Kajian Matan Taqrib "Puasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui serta Puasa Bagi Orang Sakit dan Musafir"
Assalamu'alaikum warohmatulloh..
Salam sejahtra buat kita semua yang senantiasa masih dilimpahi ribuan nikmat dihari ini...
Karna nanti siang dikhawatirkan saya gk bisa post. materi, jadi akan saya post. sekarang.. Mohon ma'af sebelumnya.. Langsung saja, mari kita mulai kajian kita pada hari ini dg bacaan basmalah...
بسم اللّٰه الرّحمٰن الرّحيم
lanjut tawasul
إلى حضرة النبي المصطفى سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم وعلى آله وصحبه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتيذنا ومعلمينا وأبآءنا وأمهاتنا وذوى الحقوق علينا وإلى جميع المصنفين والمؤلفين خصوصا الى الشيخ القاضي أبو شجاع أحمد بن الحسين بن أحمد الأصفهاني رحمه الله تعالى رحمة الأبرار ونفعنا به وبعلومه فى الدارين. امين
واخص خصوصا الى شيخناالمغفور له الشيخ نجم الدين البنداوي و جميع اهل بيته
وخصوصا الى جميع اخواننا الكرام في هذه المجموعة الذين ينتشرون علومهم
لهم الفاتحة...
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ.
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ. اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ. ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ. ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ. اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ. ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ الضآﻟﻴﻦ.
آمين...
Langsung saja, materi kita masih seputar puasa, dalam matan taqrib mbah abu syuja' dawuh sebagai ﻭﺍﻟﺤﺎﻣﻞ ﻭﺍﻟﻤﺮﺿﻊ ﺇﻥ ﺧﺎﻓﺘﺎ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻔﺴﻬﻤﺎ ﺃﻓﻄﺮﺗﺎ ﻭﻋﻠﻴﻬﻤﺎ ﺍﻟﻘﻀﺎﺀ ﻭﺇﻥ ﺧﺎﻓﺘﺎ ﻋﻠﻰ ﺃﻭﻟﺎﺩﻫﻤﺎ ﺃﻓﻄﺮﺗﺎ ﻭﻋﻠﻴﻬﻤﺎ ﺍﻟﻘﻀﺎﺀ ﻭﺍﻟﻜﻔﺎﺭﺓ ﻋﻦ ﻛﻞ ﻳﻮﻡ ﻣﺪ ﻭﻫﻮ ﺭﻃﻞ ﻭﺛﻠﺚ ﺑﺎﻟﻌﺮﺍﻗﻲ ﻭﺍﻟﻤﺮﻳﺾ ﻭﺍﻟﻤﺴﺎﻓﺮ ﺳﻔﺮﺍ ﻃﻮﻳﻠﺎ ﻳﻔﻄﺮﺍﻥ ﻭﻳﻘﻀﻴﺎﻥ.
