Kajian Ushul Fiqh "Ta'rif Ashl, Furu' dan Fiqh"

Karena permintaan dari Kyai Faqih (admin group ini) untuk ikut menerjemahkan materi Ushul Fiqh, maka pada siang ini saya Insya Allah mulai memberikan materi kitab Waroqot semampu saya, dan jika ada yang salah silahkan di koreksi, sebab pada dasarnya saya pun masih belajar.
 الفاتحة إلى روح النبي ومؤلف الورقات إمام الحرمين الجويني وإلى مشايخنا ووالدينا وأجدادنا..الفاتحة...
هذه ورقات تشتمل على فصول من أصول الفقه
Ini adalah beberapa lembaran kertas yang mencakup beberapa pasal dari ilmu Ushul Fiqh
وذلك مؤلف من جزأين مفردين
Kata “Ushul Fiqh” itu tersusun dari 2 bagian (juz) kata yang Mufrod, yakni “Ushul” dan “Fiqh”. Mufrod di sini tentunya yang di maksud berbeda dengan makna “Mufrod” pada ilmu nahwu, sebab kalau kita pahami kata “ Mufrod” dari redaksi Imam Haromain di atas, maka akan timbul kerancuan, sebab “Mufrod” dalam Ilmu Nahwu itu sebuah kalimat yang bukan Tasniyah, Jama’ dan bukan pula Asma’ Khomsah. Sedang kata “Ushul” itu merupakan bentuk plural/ jama’ dari kata “Ashl”, oleh karenanya kata “Mufrod” dalam redaksi di atas tidak bisa di pahami dalam konteks pemahaman Nahwu, akan tetapi lebih ke pemahaman Ushuli/Manthiqi (Logika). Apa makna “Mufrod” dalam ilmu Ushul? Mufrod di sini bermakna:
ما لا يد جزءه على جزء معناه
“Sesuatu yang mana bagian sesuatu tersebut tidak memiliki makna tersendiri”
فالأصل ما بني عليه غيره والفرع ما يبنى على غيره
“Ashl” adalah sesuatu di mana hal lain di bangun di atasnya, sedang “Far’u” adalah sesuatu yang di bangun di atas hal lain”.
Semisal bangunan Rumah yang berdiri di atas tanah, maka bangunan Rumah itu adalah “Far’u”, sedang tanah di mana bangunan itu berdiri adalah “Ashlu”. Kenapa penulis kitab Waroqot mendefinisikan Ushul Fiqh dengan demikian? Sebab beliau ingin mengajak kita untuk memahami definisi Ushul Fiqh secara Idhafi, yakni kita memahami Ushul Fiqh dari memahami arti dan asal usul kata “Ushul” dan “Fiqh” itu sendiri. Berbeda jikalau kita ingin memahami Ushul Fiqh sebagai sebuah Nama, yang mana ini di sebut dengan definis Lughowi, sebagaimana di sebutkan oleh Syaikh Khalid As-Shoq’abi dalam Syarah Waroqot.
والفقه معرفة الأحكام الشرعية التي طريقها الاجتهاد
“Fiqh” adalah mengetahui Hukum-hukum Syariat yang cara menghasilkannya adalah melalui Ijtihad”
Di sini Imam Haromain menjelaskan definisi Fiqh secara istilah, bukan secara Bahasa, sebab Fiqh secara Bahasa bermakna faham dan mengerti. Sedang ungkapan “Ahkam Syar’iyyah” itu memberikan pemahaman kepada kita bahwa yang di maksud bukanlah hukum adat maupun hukum akal. Oleh karenanya, keduanya bukanlah sasaran pembahasan secara mendasar dari Ilmu Fiqh maupun Ushul Fiqh. Sedangkan ungkapan “yang cara menghasilkannya adalah melalui Ijtihad” memberikan pemahaman bahwa hukum-hukum syariat yang tatacara menghasilkan dan memahaminya tidak melalui Ijtihad—melainkan melalui ketetapan Allah dan Rasulullah secara langsung—itu bukanlah ranah Fiqh maupun Ushul Fiqh. Sampai di sini dulu materi kali ini, Wallahu A’lam Bis Showab.
nmbah sedikit keterangan tentang Shohibul Waroqot.
التعريف بإمام الحرمين الجويني بإيجاز ويشمل ما يلي:
اسمه ونسبه:
📖هو عبد الملك بن عبد الله بن يوسف بن محمد الجويني النيسابوري،
referensi ;
انظر ترجمته في طبقات الشافعية الكبرى ٥/ ١٦٥، سير أعلام النبلاء ١٨/ ٤٦٨، البداية والنهاية ١٢/ ١٣٦، هدية العارفين ١/ ٥٠٤، مقدمة تحقيق البرهان د. عبد العظيم الديب ١/ ٢١، مقدمة تحقيق التلخيص د. عبد الله النيبالي، د. شبير العمري ١/ ٢٣.
📖 والجويني نسبة إلى جوين، بضم الجيم وفتح الواو، وهي إحدى نواحي نيسابور، حيث ولد أبوه
referensi ;
البداية والنهاية ١٢/ ١٣٦، مقدمة تحقيق التلخيص ١/ ٢٣
 لقبه وكنيته:
يكنى بأبي المعالي، وهي كنية تعظيم وتشريف، فكأنه يطلب معالي الأمور وأشرفها.
ويلقب بإمام الحرمين، لمجاورته في مكة أربع سنين يدرس ويفتي، وكذلك جاور بالمدينة أربع سنين، يدرس ويفتي ويجمع طرق المذهب الشافعي
referensi
سير أعلام النبلاء ١٨/ ٤٦٨ الحاشية، البداية والنهاية ١٢/ ١٣٦، مقدمة تحقيق التلخيص ١/ ٢٣
[28/8 13.13] alfaqir ilaika ya Rabb: مولده:
ولد أبو المعالي في المحرم سنة ٤١٩ هـ على أرجح الأقوال
referensi ;
سير أعلام النبلاء ١٨/ ٤٦٨، البداية والنهاية ١٢/ ١٣٦، طبقات الشافعية الكبرى ٥/ ١٦٨
diantara Guru2 beliau :
شيوخه:
١. والده فقد أخذ عنه الفقه والأصول والتفسير وغيرها من العلوم.
٢. أبو القاسم عبد الجبار بن علي المعروف بالإسكاف الإسفرايني توفى سنة ٤٥٢ هـ، كان فقيها متكلما، وقد واظب أبو المعالي على حضور دروسه، قرأ عليه الأصول وتخرج بطريقته
٣. أبو عبد الله الخبازي، محمد بن علي النيسابوري المتوفى سنة ٤٤٩ هـ، كان شيخ القراء في وقته، قرأ عليه أبو المعالي القرآن.
٤. الحافظ أبو نعيم الأصبهاني، أحمد بن عبد الله، كان محدثا، فقيها المتوفى سنة ٤٣٠ هـ، ودرس عليه إمام الحرمين وأجازه.
٥. حسين بن محمد المروزي، المشهور بالقاضي حسين والمتوفى سنة ٤٦٢ هـ، وهو شيخ الشافعية بخراسان، وتفقه عليه إمام الحرمين

Comments

Popular posts from this blog

Syawir "Hukum Sholawat saat Memandikan Jenazah"

Kajian Qowaidh al fiqh ( Kitab al Asybah wa an Nadzoir) "Hal yang Berhubungan dengan Niat"

Kajian Ushul Fiqh (waroqot) "Perilaku Shohibus Syariah"