Syawir "Kasus Jual Beli Pupuk Berbahan Dasar Kompos"
Deskripsi masalah:
Soal :
Jawab:
Ibarot :
Al-Muhadzdzab, Juz : 2 Hal : 9-10
ﺑﺎﺏ ﻣﺎ ﻳﺠﻮﺯ ﺑﻴﻌﻪ ﻭﻣﺎ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ
ﺍﻷﻋﻴﺎﻥ ﺿﺮﺑﺎﻥ : ﻧﺠﺲ ﻭﻃﺎﻫﺮ ﻓﺄﻣﺎ ﺍﻟﻨﺠﺲ ﻓﻌﻠﻰ ﺿﺮﺑﻴﻦ : ﻧﺠﺲ ﻓﻲ ﻧﻔﺴﻪ ﻭﻧﺠﺲ ﺑﻤﻼﻗﺎﺓ ﻧﺠﺎﺳﺔ ﻓﺄﻣﺎ ﺍﻟﻨﺠﺲ ﻓﻲ ﻧﻔﺴﻪ ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﺑﻴﻌﻪ ﻭﺫﻟﻚ ﻣﺜﻞ ﺍﻟﻜﻠﺐ ﻭﺍﻟﺨﻨﺰﻳﺮ ﻭﺍﻟﺨﻤﺮ ﻭﺍﻟﺴﺮﺟﻴﻦ ﻭﻣﺎ ﺃﺷﺒﻪ ﺫﻟﻚ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺠﺎﺳﺎﺕ ﻭﺍﻷﺻﻞ ﻓﻴﻪ ﻣﺎ ﺭﻭﻯ ﺟﺎﺑﺮ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ : " ﺇﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺣﺮﻡ ﺑﻴﻊ ﺍﻟﺨﻤﺮ ﻭﺍﻟﻤﻴﺘﺔ ﻭﺍﻟﺨﻨﺰﻳﺮ ﻭﺍﻷﺻﻨﺎﻡ "1 ﻭﺭﻭﻯ ﺍﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ ﻭﺃﺑﻮ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ " ﻧﻬﻰ ﻋﻦ ﺛﻤﻦ ﺍﻟﻜﻠﺐ " ﻓﻨﺺ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻜﻠﺐ ﻭﺍﻟﺨﻨﺰﻳﺮ ﻭﺍﻟﺨﻤﺮ ﻭﺍﻟﻤﻴﺘﺔ ﻭﻗﺴﻨﺎ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺳﺎﺋﺮ ﺍﻷﻋﻴﺎﻥ ﺍﻟﻨﺠﺴﺔ
Al-Majmu', Juz : 9 Hal ; 230-231
ﻓﺮﻉ : ﺑﻴﻊ ﺳﺮﺟﻴﻦ ﺍﻟﺒﻬﺎﺋﻢ ﺍﻟﻤﺄﻛﻮﻟﺔ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ ﻭﺫﺭﻕ ﺍﻟﺤﻤﺎﻡ ﺑﺎﻃﻞ ﻭﺛﻤﻨﻪ ﺣﺮﺍﻡ ﻫﺬﺍ ﻣﺬﻫﺒﻨﺎ ﻭﻗﺎﻝ ﺃﺑﻮ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﻳﺠﻮﺯ ﺑﻴﻊ ﺍﻟﺴﺮﺟﻴﻦ ﻻﺗﻔﺎﻕ ﺃﻫﻞ ﺍﻷﻣﺼﺎﺭ ﻓﻲ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻷﻋﺼﺎﺭ ﻋﻠﻰ ﺑﻴﻌﻪ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺇﻧﻜﺎﺭ ﻭﻷﻧﻪ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﻻﻧﺘﻔﺎﻉ ﺑﻪ ﻓﺠﺎﺯ ﺑﻴﻌﻪ ﻛﺴﺎﺋﺮ ﺍﻷﺷﻴﺎﺀ . ﻭﺍﺣﺘﺞ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﺑﺤﺪﻳﺚ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﺍﻟﺴﺎﺑﻖ ﺇﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ ( ﺍﻥ ﻟﻠﻪ ﺇﺫﺍ ﺣﺮﻡ ﻋﻠﻰ ﻗﻮﻡ ﺷﻴﺌﺎ ﺣﺮﻡ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺛﻤﻨﻪ ) ﻭﻫﻮ ﺣﺪﻳﺚ ﺻﺤﻴﺢ ﻛﻤﺎ ﺳﺒﻖ ﺑﻴﺎﻧﻪ ﻗﺮﻳﺒﺎ ﻭﻫﺬﺍ ﻋﺎﻡ ﺇﻻ ﻣﺎ ﺧﺮﺝ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﻛﺎﻟﺤﻤﺎﺭ ﻭﺍﻟﻌﺒﺪ ﻭﻏﻴﺮﻫﻤﺎ ﻭﻷﻧﻪ ﻧﺠﺲ ﺍﻟﻌﻴﻦ ﻓﻠﻢ ﻳﺠﺰ ﺑﻴﻌﻪ ﻛﺎﻟﻌﺬﺭﺓ ﻓﺈﻧﻬﻢ ﻭﺍﻓﻘﻮﺍ ﻋﻠﻰ ﺑﻄﻼﻥ ﺑﻴﻌﻬﺎ ﻣﻊ ﺃﻧﻪ ﻳﻨﺘﻔﻊ ﺑﻬﺎ ( ﻭﺃﻣﺎ ) ﺍﻟﺠﻮﺍﺏ ﻋﻤﺎ ﺍﺣﺘﺠﻮﺍ ﺑﻪ ﻓﻬﻮ ﻣﺎ ﺃﺟﺎﺏ ﺑﻪ ﺍﻟﻤﺎﻭﺭﺩﻯ ﺃﻥ ﺑﻴﻌﻪ ﺇﻧﻤﺎ ﻳﻔﻌﻠﻪ ﺍﻟﺠﻬﻠﺔ ﻭﺍﻻﺭﺯﺍﻝ ﻓﻼ ﻳﻜﻮﻥ ﺫﻟﻚ ﺣﺠﺔ ﻓﻲ ﺩﻳﻦ ﺍﻹﺳﻼﻡ ( ﻭﺃﻣﺎ ) ﻗﻮﻟﻬﻢ ﺇﻧﻪ ﻣﻨﺘﻔﻊ ﺑﻪ ﻓﺄﺷﺒﻪ ﻏﻴﺮﻩ ﻓﺎﻟﻔﺮﻕ ﺃﻥ ﻫﺬﺍ ﻧﺠﺲ ﺑﺨﻼﻑ ﻏﻴﺮﻩ
ﻭ ﻳﺠﻮﺯ ﻧﻘﻞ ﺍﻟﻴﺪ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺠﺲ ﺑﺎﻟﺪﺭﺍﻫﻢ ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﺰﻭﻝ ﻋﻦ ﺍﻟﻮﻇﺎﺋﻒ ﻭ ﻃﺮﻳﻘﻪ ﺍﻥ ﻳﻘﻮﻝ ﺍﻟﻤﺴﺘﺤﻖ ﻟﻪ ﺍﺳﻘﻄﺖ ﺣﻘﻲ ﻣﻦ ﻫﺬﺍ ﺑﻜﺬﺍ ﻓﻴﻘﻮﻝ ﺍﻻﺧﺮ ﻗﺒﻠﺖ
ﺳﺆﺍﻝ : ﻣﺎﺣﻜﻢ ﺑﻴﻊ ﺍﻻﺷﻴﺎﺀ ﺍﻟﻨﺠﺴﺔ ﻛﺎﻟﺴﺮﺟﻴﻦ ﻭﻧﺤﻮﻩ ؟
