Kajian Matan Taqrib "Seputar Tentang Mandi"

إلى حضرة النبي المصطفى سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم واله واصحابه واتباعه وإلى حضرة جميع مشايخنا ومعلمينا وإلى جميع مؤلفي الكتب التي تعلمناها وعلمناها خصوصا الى حضرة *الشيخ القاضي أبو شجاع أحمد بن الحسين بن أحمد الأصفهاني* رحمه الله تعالى رحمة الأبرار ونفعنا به وبعلومه فى الدارين آمين...
لهم الفاتحة...
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (1)
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ (2) اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ (3) ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ (4) ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ (5)
اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ (6) ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ اﻟﻀﺎﻟﻴﻦ (7)

"فصل" والذي يوجب الغسل ستة أشياء: ثلاثة تشترك فيها الرجال والنساء وهي التقاء الختانين وإنزال المني والموت وثلاثة تختص بها النساء وهي الحيض والنفاس والولادة.
Fasal Tentang Perkara-Perkara yang Mewajibkan Mandi Junub 
 
Perkara yang mewajibkan mandi junub (ghusl) ada 6 (enam) 3 (tiga) di antaranya berlaku untuk laki-laki dan perempuan yaitu 
  1. Senggama/ bertemunya dua khitan,
  2. Keluar sperma, 
  3. Mati
Tiga lainnya khusus untuk perempuan yaitu
  1. Haid,
  2. Nifas, 
  3. Melahirkan (wiladah).
Dasar dari kewajiban mandi, di antaranya firman Allah:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنتُمْ سُكَارَىٰ حَتَّىٰ تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ وَلَا جُنُبًا إِلَّا عَابِرِي سَبِيلٍ حَتَّىٰ تَغْتَسِلُوا . . الاية

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian melakukan salat di masjid dalam keadaan mabuk, sebelum kalian sadar dan mengerti apa yang kalian ucapkan. Jangan pula kalian memasuki masjid dalam keadaan junub, kecuali bila sekadar melintas tanpa maksud berdiam di dalamnya, sampai kalian mandi” (QS an-Nisâ’ [4]: 43).
 
  وَإِن كُنتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا. . الاية

Artinya: “dan jika kalian junub maka mandilah.” (QS al-Mâidah [5]: 6)

Seseorang bisa menyandang hadas besar apabila
  1. Bersetubuh (hubungan seksual). Yang dimaksud bersetubuh adalah masuknya (penetrasi) dzakar ke dalam vagina.
  2. Keluar mani (sperma), baik disebabkan mimpi basah, masturbasi atau lainnya, disertai rasa nikmat. Mani adalah cairan kental putih yang keluar dari kemaluan ketika mengalami ejakulasi. Pada biasanya, keluar mani ditandai dengan muncrat, rasa nikmat dan berbau anyir. Adapun cairan agak pekat yang keluar sebelum ejakulasi, tidak termasuk mani namun disebut madzî yang dalam ilmu kedokteran diistilahkan emisi.
  3. Haid (menstruasi)
  4. Nifas.
  5. Melahirkan.
  6. Selain hadas, yang menyebabkan wajib mandi adalah mati. Orang muslim yang mati harus dimandikan kecuali orang yang mati syahid.
saya ambilkan kesimpulan dr kitab mughni al-muhtaj

(ولا) تضحية (عن ميت لم يوص بها) لقوله تعالى: {وأن ليس للإنسان إلا ما سعى} [النجم: ٣٩] فإن أوصى بها جاز، ففي سنن أبي داود والبيهقي والحاكم «أن علي بن أبي طالب كان يضحي بكبشين عن نفسه وكبشين عن النبي - صلى الله عليه وسلم - وقال: إن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - أمرني أن أضحي عنه، فأنا أضحي عنه أبدا» ، لكنه من رواية شريك القاضي وهو ضعيف.
وقدمنا أنه إذا ضحى عن غيره يجب عليه التصدق بجميعها، وقيل تصح التضحية عن الميت وإن لم يوص بها؛ لأنها ضرب من الصدقة، وهي تصح عن الميت وتنفعه، وتقدم في الوصايا أن محمد بن إسحاق السراج النيسابوري أحد أشياخ البخاري ختم عن النبي - صلى الله عليه وسلم - أكثر من عشرة آلاف ختمة وضحى عنه بمثل ذلك

