Syawir "Haramnya Emas dan Sutra bagi Laki-Laki"

Soal 1:
assalamu'alaikum, dalam memakai cincin, Diperbolehkan disemua jari, Apa hanya bagian jari tertentu? Kemudian baiknya di jari tangan kanan/ kiri ?

Jawab:
Hukum mengenakan cincin yang bukan terbuat dari emas diperbolehkan bagi laki2 dan sebaiknya dipakaikan di jari kelingking dari tangan kanan. Dan untuk wanita, diperbolehkan mengenakan beberapa cincin baik yang terbuat dari emas ataupun yang lainya dan boleh dikenakan di beberapa jari.

Ibarot:
*شرح نواوي على المسلم*
وفي حديث علي : ( نهاني صلى الله عليه وسلم أن أتختم في أصبعي هذه أو هذه ، فأومأ إلى الوسطى والتي تليها ) ، وروي هذا الحديث في غير مسلم : ( السبابة والوسطى ) *وأجمع المسلمون على أن السنة جعل خاتم الرجل في الخنصر* ، وأم المرأة فإنها تتخذ خواتيم في أصابع . قالوا : والحكمة في كونه في الخنصر أنه أبعد من الامتهان فيما يتعاطى باليد ، لكونه طرفا ، ولأنه لا يشغل اليد عما تتناوله من أشغالها بخلاف غير الخنصر ، ويكره للرجل جعله في الوسطى والتي تليها لهذا الحديث ، وهي كراهة تنزيه . وأما التختم في اليد اليمنى أو اليسرى فقد جاء فيه هذان الحديثان ، وهما صحيحان
*حاشية الباجوري الجزالاول ص 88*
يجوزالتختم بها (أي:الفضه) للرجال بل يسن مالم يسرف فيه عرفامع اعتبارعادة أمثاله وزنا وعددا ومحلا الى أن قال *والافضل جعله فى اليد اليمنى ولبسه في الخنصر* ويسن ان يكون فصه من داخل كفه

Soal 2 :
assalamu'alaikum, Klo laki2 pakai kalung tp bkn dr emas bolehkah? Kalau boleh, kalung yang bagaimana kategorinya ?

Jawab :
ada yang mmperbolehkan memakai kalung bagi laki2 dengan catatan :
  1. Bukan terbuat dari bahan emas atau perak menurut mayoritas ulama sedangkan al-Mutawally dan al-Ghozaly memperbolehkan kalung dari bahan perak bagi laki-laki
  2. Bukan tergolong perhiasan yang khusus dipakai oleh wanita.
Dalam kitab majmu' dijelaskan bahwa ;
Para Pengikut Madzhab Syafi’i mengatakan “Boleh bagi laki-laki memakai cincin perak dengan kesepakatan ulama sedang untuk perhiasan lainnya semacam gelang tangan, gelang lengan, kalung dsb menurut mayoritas ulama mengharamkannya.
Berkata al-Mutawally dan al-Ghozali “Boleh memakai perhiasan-perhiasan diatas yang terbuat dari perak karena yang diharamkan dalam barang yang terbuat dari perak sebatas barang-barang perkakas dan adanya unsure penyerupaan dengan wanita”. Namun yang shahih adalah pendapat pertama karena dalam masalah ini terjadi penyerupaan dengan wanita yang diharamkan

Ibarot :
*المجموع شرح المهذب*
قال أصحابنا يجوز للرجل خاتم الفضة بالاجماع وأما ما سواه من حلي الفضة كالسوار والمدملج والطوق ونحوها فقطع الجمهور بتحريمها وقال المتولي والغزالي في الفتاوى يجوز لانه لم يثبت في الفضة الا تحريم الاواني وتحريم التشبه بالنساء والصحيح الاول لان في هذا تشبها بالنساء وهو حرام

Soal 3 :
 assalamu'alaikum  قبل سبع سنين و بعدها  Batasan ba'daha ini ampe umur berapa yi? (dalam fashal اللباس)

Jawab : wa'alaikumussalam warohmatulloh, batasan diperbolehkannya wali memakaikan sutra pada anaknya itu sebelum umur tujuh tahun, namun ada juga yang membolehkan sampai anak tsb baligh

Ibarot :

توشيح على فتح القريب المجيب ج ١ ص ١٠٨

ويحل للولي إلباس الصبي الحرير قبل سبع سنين وبعدها الى البلوغ

Comments

Popular posts from this blog

Syawir "Hukum Sholawat saat Memandikan Jenazah"

Kajian Qowaidh al fiqh ( Kitab al Asybah wa an Nadzoir) "Hal yang Berhubungan dengan Niat"

Kajian Ushul Fiqh (waroqot) "Perilaku Shohibus Syariah"