ﺍﻟﺠﻮﺍﺏ : ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻤﻮﻓﻖ ﻟﻠﺼﻮﺍﺏ ﺃﻥ ﺍﻻﺷﻴﺎﺀ ﺍﻟﻨﺠﺴﺔ ﻛﺎﻟﺴﺮﺟﻴﻦ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﻣﻤﺎ ﻳﻨﺘﻔﻊ ﺑﻪ ﻭﻟﻮ ﺑﻌﺪ ﺗﻄﻬﻴﺮﻩ ﻛﺠﻠﺪﺍﻟﻤﻴﺘﺔ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﺪﺑﻎ ﻻﺗﺴﻤﻰ ﻣﻤﻠﻮﻛﺔ ﻭﺍﻧﻤﺎ ﻳﻜﻮﻥ ﻓﻴﻬﺎ ﻟﻤﻦ ﻫﻲ ﻓﻲ ﻳﺪﻩ ﻧﻮﻉ ﺍﺧﺘﺼﺎﺹ ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﺑﻴﻌﻬﺎ ﻻﻥ ﺷﺮﻁ ﺍﻟﻤﺒﻴﻊ ﺍﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻃﺎﻫﺮﺍ ﻭﻟﻜﻦ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﻟﺘﻨﺎﺯﻝ ﻋﻦ ﺍﻻﺧﺘﺼﺎﺹ ﻋﻠﻰ ﺷﻲﺀ ﻣﻌﻠﻮﻡ ﻛﺎﻥ ﻳﻘﻮﻝ ﻣﻦ ﻫﻲ ﻓﻲ ﻳﺪﻩ ﻵﺧﺮ ﻧﺰﻟﺖ ﻟﻚ ﻋﻦ ﺍﺧﺘﺼﺎﺹ ﻋﻦ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺴﺮﺟﻴﻦ ﺍﻭ ﻋﻦ ﺟﻠﺪ ﺍﻟﻤﻴﺘﺔ ﺍﻭ ﻋﻦ ﻛﻠﺐ ﺍﻟﺼﻴﺪ ﻣﺜﻼ ﻋﻠﻰ ﻛﺬﺍ ﻭﻛﺬﺍ ﻓﻴﻘﻮﻝ ﻗﺒﻠﺖ ﻭﻻﻳﺠﻮﺯ ﺑﻠﻔﻆ ﺍﻟﺒﻴﻊ . ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ ﺃﻋﻠﻢ
ﺑﻴﻊ ﺍﻟﻨﺠﺲ ﻭﺍﻟﻤﺘﻨﺠﺲ
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﻨﻔﻴﺔ : ﻻ ﻳﻨﻌﻘﺪ ﺑﻴﻊ ﺍﻟﺨﻤﺮ ﻭﺍﻟﺨﻨﺰﻳﺮ ﻭﺍﻟﻤﻴﺘﺔ ﻭﺍﻟﺪﻡ؛ ﻷﻧﻬﺎ ﻟﻴﺴﺖ ﺑﻤﺎﻝ ﺃﺻﻼً . ﻭﻳﻜﺮﻩ ﺑﻴﻊ ﺍﻟﻌَﺬِﺭﺓ، ﻭﻻ ﺑﺄﺱ ﺑﺒﻴﻊ ﺍﻟﺴﺮﻗﻴﻦ ﺃﻭ ﺍﻟﺴﺮﺟﻴﻦ : ﻭﻫﻮ ( ﺍﻟﺰﺑﻞ ) ﻭﺑﻴﻊ ﺍﻟﺒﻌﺮ، ﻷﻧﻪ ﻣﻨﺘﻔﻊ ﺑﻪ، ﻷﻧﻪ ﻳﻠﻘﻰ ﻓﻲ ﺍﻷﺭﺽ ﻻﺳﺘﻜﺜﺎﺭ ﺍﻟﺮﻳﻊ، ﻓﻜﺎﻥ ﻣﺎﻻً، ﻭﺍﻟﻤﺎﻝ ﻣﺤﻞ ﻟﻠﺒﻴﻊ
ﻭﺃﺟﺎﺯ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﺟﻤﻴﻌﺎ ﺑﻴﻊ ﺍﻟﺴﺮﺟﻴﻦ، ﻭﺍﻟﺒﻌﺮ ﻭﺷﺮﺍﺀﻩ ﻭﺍﻻﻧﺘﻔﺎﻉ ﺑﻪ ﻟﻠﻮﻗﻮﺩ
: kesimpulan umum, mnjwab soal:
Sekarang marak sekali pupuk organik yg berbahan dasar kompos (kotoran ayam /sapi). Di toko2 pupuk tidak jarang ada. Bahkan oleh pemerintah dijadikan pupuk bersubsidi dan pemasaranya digandengkan (sepaket) dgn pupuk kimia sprti ZA, phonska dan UREA.