Demikian dawuh mbah abu syuja' dalam kitab matan, adapun dawuh mbah qoshim al ghozi dalam syarah fathul qorib, beliau menjelaskan dengan dawuh beliau sebagai berikut 👇👇
🌹ﺻﻮﻡ ﺍﻟﺤﺎﻣﻞ ﻭﺍﻟﻤﺮﺿﻊ🌹
(ﻭﺍﻟﺤﺎﻣﻞ ﻭﺍﻟﻤﺮﺿﻊ ﺇﻥ ﺧﺎﻓﺘﺎ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻔﺴﻬﻤﺎ) ﺿﺮﺭﺍ ﻳﻠﺤﻘﻬﻤﺎ ﺑﺎﻟﺼﻮﻡ, ﻛﻀﺮﺭ ﺍﻟﻤﺮﻳﺾ (ﺃﻓﻄﺮﺗﺎ, ﻭ) ﻭﺟﺐ (ﻋﻠﻴﻬﻤﺎ ﺍﻟﻘﻀﺎﺀ, ﻭﺇﻥ ﺧﺎﻓﺘﺎ ﻋﻠﻰ ﺃﻭﻟﺎﺩﻫﻤﺎ) ﺃﻱ ﺇﺳﻘﺎﻁ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﺎﻣﻞ ﻭﻗﻠﺔ ﺍﻟﻠﺒﻦ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺮﺿﻊ (ﺃﻓﻄﺮﺗﺎ, ﻭ) ﻭﺟﺐ (ﻋﻠﻴﻬﻤﺎ ﺍﻟﻘﻀﺎﺀ) ﻟﻠﺈﻓﻄﺎﺭ (ﻭﺍﻟﻜﻔﺎﺭﺓ) ﺃﻳﻀﺎ. ﻭﺍﻟﻜﻔﺎﺭﺓ ﺃﻥ ﻳﺨﺮﺝ (ﻋﻦ ﻛﻞ ﻳﻮﻡ ﻣﺪ; ﻭﻫﻮ) ﻛﻤﺎ ﺳﺒﻖ (ﺭﻃﻞ ﻭﺛﻠﺚ ﺑﺎﻟﻌﺮﺍﻗﻲ). ﻭﻳﻌﺒﺮ ﻋﻨﻪ ﺑﺎﻟﺒﻐﺪﺍﺩﻱ.
🌹ﺻﻮﻡ ﺍﻟﻤﺮﻳﺾ ﻭﺍﻟﻤﺴﺎﻓﺮ🌹
(ﻭﺍﻟﻤﺮﻳﺾ ﻭﺍﻟﻤﺴﺎﻓﺮ ﺳﻔﺮﺍ ﻃﻮﻳﻠﺎ) ﻣﺒﺎﺣﺎ ﺇﻥ ﺗﻀﺮﺭﺍ ﺑﺎﻟﺼﻮﻡ (ﻳﻔﻄﺮﺍﻥ ﻭﻳﻘﻀﻴﺎﻥ). ﻭﻟﻠﻤﺮﻳﺾ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻣﺮﺿﻪ ﻣﻄﺒﻘﺎ ﺗﺮﻙ ﺍﻟﻨﻴﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﻠﻴﻞ, ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻣﻄﺒﻘﺎ ﻛﻤﺎ ﻟﻮ ﻛﺎﻥ ﻳﺤﻢ ﻭﻗﺘﺎ ﺩﻭﻥ ﻭﻗﺖ, ﻭﻛﺎﻥ ﻭﻗﺖ ﺍﻟﺸﺮﻭﻉ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻮﻡ ﻣﺤﻤﻮﻣﺎ ﻓﻠﻪ ﺗﺮﻙ ﺍﻟﻨﻴﺔ, ﻭﺇﻟﺎ ﻓﻌﻠﻴﻪ ﺍﻟﻨﻴﺔ ﻟﻴﻠﺎ; ﻓﺈﻥ ﻋﺎﺩﺕ ﺍﻟﺤﻤﻰ ﻭﺍﺣﺘﺎﺝ ﻟﻠﻔﻄﺮ ﺃﻓﻄﺮ. ﻭﺳﻜﺖ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﻋﻦ ﺻﻮﻡ ﺍﻟﺘﻄﻮﻉ, ﻭﻫﻮ ﻣﺬﻛﻮﺭ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻄﻮﻟﺎﺕ, ﻭﻣﻨﻪ ﺻﻮﻡ ﻋﺮﻓﺔ ﻭﻋﺎﺷﻮﺭﺍﺀ ﻭﺗﺎﺳﻮﻋﺎ ﻭﺃﻳﺎﻡ ﺍﻟﺒﻴﺾ ﻭﺳﺘﺔ ﻣﻦ ﺷﻮﺍﻝ.
