Syawir "Hukum Jual Beli tanpa Adanya Penjual"

 Soal :
Assalam'ualaikum.. Poro ning2 lan gawagis..Pripun menurut panjenengan sedoyo menawi jual beli tanpa adanya pejual?

Tashowur :
beli es, uang ditaruh dimeja kasir, tanpa ada penjual..Matur swun..

Hasil Syawir :
Wa'alaikumussalam warohmatulloh
Imam Abu Zakariya Muhyiddin Yahya bin Syaraf al-Nawawi di dalam kitabnya (al Majmu’ Syarh al Muhaddzab) menyatakan bahwa sekelompok sahabat-sahabat kami (Ulama’ dari kalangan madzhab Syafi’i) memilih kebolehan menjual dengan system serah terima (mu’athah) dalam hal yang masih dikategorikan penjualan. al Nawawi juga mengutip pernyataan Imam Malik yang menyatakan bahwa *setiap sesuatu yang dianggap oleh masyarakat sebagai system jual beli, maka hal itu adalah jual beli.* Dan diantara sahabat kami yang memilih bahwa system serah terima dalam hal yang dianggap jual beli itu sah, dan sesuatu yang dianggap oleh masyarakat sebagai jual beli itu merupakan jual beli adalah penulis kitab “al Syamil”, Imam al Mutawali, Imam al Baghawi, dan Imam al Rauyani. Bahkan Imam al Mutawali mengklaim bahwa ini merupakan pendapat yang dipilih untuk fatwa, demikian juga klaim Ulama’ yang lain, karena *sesungguhnya Allah menghalalkan jual beli, dan ungkapan yang tidak ditetapkan di dalam syara’ untuk sebuah transaksi jual beli, maka harus dikembalikan pada adat kebiasaan.*
al-Nawawi juga menyatakan bahwa yang terbaik dalam masalah ini adalah pemaparan Imam al Mutawali yang menyatakan bahwa system serah terima yang berlaku dikalangan masyarakat, yakni dengan menghitung sejumlah uang lalu mengambil barang tanpa ijab dan qabul bukan merupakan jual beli, mengacu pada pendapat yang paling populer dari kalangan madzhab Syafi’i. Sedang Imam Ibnu Sarij berkata “ *Setiap sesuatu yang berlaku dikalangan masyarakat dengan system serah terima dan dianggap jual beli, maka hal itu adalah jual beli, sedang yang tidak berlaku dikalangan masyarakat dengan system serah terima seperti hewan ternak, dan pekarangan, bukanlah jual beli* ”. Pendapat ini merupakan pendapat terpilih untuk fatwa yang juga merupakan pendapat Imam Malik.”Hal serupa juga diutarakan dalam al Mausu'ah al Fiqhiyyah.
Imam Ibnu Qasim al-Ghazi di dalam kitabnya (al Bajuri) juga menjelaskan bahwa tidak sah jual beli dengan system serah terima, dan ia harus mengembalikan yang masih ada, dan harus mengganti jika rusak, maka tidak akan ada tuntutan kelak di akhirat. Namun Imam Nawawi dan sekelompok ilmuan menyatakan keafsahan jual beli dengan system semacam itu dalam setiap hal yang dianggap oleh kalangan masyarakat sebagai jual beli, *karena dalam kontek jual beli berporos atas kerelaan dua orang yang melakukan transaksi, dan tidak disyaratkan harus dengan ucapan, maka dikembalikan pada kebiasaannya.* Sebagian ilmuan yang lain menspesialkan kebolehan tersebut dalam hal/barang yang tidak berharga tinggi, seperti roti dan lain sebagaimnya, *maka seyogyanya mengikuti pendapat yang memperbolehkan demi menghindari dosa, karena hal ini sering terjadi.*
Dengan adanya uraian trsebut, maka *jual beli sesuai deskripsi as'ilah diatas adalah sah2 saja dengan catatan; kejadian demikian telah menjadi urf/ kebiasaan dan diantara mereka telah ma'lum saling keridloanya.*
Wallohu a'lamu bis showab.