Dan itu akadnya jual beli,
Dan itu akadnya jual beli,
- bgaimana hukum jual beli trsebut mnurut syariat?
- bila tidak diperbolehkan mnurut syariat, bgaimana solusinya ?
Jawab:
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh
Kotoran binatang adalah sesuatu yang dihukumi najis, sedangkan salah satu syarat dari jual beli adalah barang yang dijual merupakan benda yang suci, karena itu jual beli kotoran pupuk yang dibuat dari kotoran binatang hukumnya tidak sah. Dalilnya adalah sabda Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam :
إِنَّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ حَرَّمَ بَيْعَ الخَمْرِ، وَالمَيْتَةِ وَالخِنْزِيرِ وَالأَصْنَامِ، فَقِيلَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَرَأَيْتَ شُحُومَ المَيْتَةِ، فَإِنَّهَا يُطْلَى بِهَا السُّفُنُ، وَيُدْهَنُ بِهَا الجُلُودُ، وَيَسْتَصْبِحُ بِهَا النَّاسُ؟ فَقَالَ: «لاَ، هُوَ حَرَامٌ»، ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِنْدَ ذَلِكَ: قَاتَلَ اللَّهُ اليَهُودَ إِنَّ اللَّهَ لَمَّا حَرَّمَ شُحُومَهَا جَمَلُوهُ، ثُمَّ بَاعُوهُ، فَأَكَلُوا ثَمَنَهُ
"Sesungguhnya Alloh dan Rosul-Nya telah melarang jual beli khomer (arak), bangkai, daging babi serta jual beli patung/arca." Ada seseorang yang bertanya, "Wahai Rosulullah, bagaimana pendapat anda dengan minyak (lemak) yang terdapat dalam bangkai? Sebab lemak tersebut bisa digunakan untuk melumasi perahu, untuk meminyaki kulit dan menyalakan lampu?" Lalu beliau bersabda: "Tidak boleh, hal itu tetaplah haram." Kemudian Rosulullah shollallohu 'alaihi wasallam melanjutkan sabdanya: " Alloh memerangi orang-orang Yahudi, ketika Alloh 'azza wajalla mengharamkan lemak bangkai, ternyata mereka tetap mengolahnya juga, kemudian mereka menjualnya dan hasil penjualannya mereka makan." (Shohih Bukhori, no.2236 dan Shohih Muslim, no.1581)
Selain akadnya tidak sah dan batil, uang yang dihasilkan dari penjualan itu juga dihukumi harom. Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan Ibnu Mas'ud ;
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ ثَمَنِ الكَلْبِ، وَمَهْرِ البَغِيِّ، وَحُلْوَانِ الكَاهِنِ
“Rosulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam melarang hasil penjualan anjing, penghasilan pelacur dan upah perdukunan.” (Shohih Bukhori, no.2282 dan Shohih Muslim, no.1567)
Pendapat yang menyatakan bahwa jual beli benda najis hukumnya tidak sah adalah pendapat madzhab Syafi'i, sedangkan menurut madzhab Hanafi jual beli benda najis itu juga tidak sah, namun ulama'-ulama' madzhab Hanafi mengecualikan kotoran hewan yang bisa dimanfaatkan, seperti kotoran sapi yang biasa dijadikan pupuk untuk menyuburkan tanah atau tanaman, Semua ashhab madzhab hanafi sepakat bahwa jual beli kotoran hewan tersebut diperbolehkan.
Apabila kita mengacu pada pendapat madzhab Syafi'i yang menyatakan bahwa jual beli tersebut tidak sah, ulama'-ulama' madzhab syafi'i memberikan jalan keluar yaitu dengan cara sighot (ucapan) akadnya bukan akad jual beli tapi naqlul yad (perpindahan tangan) dengan cara nuzul. Caranya ; rang yang memiliki barang mengatakan : "Aku gugurkan hakku atas benda ini(menyebutkan benda) dengan ganti sekian (menyebutkan harga)", lalu orang yang menerima mengucapkan : "Saya terima".
Kesimpulannya, menurut madzhab Syafi'i jual beli pupuk yang berasal dari kotoran binatang itu tidak sah, dan solusinya perpindahan kepemilikan atas pupuk itu menggunakan akad "naqlul yad".
