilangkanlandasan munculnya kaidah ini adalah hadis Nabi berikut👇🏻
لاضرر ولاضرار
jangan mmbhayakan diri dan orang lain
ويتعلق بهذه القاعدة قواعد
👉adpun kaidah2 yg senada dg kaidah yg kita bahas ini, ada bbrapayg pertama
الأولى الضرورات تبيح المحظورات
"kondisi dlorurot akan memperbolehkan suatu hal yg semula dilarang"yang kedua
الضرر يدفع بقدر الإمكان
"bahaya harus d tolak sebisa mungkin"yang ketiga
ما أبيح للضرورة يقدر بقدرها
"ssuatu yang diperbolehkan karena kondisi dlarurat harus disesuaikan dengan kadar kedlarurahannya"yang keempat
الضرر لايزال بالضرر
"bahaya tidak dapat dihilangkan dengan bahaya lain"yang kelima
درء المفاسد أولى من جلب المصالح
"mencegah bahaya lebih utama daripada menarik kabaikan"yang keenam
يتحمل الضرر الخاص لدفع ضرر عام
bahaya khusus harus d tempuh untuk menolak bahaya umumyang ketujuh
الاضطرار لايبطل حق الغير
"keadaan darurat tidak membatalkan hak orang lain"yang kedelapan
الحاجة تنزل منزلة الضرورة عامة كانت أو خاصة
"kebutuhan menduduki kondisi dlarurah, baik kebutuhan umum maupun khusus"kiranya itulah kaidah2 yang senada/ mrupakan sub kaidah dr kaidah inti 👇🏻
الضرر يزال
banyak ya?? 😅bahas atu persatu yukk, biar makin grenggg😁💦sub yg pertama...👇🏻
الأولى الضرورات تبيح المحظورات
"kondisi dlorurot akan memperbolehkan suatu hal yg semula dilarang"bgmn maksudnya ya?? 🤔 intinya smua yg tadinya dilarang, ktika masuk pada zona dloruroh maka bereingkarnasi jd boleh
contoh👇🏻
ومن ثم جاز أكل الميتة عند المخمصة.
"bangkai yang tadinya haram, karena kondisi kefefet / dlorurot brubah mnjdi boleh untuk d makan,😉"again👇🏻
وإساغة اللقمة بالخمر
"khomr
yang tadinya haram, ktika dlm posisi tak wajar seperti kesereden
(jawa), tak ada air lagi selain itu.." maka hukm yg tadinya haram brubah
mnjdi halal alias boleh..saya ambilkan cnth lain dr buku formulasi nalar fiqih jilid 1 hlm 223👇🏻
mmbuka aurat d depan dokter saat proses pengobatan😱🙈dalam permasalahan ini, aurat yg tadinya wajib dtutupi, boleh dibuka d depan orang lain (seperti dokter atau spesies sejenisnya) mengingat sakit yang diderita yang memang mengharuskan aurat dibuka. begitulah 😁 lanjut👇🏻
💦sub yg kedua..👇💫
secara substantif, kaidah ini hanya menegaskan bahwa segala macam bahaya jika memungkinkan harus d tangkal sebisa mungkin secra total... altogether/ smuanya/ kabeh (jawa)
namun, seandainya jikalau andaikata tidak bisa menolak secara keseluruhannya,,,maka cukup ditolak semampunya sajja... sesuai dg kadar kemampuan yang dimiliki (bi qodril imkan).
Untuk
efek samping dr sbuah penolakan, untuk lebih jelsnya bs d tnyakan kpd
mreka yg terbiasa menolak, atau hobi mnjdi korban penolakan,,,🙈😅 ah,
malah sampai mana ini hhhh maap... 🙏 terbawa emosi dalam pendalaman
karakter film tenggelamnya kapal van der vijk. lanjut lagi yukkk👇💦sub yg ketiga
الضرر يدفع بقدر الإمكان
"bahaya harus d tolak sebisa mungkin"secara substantif, kaidah ini hanya menegaskan bahwa segala macam bahaya jika memungkinkan harus d tangkal sebisa mungkin secra total... altogether/ smuanya/ kabeh (jawa)
namun, seandainya jikalau andaikata tidak bisa menolak secara keseluruhannya,,,maka cukup ditolak semampunya sajja... sesuai dg kadar kemampuan yang dimiliki (bi qodril imkan).
ما أبيح للضرورة يقدر بقدرها
"ssuatu yang diperbolehkan karena kondisi dlarurat harus disesuaikan dengan kadar kedlarurahannya"mudahnya, ssuatu yang asalnya dilarang kemudian diperbolehkan karena keadaan terpaksa (dloruroh), tidak boleh dinikmati seenaknya atau sepuas2nya.. melainkan harus disesuaikan dengan kadar dloruroh yang dideritanya sajja
contoh👇🏻
المضطر لايأكل من الميتة إلا قدر سد الرمق
orang
yg dlm kondisi hampir mati/ sekarat (mudlthor) karena kelaparan
semisal...dia dperbolehkan memakan bangkai yg sebenarnya haram
dimakan...tp hnya sebatas untuk menyambung hidup,, (سد الرمق), tidak
boleh berlebih2an, kekenyangan, aplgi sampai mmbwa untuk bekal
dirumah🤦♂, krna kebolehannya hanya sebatas untuk menyelamatkan nyawanya,kemudian jg 👇🏻
يجوز تعدد الجمعة لعسر الاجتماع فى مكان واحد الا بقدر ما يندفع
contoh
lain dlam cakupan kaidah ini adalah "dperbolehkannya ta'addud jum'at
(pelaksanaan shalat jum'at lebih satu tmpat dalam satu kawasan)"d perbolehkannya hal tsbt karena ada unsur dlorurohnya disitu, yaitu sulitnya mengumpulkan jamaah (لعسر الاجتماع) atau tmpat yg tidak mmenuhi kapasitas... maka sholat jum'at d dua tmpat berbeda boleh dilaksakan
فلو اندفع بجمعتين لم يجز بالثالثة
dengan
demikian, bila dua tmpat sudah mncukupi, maka sholat jum'at tidak boleh
d dirikan ditiga atau empat tmpat dalam satu kawasan, begitu
seterusnya,,😉begitulah, sekian dr saya, insyaAlloh sub2 kaidah berikutnya akan kita bahas pada pertemuan yg akan datang, smg kita dalam lindunganNya shingga bs berinteraksi dg kaidah fiqih lagi d minggu depan,, amin
dari saya, saya cukupkan sekian, banyak kesalahan dan tutur kata yg kurang pas harap dimaklum, dan mohon d benarkan..dan akhirnya..
والله الموفق الى اقوام الطريق
Wassalaamu 'alaikum warohmatulloh wabarokaatuh
Comments
Post a Comment