Adapun keteranganya kurang lebih sebagai berikut 👇👇
🌹Puasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui🌹
( ﻭَﺍﻟْﺤَﺎﻣِﻞُ ﻭَﺍﻟْﻤُﺮْﺿِﻊُ ﺇِﻥْ ﺧَﺎﻓَﺘَﺎ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﻧْﻔُﺴِﻬِﻤَﺎ ) ﺿَﺮَﺭًﺍ ﻳَﻠْﺤَﻘُﻬُﻤَﺎ ﺑِﺎﻟﺼَّﻮْﻡِ ﻛَﻀَﺮَﺭِ ﺍﻟْﻤَﺮِﻳْﺾِ ( ﺃَﻓْﻄَﺮَﺗَﺎ ﻭَ ) ﻭَﺟَﺐَ ( ﻋَﻠَﻴْﻬِﻤَﺎ ﺍﻟْﻘَﻀَﺎﺀُ
Bagi wanita hamil dan menyusui, jika keduanya khawatir terjadi sesuatu yang membahayakan dirinya sendiri sebab berpuasa seperti bahaya yang dialami oleh orang sakit, maka diperkenankan untuk tidak berpuasa dan wajib bagi mereka berdua untuk mengqadla’inya.
ﻭَﺇِﻥْ ﺧَﺎﻓَﺘَﺎ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﻭْﻟَﺎﺩِﻫِﻤَﺎ ) ﺃَﻱْ ﺇِﺳْﻘَﺎﻁِ ﺍﻟْﻮَﻟَﺪِ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﺤَﺎﻣِﻞِ ﻭَﻗِﻠَّﺔِ ﺍﻟﻠَّﺒَﻦِ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤُﺮْﺿِﻊِ ( ﺃَﻓْﻄَﺮَﺗَﺎ ﻭَ ) ﻭَﺟَﺐَ ( ﻋَﻠَﻴْﻬِﻤَﺎ ﺍﻟْﻘَﻀَﺎﺀُ ) ﻟِﻠْﺈِﻓْﻄَﺎﺭِ ( ﻭَﺍﻟْﻜَﻔَﺎﺭَﺓُ ) ﺃَﻳْﻀًﺎ
Jika keduanya khawatir pada anaknya, maksudnya khawatir keguguran bagi wanita hamil dan sedikitnya air susu bagi ibu menyusui, maka keduanya diperkenankan tidak berpuasa dan wajib bagi keduanya untuk mengqadla’i sebab telah membatalkan puasa dan juga membayar kafarat.
ﻭَﺍﻟْﻜَﻔَﺎﺭَﺓُ ﺃَﻥْ ﻳُﺨْﺮَﺝَ ( ﻋَﻦْ ﻛُﻞِّ ﻳَﻮْﻡٍ ﻣُﺪٌّ ﻭَﻫُﻮَ ) ﻛَﻤَﺎ ﺳَﺒَﻖَ ( ﺭِﻃْﻞٌ ﻭَﺛُﻠُﺚٌ ﺑِﺎﻟْﻌِﺮَﺍﻗِﻲِّ ) ﻭَﻳُﻌَﺒَّﺮُ ﻋَﻨْﻪُ ﺑِﺎﻟْﺒَﻐْﺪَﺍﺩِﻱِّ
Adapun kafaratnya adalah setiap hari wajib mengeluarkan satu mud. Satu mud, seperti yang telah dijelaskan, adalah satu rithl lebih sepertiga rithl negara Iraq. Dan diungkapkan dengan negara Baghdad.
🌹Puasa Bagi Orang Sakit dan Musafir🌹
( ﻭَﺍﻟْﻤَﺮِﻳْﺾُ ﻭَﺍﻟْﻤُﺴَﺎﻓِﺮُ ﺳَﻔَﺮًﺍ ﻃَﻮِﻳْﻠًﺎ ) ﻣُﺒَﺎﺣًﺎ ﺇِﻥْ ﺗَﻀَﺮَّﺭَﺍ ﺑِﺎﻟﺼَّﻮْﻡِ ( ﻳُﻔْﻄِﺮَﺍﻥِ ﻭَﻳَﻘْﻀِﻴَﺎﻥِ )
Orang yang sakit dan bepergian jauh yang hukum bepergiannya mubah, jika ia merasa berat untuk berpuasa, maka bagi keduanya diperkenankan untuk tidak berpuasa dan wajib mengqadla’inya.