Al-Muhadzdzab, Juz : 2 Hal : 9-10
ﺑﺎﺏ ﻣﺎ ﻳﺠﻮﺯ ﺑﻴﻌﻪ ﻭﻣﺎ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ
ﺍﻷﻋﻴﺎﻥ ﺿﺮﺑﺎﻥ : ﻧﺠﺲ ﻭﻃﺎﻫﺮ ﻓﺄﻣﺎ ﺍﻟﻨﺠﺲ ﻓﻌﻠﻰ ﺿﺮﺑﻴﻦ : ﻧﺠﺲ ﻓﻲ ﻧﻔﺴﻪ ﻭﻧﺠﺲ ﺑﻤﻼﻗﺎﺓ ﻧﺠﺎﺳﺔ ﻓﺄﻣﺎ ﺍﻟﻨﺠﺲ ﻓﻲ ﻧﻔﺴﻪ ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﺑﻴﻌﻪ ﻭﺫﻟﻚ ﻣﺜﻞ ﺍﻟﻜﻠﺐ ﻭﺍﻟﺨﻨﺰﻳﺮ ﻭﺍﻟﺨﻤﺮ ﻭﺍﻟﺴﺮﺟﻴﻦ ﻭﻣﺎ ﺃﺷﺒﻪ ﺫﻟﻚ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺠﺎﺳﺎﺕ ﻭﺍﻷﺻﻞ ﻓﻴﻪ ﻣﺎ ﺭﻭﻯ ﺟﺎﺑﺮ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ : " ﺇﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺣﺮﻡ ﺑﻴﻊ ﺍﻟﺨﻤﺮ ﻭﺍﻟﻤﻴﺘﺔ ﻭﺍﻟﺨﻨﺰﻳﺮ ﻭﺍﻷﺻﻨﺎﻡ "1 ﻭﺭﻭﻯ ﺍﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ ﻭﺃﺑﻮ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ " ﻧﻬﻰ ﻋﻦ ﺛﻤﻦ ﺍﻟﻜﻠﺐ " ﻓﻨﺺ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻜﻠﺐ ﻭﺍﻟﺨﻨﺰﻳﺮ ﻭﺍﻟﺨﻤﺮ ﻭﺍﻟﻤﻴﺘﺔ ﻭﻗﺴﻨﺎ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺳﺎﺋﺮ ﺍﻷﻋﻴﺎﻥ ﺍﻟﻨﺠﺴﺔ
Al-Majmu', Juz : 9 Hal ; 230-231
ﻓﺮﻉ : ﺑﻴﻊ ﺳﺮﺟﻴﻦ ﺍﻟﺒﻬﺎﺋﻢ ﺍﻟﻤﺄﻛﻮﻟﺔ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ ﻭﺫﺭﻕ ﺍﻟﺤﻤﺎﻡ ﺑﺎﻃﻞ ﻭﺛﻤﻨﻪ ﺣﺮﺍﻡ ﻫﺬﺍ ﻣﺬﻫﺒﻨﺎ ﻭﻗﺎﻝ ﺃﺑﻮ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﻳﺠﻮﺯ ﺑﻴﻊ ﺍﻟﺴﺮﺟﻴﻦ ﻻﺗﻔﺎﻕ ﺃﻫﻞ ﺍﻷﻣﺼﺎﺭ ﻓﻲ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻷﻋﺼﺎﺭ ﻋﻠﻰ ﺑﻴﻌﻪ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺇﻧﻜﺎﺭ ﻭﻷﻧﻪ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﻻﻧﺘﻔﺎﻉ ﺑﻪ ﻓﺠﺎﺯ ﺑﻴﻌﻪ ﻛﺴﺎﺋﺮ ﺍﻷﺷﻴﺎﺀ . ﻭﺍﺣﺘﺞ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﺑﺤﺪﻳﺚ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﺍﻟﺴﺎﺑﻖ ﺇﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ ( ﺍﻥ ﻟﻠﻪ ﺇﺫﺍ ﺣﺮﻡ ﻋﻠﻰ ﻗﻮﻡ ﺷﻴﺌﺎ ﺣﺮﻡ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺛﻤﻨﻪ ) ﻭﻫﻮ ﺣﺪﻳﺚ ﺻﺤﻴﺢ ﻛﻤﺎ ﺳﺒﻖ ﺑﻴﺎﻧﻪ ﻗﺮﻳﺒﺎ ﻭﻫﺬﺍ ﻋﺎﻡ ﺇﻻ ﻣﺎ ﺧﺮﺝ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﻛﺎﻟﺤﻤﺎﺭ ﻭﺍﻟﻌﺒﺪ ﻭﻏﻴﺮﻫﻤﺎ ﻭﻷﻧﻪ ﻧﺠﺲ ﺍﻟﻌﻴﻦ ﻓﻠﻢ ﻳﺠﺰ ﺑﻴﻌﻪ ﻛﺎﻟﻌﺬﺭﺓ ﻓﺈﻧﻬﻢ ﻭﺍﻓﻘﻮﺍ ﻋﻠﻰ ﺑﻄﻼﻥ ﺑﻴﻌﻬﺎ ﻣﻊ ﺃﻧﻪ ﻳﻨﺘﻔﻊ ﺑﻬﺎ ( ﻭﺃﻣﺎ ) ﺍﻟﺠﻮﺍﺏ ﻋﻤﺎ ﺍﺣﺘﺠﻮﺍ ﺑﻪ ﻓﻬﻮ ﻣﺎ ﺃﺟﺎﺏ ﺑﻪ ﺍﻟﻤﺎﻭﺭﺩﻯ ﺃﻥ ﺑﻴﻌﻪ ﺇﻧﻤﺎ ﻳﻔﻌﻠﻪ ﺍﻟﺠﻬﻠﺔ ﻭﺍﻻﺭﺯﺍﻝ ﻓﻼ ﻳﻜﻮﻥ ﺫﻟﻚ ﺣﺠﺔ ﻓﻲ ﺩﻳﻦ ﺍﻹﺳﻼﻡ ( ﻭﺃﻣﺎ ) ﻗﻮﻟﻬﻢ ﺇﻧﻪ ﻣﻨﺘﻔﻊ ﺑﻪ ﻓﺄﺷﺒﻪ ﻏﻴﺮﻩ ﻓﺎﻟﻔﺮﻕ ﺃﻥ ﻫﺬﺍ ﻧﺠﺲ ﺑﺨﻼﻑ ﻏﻴﺮﻩ
Hasyiyah Al-Bajuri Ala Fathul Qorib, Juz : 1 Hal : 532
ﻭ ﻳﺠﻮﺯ ﻧﻘﻞ ﺍﻟﻴﺪ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺠﺲ ﺑﺎﻟﺪﺭﺍﻫﻢ ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﺰﻭﻝ ﻋﻦ ﺍﻟﻮﻇﺎﺋﻒ ﻭ ﻃﺮﻳﻘﻪ ﺍﻥ ﻳﻘﻮﻝ ﺍﻟﻤﺴﺘﺤﻖ ﻟﻪ ﺍﺳﻘﻄﺖ ﺣﻘﻲ ﻣﻦ ﻫﺬﺍ ﺑﻜﺬﺍ ﻓﻴﻘﻮﻝ ﺍﻻﺧﺮ ﻗﺒﻠﺖ
Qurrotul Ain Bi Fatawi Isma'il az-Zain, Hal : 116-117
ﺳﺆﺍﻝ : ﻣﺎﺣﻜﻢ ﺑﻴﻊ ﺍﻻﺷﻴﺎﺀ ﺍﻟﻨﺠﺴﺔ ﻛﺎﻟﺴﺮﺟﻴﻦ ﻭﻧﺤﻮﻩ ؟
