Syawir "Hukum Membuat SIM dengan Cara Nembak"

👉Diskripsi
Assalamualaikum, telah kita ketahui bersama, bahwa hukum "menyuap" dan "disuap" adalah haram.
👦Pertanyaan
Bagaimana hukumnya membuat SIM dan lain sebagainya dengan cara "nembak" alias nyuap, guna mempercepat prosesnya?Sebab hal seperti ini seakan sudah menjadi 'tradisi'.
💞Jawaban
Waalaikumussalam Warohmatulloh
Sudah tidak bisa kita pungkiri lagi bahwasanya kegiatan suap menyuap merupakan satu hal yang sangat tercela yang di haramkan dalam agama. Untuk itu sudah keharusan bagi seluruh ummat islam supaya menjahui kegiatan ini, karena didalamnya terdapat kerusakan yang dapat merugikan hak orang lain dengan cara bathil. jadi, Untuk menanggapi pertanyaan diatas hemat saya kita putuskan sebagai berikut :
  1. Hukum Risywah dalam pembuatan SIM adalah haram mutlaq berdasarkan dalil Al-Qur'an dan As-Sunnah.
  2. Apabila menyuap dengan alasan untuk menghilangkan kerusakan (kebathilan) atau mempertahankan sesuatu yang haq maka konsekwensi hukumnya diperbolehkan bagi pemberi risywah namun tetap harom mutlaq bagi penerimanya .
Hal ini bisa kita pakai karna membuat sim itu wajib berdasarkan peraturan maslahah dr pemerintah
ibarotnya cukup jelas يجب امتثال الامام. Jadi konsekwensinya begini :
Jika pemohon sim itu memang berhak memilikinya, seperti sudah bisa berkendara dengan baik, mengerti rambu2 lalu lintas dan punya kesehatan yg cukup, intinya semua yg disyaratkan dalam pembuatan sim si pemohon sudah memenuhi syarat dan si pemohon berhak mendapatkan sim, maka memberikan uang lebih pada petugas itu masih bisa dikatakan boleh.
Karena menyuap untuk sesuatu yg hak bagi dirinya itu boleh namun tetap haram bagi si penerima. Beda lagi kalau si pemohon tidak memenuhi syarat maka hukumnya haram mutlak karena meminta sesuatu yg bukan haknya, atau meminta hukum yg sebaliknya (bathil).
Seperti sudah tes berkali2 tapi tidak lulus, atau tes kesehatan tidak lulus maka tidak boleh menyuap karena memang dia tidak boleh berkendara demi kemaslahatan bersama dalam berlalu lintas. Karena pengendara yg tidak baik akan membahayakan pengguna jalan yg lain.
👉👉Kesimpulanya, walaupun memang ada 2 konsekwensi hukum tapi untuk ikhtiyat, kita ikuti hukum yang pertama yaitu haram mutlaq. Karna bagaimanapun hasil keputusannya, ujungnya tetap tidak lepas dari ma'siat. إعانة على معصية Juga praktek suap menyuap tidaklah dilegalkan oleh negara.
Wallohu a'lamu bisshowab.
💭Ibarot ;
فتاوي السبكي الجزء الأول ص: 203 - 207
(هدايا الأمراء غلول) انتهى الإجماع الذي نقله ابن عبد البر يرد على من يقول من المتأخرين بأنه يختص بها كما سنحكيه وملخص كلام العلماء فيما يعطي الحكام الأئمة والأمراء والقضاة والولاة وسائر من ولي أمرا من أمور المسلمين أنه إما رشوة وإما هدية أما الرشوة فحرام بالإجماع على من يأخذها وعلى من يعطيها وسواء كان الأخذ لنفسه أو وكيلا وكذا المعطي سواء أكان عن نفسه أو وكيلا ويجب ردها على صاحبها ولا تجعل في بيت المال إلا إذا جهل مالكها فتكون كالمال الضائع وفي احتمال لبعض متأخري الفقهاء أنها تجعل في بيت المال والمراد بالرشوة التي ذكرناها ما يعطى لدفع حق أو لتحصيل باطل وإن أعطيت للتوصل إلى الحكم بحق فالتحريم على من يأخذها كذلك وأما من لم يعطها فإن لم يقدر على الوصول إلى حقه إلا بذلك جاز وإن قدر إلى الوصول إليه بدونه لم يجز وهكذا حكم ما يعطى على الولايات والمناصب يحرم على الآخذ مطلقا
روضة الطالبين ج: 11 ص: 144
فرع قد ذكرنا أن الرشوة حرام مطلقا والهدية جائزة في بعض فيطلب الفرق بين حقيقتيهما مع أن الباذل راض فيهما والفرق من وجهين أحدهما ذكره ابن كج أن الرشوة هي التي يشرط على قابلها الحكم بغير الحق أو الامتناع عن الحكم بحق والهدية هي العطية المطلقة والثاني قال الغزالي في الإحياء المال إما يبذل لغرض آجل فهو قربة وصدقة وإما لعاجل وهو إما مال فهو هبة بشرط ثواب أو لتوقع ثواب وإما عمل فإن كان عملا محرما أو واجبا متعينا فهو رشوة وإن كان مباحا فإجارة أو جعالة وإما للتقرب والتودد إلى المبذول له فإن كان بمجرد نفسه فهدية وإن كان ليتوسل بجاهه إلى أغراض ومقاصد فإن كان جاهه بالعلم أو النسب فهو هدية وإن كان بالقضاء والعمل فهو رشوة
مرقاة صعود التصديق ص 74
قَالَ الشَّيْخُ مُحَمَّدٌ بْنُ عُمَرَ نَوَوِي الْجَاوِيُ: وَأَخْذُ الرِّشْوَةِ بِكَسْرِ الرَّاءِ وَهُوَ مَا يُعْطِيْهِ الشَّخْصُ لِحَاكِمٍ أَوْ غَيْرِهِ لِيَحْكُمَ لَهُ أَوْ يَحْمِلَهُ عَلىَ مَا يُرِيْدُ كَذَا فِي الْمِصْبَاحِ وَقَالَ صَاحِبُ التَّعْرِيْفَاتِ وَهُوَ مَا يُعْطَى لإِبْطَالِ حَقٍّ أَوْ لإِحْقَاقِ بَاطِلٍ اهـ
الدكتورالشيخ يوسف القرضاوي
من كان له حق مضيع لم يجدطريق للوصول اليه الابالرشوة,فالأفضل له أن يصبرحتى ييسرالله له أفضل السبيل لرفع الظلم, ونيل الحق .فان سلك سبيلالرشوةمن اجل ذلك ,فالاثم على الأخدالمرتشى ليس عليه اثم الراشى فى هذه الحالة.الحلال والحرام فى الاسلام .

☺Mujawwib☺ ;
  1. Mbah Munib
  2. Gus Arif
  3. Gus Dhiyaul Haq
  4. Gus Husni Zainy
  5. Gus Hasan Abdulloh
  6. Gus Shodiq
  7. Gus Lisin 
  8. Gus Syukron Arif
  9. Gus Mujib Zain
☺Notulen ;
Gus Faqih Ma'lufi

Comments

Popular posts from this blog

Syawir "Hukum Sholawat saat Memandikan Jenazah"

Kajian Qowaidh al fiqh ( Kitab al Asybah wa an Nadzoir) "Hal yang Berhubungan dengan Niat"

Kajian Ushul Fiqh (waroqot) "Perilaku Shohibus Syariah"