Kajian Fiqh Munakahah (Uqud al-Lujain) "Kondisi Diperbolehkannya Melihat dan Memegang Ajnabiyyah"
Mari kita mulai kajian kita pada hari ini dg bacaan basmalah...
بسم اللّٰه الرّحمٰن الرّحيم
lanjut tawasul
إلى حضرة النبي المصطفى سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم وعلى آله وصحبه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتيذنا ومعلمينا وأبآءنا وأمهاتنا وذوى الحقوق علينا وإلى جميع المصنفين والمؤلفين الكتب الذي علمه وعلمناه
رحمهم الله تعالى برحمته الأبرار ونفعنا به وبعلومه وكرامه فى الدارين. امين
واخص خصوصا الشيخ محمد بن عمر بن على نواوي البنتني الجاوي لهم الفاتحة...
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ.
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ. اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ. ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ. ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ. اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ. ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ الضآﻟﻴﻦ.
آمين...
وإلى جميع مشايخنا وأساتيذنا ومعلمينا وأبآءنا وأمهاتنا وذوى الحقوق علينا وإلى جميع المصنفين والمؤلفين الكتب الذي علمه وعلمناه
رحمهم الله تعالى برحمته الأبرار ونفعنا به وبعلومه وكرامه فى الدارين. امين
واخص خصوصا الشيخ محمد بن عمر بن على نواوي البنتني الجاوي لهم الفاتحة...
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ.
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ. اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ. ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ. ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ. اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ. ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ الضآﻟﻴﻦ.
آمين...
بسم الله الرحمن الرحيم
Ini redaksinya .. lanjutan kemarin..👇
ويجوز النظر إلى الأجنبية ومسّها للمداواة في المواضع التي يحتاج إليها ولو فرجا، بشرط حضور
من يمنع الخلوة من محرم ونحوه، وبشرط فقدجنس معالج، ويجوز النظر إليها أيضا لتعليم الواجب فقط عليها كما قاله السبكي وغيره، وذلك عند فقد من يعلمها من المحارم والنساء، قياسا على المداواة، وعند تعسر التعليم من وراء حجاب. ولا يجوز النظر إليها لأجل تعليم المندوب، بخلاف الأمرد، فيجوز النظر إليه لأجله. كذا في شرح النهاية للشيخ المصري على الغاية لأبي شجاع.
من يمنع الخلوة من محرم ونحوه، وبشرط فقدجنس معالج، ويجوز النظر إليها أيضا لتعليم الواجب فقط عليها كما قاله السبكي وغيره، وذلك عند فقد من يعلمها من المحارم والنساء، قياسا على المداواة، وعند تعسر التعليم من وراء حجاب. ولا يجوز النظر إليها لأجل تعليم المندوب، بخلاف الأمرد، فيجوز النظر إليه لأجله. كذا في شرح النهاية للشيخ المصري على الغاية لأبي شجاع.
ويجوز النظر إلى الأجنبية ومسّها للمداواة في المواضع التي يحتاج إليها ولو فرجا،
💧Contohnya: Dokter Spesialis Ginekologi laki-laki yang memeriksa masalah kesehatan alat reproduksi wanita. Hal ini diperbolehkan sebatas pengobatan pada titik yang sakit, jadi tidak diperbolehkan semisal yang sakit bagian vagina tetapi yang dipegang bagian payudara.😌. ✌😁Dan harus ada mahromnya..Untuk mahrom bisa di cari siapa saja..😌
بشرط حضورمن يمنع الخلوة من محرم ونحوه،
"dengan syarat hadirnya seseorang yg bisa mencegah kholwat seprti contoh mahromnya dan sesamanya."
وبشرط فقد جنس معالج،
"tidak ada dokter/tabib perempuan"
ويجوز النظر إليها أيضا لتعليم الواجب فقط عليها كما قاله السبكي وغيره،
"Boleh hukumnya melihat ajnabiyyah dalam keperluan mengajarkan perkara-perkara yang wajib saja menurut agama, hal ini disampaikan oleh imam subki dan yang lainnya."
💧Contohnya: Pelajaran haidl yang diajarkan oleh seorang guru laki-laki, hal tersebut diperbolehkan karena belajar ilmu haidl hukumnya wajib bagi perempuang✌😌Dengan Syarat sudah tidak ada lagi yang mengajari baik mahrom ajnabiyah maupun guru perempuan
وذلك عند فقد من يعلمها من المحارم والنساء،
".Dan kebolehan melihat ajnabiyyah yang sedang diajari perkara wajib tsb ketika tidak ada yang mengajarinya baik mahrom ajnabiyah tadi atau tidak ada ustadzah."
قياسا على المداواة،
"Karena diqiyaskan dalam hal pengobatan."
💧So..Kebolehan memandang wanita lain saat pengajaran dikiasakan dengan pengobatan. Unsurnya sama sama menyelamatkan jiwa di dunia dan ahirat.😁
وعند تعسر التعليم من وراء حجاب
"dan ketika ditemukan kesulitan-kesulitan dalam belajar ketika dipasang hijab atau sutroh."
💧Coba dibayangin kalu pas pembalajaran yg butuh penjelasan lebih semisal
praktik sesuci orang yg istihadhoh.. kan butuh praktik lihat guru
didepan.. kalu gurunya ga kelihatan kan sulit..Tapi zaman sekarang udah ada tv. Monitor dll. Jadi kemmungkinan malah lebih enak lwat media itu😌
ولا يجوز النظر إليها لأجل تعليم المندوب،
"Tidak dipeerbolehkan melihat ajnabiyyah jika yang disampaikannya adalah perkara-perkara sunah,"
💧Contoh : Mengajarkan perkar sunah i mungkin kyak mengajarkan lagu2 sholawatan..Atau ilmu2 yg sunnah (nahwu, dkk)
NB ; tapi itupun beda lagi hukumnya jika tujuannya untuk perkara meperoleh wajib, Jadi guru laki-laki ga boleh ngajar muridperempuan kalu pelajranyaa gak mengarah ke hal2 yg wajib..😌
NB ; tapi itupun beda lagi hukumnya jika tujuannya untuk perkara meperoleh wajib, Jadi guru laki-laki ga boleh ngajar muridperempuan kalu pelajranyaa gak mengarah ke hal2 yg wajib..😌
بخلاف الأمرد، فيجوز النظر إليه لأجله.
"berbeda dengan amrod,maka boleh melihat amrod ketika menyampaikan perkara yang sunah."
💧Jadi kalu ustadznya laki-laki boleh ngajarin amrod (laki-laki) yg ganteng sampek rodok ayu.😌 meril lah..Meskipun pelajaran2 sunah .. mau berpegangan maupun saling pandang tidak mengapa.. yang penting tidak sampai syahwat..😌..😁
wallahu a'lam bisshowab..😁
😁
كذا في شرح النهاية للشيخ المصري على الغاية لأبي شجاع.
"demikian hukum yang disampaikan oleh syeik Mishri dalam kitab Nihayah mensyarahi Al-ghoyah karangan Abi syuja'"wallahu a'lam bisshowab..😁
😁
Comments
Post a Comment