ﻭَﻟِﻠْﻤَﺮِﻳْﺾِ ﺇِﻥْ ﻛَﺎﻥَ ﻣَﺮَﺿُﻪُ ﻣُﻄْﺒِﻘًﺎ ﺗَﺮْﻙُ ﺍﻟﻨِّﻴَﺔِ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ
Bagi orang sakit, jika sakitnya terus menerus, maka baginya diperkenankan untuk tidak niat berpuasa di malam hari.
ﻭَﺇِﻥْ ﻟَﻢْ ﻳَﻜُﻦْ ﻣُﻄْﺒِﻘًﺎ ﻛَﻤَﺎ ﻟَﻮْ ﻛَﺎﻥَ ﻳَﺤُﻢَّ ﻭَﻗْﺘًﺎ ﺩُﻭْﻥَ ﻭَﻗْﺖٍ ﻭَﻛَﺎﻥَ ﻭَﻗْﺖُ ﺍﻟﺸُّﺮُﻭْﻉِ ﻓِﻲ ﺍﻟﺼَّﻮْﻡِ ﻣَﺤْﻤُﻮْﻣًﺎ ﻓَﻠَﻪُ ﺗَﺮْﻙُ ﺍﻟﻨِّﻴَﺔِ
Dan jika sakitnya tidak terus menerus, seperti demam dalam satu waktu dan tidak di waktu yang lain, namun di waktu memasuki pelaksanaan puasa (menginjak pagi hari) demamnya kambuh, maka baginya diperkenankan untuk tidak niat berpuasa di malam hari.
ﻭَﺇِﻟَّﺎ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﻨِّﻴَﺔُ ﻟَﻴْﻠًﺎ ﻓَﺈِﻥْ ﻋَﺎﺩَﺕِ ﺍﻟْﺤُﻤَﻰ ﻭَﺍﺣْﺘَﺎﺝَ ﻟِﻠْﻔِﻄْﺮِ ﺃَﻓْﻄَﺮَ
Jika tidak demikian, maka wajib baginya untuk niat di malam hari. Kemudian jika demamnya kambuh dan ia butuh untuk membatalkan puasa, maka diperkenankan untuk membatalkan puasanya.
ﻭَﺳَﻜَﺖَ ﺍﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ ﻋَﻦْ ﺻَﻮْﻡِ ﺍﻟﺘَّﻄَﻮُّﻉِ ﻭَﻫُﻮَ ﻣَﺬْﻛُﻮْﺭٌ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤُﻄَﻮَّﻟَﺎﺕِ
Adapun untuk perihal puasa sunnah mbah Mushannif tidak menjelaskannya dan sudah dijelaskan dalam kitab-kitab yang diperluas pembahasannya.
ﻭَﻣِﻨْﻪُ ﺻَﻮْﻡُ ﻋَﺮَﻓَﺔَ ﻭَﻋَﺎﺷُﻮْﺭَﺍﺀَ ﻭَﺗَﺎﺳُﻮْﻋَﺎﺀَ ﻭَﺃَﻳَّﺎﻡِ ﺍﻟْﺒِﻴْﺾِ ﻭَﺳِﺘَّﺔٍ ﻣِﻦْ ﺷَﻮَّﺍﻝٍ .
Di antara puasa2 sunnah adalah sebagai berikut; puasa Arafah, Asyura’, Tasu’a, Ayyamul Bidl-tanggal 13, 14, 15-, dan puasa enam hari di bulan Syawal.
Wallohu a'lamu bis showab,.
Demikian kajian kita pada hari ini, mhon koreksi atas kesalahan yang ada, dari saya cukup sekian mhon ma'af dan trimakasih.
Semoga bisa bermanfaat..
بارك الله لنا ولكم...
Comments
Post a Comment