Ibarot ;
*المجموع شرح المهذب (9/ 162*
وَاخْتَارَ جَمَاعَاتٌ مِنْ أَصْحَابِنَا جَوَازَ الْبَيْعِ بالمعاطاة فيما يعد بيعا وقال مالك كلما عَدَّهُ النَّاسُ بَيْعًا فَهُوَ بَيْعٌ وَمِمَّنْ اخْتَارَ مِنْ أَصْحَابِنَا أَنَّ الْمُعَاطَاةَ فِيمَا يُعَدُّ بَيْعًا صَحِيحَةٌ وَأَنَّ مَا عَدَّهُ النَّاسُ بَيْعًا فَهُوَ بَيْعٌ صَاحِبُ الشَّامِلِ وَالْمُتَوَلِّي وَالْبَغَوِيُّ وَالرُّويَانِيُّ وَكَانَ الرويانى يُفْتِي بِهِ وَقَالَ الْمُتَوَلِّي وَهَذَا هُوَ الْمُخْتَارُ لِلْفَتْوَى وَكَذَا قَالَهُ آخَرُونَ وَهَذَا هُوَ الْمُخْتَارُ لِأَنَّ اللَّهَ تَعَالَى أَحَلَّ الْبَيْعَ وَلَمْ يَثْبُتْ فِي الشَّرْعِ لَفْظٌ لَهُ فَوَجَبَ الرُّجُوعُ إلَى العرف فكلما عَدَّهُ النَّاسُ بَيْعًا كَانَ بَيْعًا كَمَا فِي الْقَبْضِ وَالْحِرْزِ وَإِحْيَاءِ الْمَوَاتِ وَغَيْرِ ذَلِكَ مِنْ الْأَلْفَاظِ الْمُطْلَقَةِ فَإِنَّهَا كُلَّهَا تُحْمَلُ عَلَى الْعُرْفِ وَلَفْظَةُ الْبَيْعِ مَشْهُورَةٌ وَقَدْ اشْتَهَرَتْ الْأَحَادِيثُ بِالْبَيْعِ من النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَصْحَابَهُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ فِي زَمَنِهِ وَبَعْدَهُ وَلَمْ يَثْبُتْ في شئ مِنْهَا مَعَ كَثْرَتِهَا اشْتِرَاطُ الْإِيجَابِ وَالْقَبُولِ وَاَللَّهُ أعلم
وأحسن من هَذِهِ الْمَسْأَلَةَ وَأَوْضَحَهَا الْمُتَوَلِّي فَقَالَ الْمُعَاطَاةُ الَّتِي جَرَتْ بِهَا الْعَادَةُ بِأَنْ يَزِنَ النَّقْدَ وَيَأْخُذَ الْمَتَاعَ مِنْ غَيْرِ إيجَابٍ وَلَا قَبُولٍ لَيْسَتْ بَيْعًا عَلَى الْمَشْهُورِ مِنْ مَذْهَبِ الشَّافِعِيِّ وَقَالَ ابْنُ سُرَيْجٍ كُلُّ مَا جَرَتْ الْعَادَةُ فِيهِ بِالْمُعَاطَاةِ وَعَدَّهُ بَيْعًا فَهُوَ بَيْعٌ وَمَا لَمْ تَجْرِ فِيهِ الْعَادَةُ بِالْمُعَاطَاةِ كَالْجَوَارِي وَالدَّوَابِّ وَالْعَقَارِ لَا يَكُونُ بَيْعًا قَالَ وَهَذَا هُوَ الْمُخْتَارُ لِلْفَتْوَى
وَبِهِ قَالَ مَالِكٌ وَقَالَ أَبُو حَنِيفَةَ المعاطاة بيع في المحقرات فاما النفيس فلابد فِيهِ مِنْ الْإِيجَابِ وَالْقَبُولِ
*الموسوعة الفقهية الجزء التاسع ص: 43 - 47*
مذهب الشافعية: لبيع الاستجرار عند الشافعية صورتان: 11 - إحداهما: أن يأخذ الإنسان من البياع ما يحتاجه شيئا فشيئا , ولا يعطيه شيئا , ولا يتلفظان ببيع , بل نويا أخذه بثمنه المعتاد , ويحاسبه بعد مدة ويعطيه , كما يفعل كثير من الناس. قال النووي: هذا البيع باطل بلا خلاف (أي عند الشافعية) لأنه ليس ببيع لفظي ولا معاطاة. قال الأذرعي: وهذا ما أفتى به البغوي , وذكر ابن الصلاح نحوه في فتاويه. *وتسامح الغزالي فأباح هذا البيع , لأن العرف جار به , وهو عمدته في إباحته. وقال الأذرعي: قول النووي - إن هذا لا يعد معاطاة ولا بيعا - فيه نظر , بل يعده الناس بيعا* , والغالب أن يكون قدر ثمن الحاجة معلوما لهما عند الأخذ والعطاء , وإن لم يتعرضا له لفظا. 12 - الثانية: أن يقول الإنسان للبياع: أعطني بكذا لحما أو خبزا مثلا , فيدفع إليه مطلوبه فيقبضه ويرضى به , ثم بعد مدة يحاسبه ويؤدي ما اجتمع عليه , فهذا البيع مجزوم بصحته عند من يجوز المعاطاة.
*الباجوري – ج 1 –ص 341*
(قوله ولا بد في البيع الى اخره)........ الى ان قال – فلا يصح البيع بالمعاطاة ويرد كل ما اخذه ان بقي او بدله ان تلف فلا مطالبة به في الاخرة لطيب النفس به *واختار النووي وجماعة صحة البيع بها في كل ما يعد الناس بيعا لان المدار فيه على رضا المتعاقدين* ولم يثبت اشتراط لفظ فيرجع فيه اى العرف وخصص بعضهم جوازه بالمحقرات كرغيف عيش ونحوه فينبغي تقليد القائل بالجواز للخروج من الإثم فإنه مما ابتلي به كثيرا اه‍

Comments

Popular posts from this blog

Syawir "Hukum Sholawat saat Memandikan Jenazah"

Kajian Qowaidh al fiqh ( Kitab al Asybah wa an Nadzoir) "Hal yang Berhubungan dengan Niat"

Kajian Ushul Fiqh (waroqot) "Perilaku Shohibus Syariah"