ﺍﻟﺠﻮﺍﺏ : ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻤﻮﻓﻖ ﻟﻠﺼﻮﺍﺏ ﺃﻥ ﺍﻻﺷﻴﺎﺀ ﺍﻟﻨﺠﺴﺔ ﻛﺎﻟﺴﺮﺟﻴﻦ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﻣﻤﺎ ﻳﻨﺘﻔﻊ ﺑﻪ ﻭﻟﻮ ﺑﻌﺪ ﺗﻄﻬﻴﺮﻩ ﻛﺠﻠﺪﺍﻟﻤﻴﺘﺔ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﺪﺑﻎ ﻻﺗﺴﻤﻰ ﻣﻤﻠﻮﻛﺔ ﻭﺍﻧﻤﺎ ﻳﻜﻮﻥ ﻓﻴﻬﺎ ﻟﻤﻦ ﻫﻲ ﻓﻲ ﻳﺪﻩ ﻧﻮﻉ ﺍﺧﺘﺼﺎﺹ ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﺑﻴﻌﻬﺎ ﻻﻥ ﺷﺮﻁ ﺍﻟﻤﺒﻴﻊ ﺍﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻃﺎﻫﺮﺍ ﻭﻟﻜﻦ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﻟﺘﻨﺎﺯﻝ ﻋﻦ ﺍﻻﺧﺘﺼﺎﺹ ﻋﻠﻰ ﺷﻲﺀ ﻣﻌﻠﻮﻡ ﻛﺎﻥ ﻳﻘﻮﻝ ﻣﻦ ﻫﻲ ﻓﻲ ﻳﺪﻩ ﻵﺧﺮ ﻧﺰﻟﺖ ﻟﻚ ﻋﻦ ﺍﺧﺘﺼﺎﺹ ﻋﻦ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺴﺮﺟﻴﻦ ﺍﻭ ﻋﻦ ﺟﻠﺪ ﺍﻟﻤﻴﺘﺔ ﺍﻭ ﻋﻦ ﻛﻠﺐ ﺍﻟﺼﻴﺪ ﻣﺜﻼ ﻋﻠﻰ ﻛﺬﺍ ﻭﻛﺬﺍ ﻓﻴﻘﻮﻝ ﻗﺒﻠﺖ ﻭﻻﻳﺠﻮﺯ ﺑﻠﻔﻆ ﺍﻟﺒﻴﻊ . ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ ﺃﻋﻠﻢ
Al-Fiqhul Islami Wa Adillatuhu, Juz : 5 Hal : 3431
ﺑﻴﻊ ﺍﻟﻨﺠﺲ ﻭﺍﻟﻤﺘﻨﺠﺲ
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﻨﻔﻴﺔ : ﻻ ﻳﻨﻌﻘﺪ ﺑﻴﻊ ﺍﻟﺨﻤﺮ ﻭﺍﻟﺨﻨﺰﻳﺮ ﻭﺍﻟﻤﻴﺘﺔ ﻭﺍﻟﺪﻡ؛ ﻷﻧﻬﺎ ﻟﻴﺴﺖ ﺑﻤﺎﻝ ﺃﺻﻼً . ﻭﻳﻜﺮﻩ ﺑﻴﻊ ﺍﻟﻌَﺬِﺭﺓ، ﻭﻻ ﺑﺄﺱ ﺑﺒﻴﻊ ﺍﻟﺴﺮﻗﻴﻦ ﺃﻭ ﺍﻟﺴﺮﺟﻴﻦ : ﻭﻫﻮ ( ﺍﻟﺰﺑﻞ ) ﻭﺑﻴﻊ ﺍﻟﺒﻌﺮ، ﻷﻧﻪ ﻣﻨﺘﻔﻊ ﺑﻪ، ﻷﻧﻪ ﻳﻠﻘﻰ ﻓﻲ ﺍﻷﺭﺽ ﻻﺳﺘﻜﺜﺎﺭ ﺍﻟﺮﻳﻊ، ﻓﻜﺎﻥ ﻣﺎﻻً، ﻭﺍﻟﻤﺎﻝ ﻣﺤﻞ ﻟﻠﺒﻴﻊ
Al-Jauharoh An-Nayyiroh, Juz : 1 Hal : 220
ﻭﺃﺟﺎﺯ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﺟﻤﻴﻌﺎ ﺑﻴﻊ ﺍﻟﺴﺮﺟﻴﻦ، ﻭﺍﻟﺒﻌﺮ ﻭﺷﺮﺍﺀﻩ ﻭﺍﻻﻧﺘﻔﺎﻉ ﺑﻪ ﻟﻠﻮﻗﻮﺩ
: kesimpulan umum, mnjwab soal:
- bai'/ jual beli barang najis tidak sah.
- naqlul yad
- ikut madzhab hanafi.
Comments
Post a Comment