 Para ulama yang menyatakan kebolehan berqurban dr mayit yg berwasiyat itu berdasarkan hadits. namun dalam hal berqurban utk mayit yg tidak berwasiyat terdapat perbedaan pendapat, ada yg membolehkn ada yg tidak. klo yg mmbolehkan, menyatakan krna udkhiyah itu dikategorikan sbg shodaqoh.
wallohu a'lam


 "فصل" وفرائض الغسل ثلاثة أشياء: النية وإزالة النجاسة إن كانت على بدنه وإيصال الماء إلى جميع الشعر والبشرة وسننه خمسة أشياء: التسمية والوضوء قبله وإمرار اليد على الجسد والموالاة وتقديم اليمنى على اليسرى.
  Fasal Menjelaskan Tentang Beberapa Fardhu / Rukun Mandi, dan Sunah-Sunahnya

Fardhu/rukun atau perkara yang harus dilakukan saat mandi junub ada 3 (tiga) yaitu :

  1. Niat,
  2. Menghilangkan najis yang terdapat pada badan,
  3. Mengalirkan air ke seluruh rambut dan kulit badan
Adapun hal-hal yang disunnahkan saat mandi junub ada 5 yaitu :
  1. Baca basmalah,
  2. Wudhu sebelum mandi junub,
  3. Mengusapkan tangan pada badan, 
  4. Muwalah/ bersegera,
  5. Mendahulukan anggota badan yang kanan daripada yang kiri.
Niat, yaitu bermaksud menghilangkan hadas besar di awal membasuh anggota tubuh. Adapun lafal niat sebagai berikut:
نَوَيْتُ الْغَسْلَ لِرَفْعِ الحَْدَثِ الأَكْبَرِ فَرْضًا لله تَعَالَى
 

Artinya: Saya niat mandi untuk menghilangkan hadas besar karena Allah Ta'ala.


 "فصل" والاغتسالات المسنونة سبعة عشر غسلا: غسل الجمعة والعيدين والاستسقاء والخسوف والكسوف والغسل من غسل الميت والكافر إذا أسلم والمجنون والمغمى عليه إذا أفاقا والغسل عند الإحرام ولدخول مكة وللوقوف بعرفة وللمبيت بمزدلفة ولرمي الجمار الثلاث وللطواف وللسعي ولدخول مدينة الرسول صلى الله عليه وسلم.
  Fasal Tentang Mandi-Mandi Yang disunahkan
 
Mandi-Mandi yang disunahkan itu ada 17:
  1. Mandi ketika akan sholat Jum'at
  2. Ketika akan sholat 2 hari raya
  3. Shalat minta hujan (istisqa')
  4. Mandi ketika akan sholat gerhana bulan
  5. Ketika akan sholat gerhana matahari 
  6. Mandi setelah memandikan mayit 
  7. Orang kafir apabila masuk Islam
  8. Orang gila ketika sembuhayan 
  9. Ayan(epilepsi) apabila sembuah
  10. Mandi saat akan ihram
  11. Akan masuk Makkah
  12. Saat akan wukuf di Arafah
  13. Akan mabit (menginap) di Muzdalifah
  14. Akan melempar Jumrah yang tiga
  15. Akan tawaf
  16. Akan sa'i
  17. Akan masuk kota Madinah.
buat muqobalah monggo bca Fathul Qorib juga..

{فصل} (والاغتسالات المسنونة سبعة عشر غسلا: غسل الجمعة) لحاضرها. ووقته من الفجر الصادق، (و) غسل (العيدين) الفطر والأضحى. ويدخل وقت هذا الغسل بنصف الليل، (والاستسقاء) أي طلب السقيا من الله تعالى، (والخسوف) للقمر، (والكسوف) للشمس، (والغسل من غسل الميت) مسلما كان أو كافرا، (و) غسل (الكافر إذا أسلم) إن لم يجنب في كفره أو لم تحض الكافرة، وإلا وجب الغسل بعد الإسلام في الأصح. وقيل يسقط إذا أسلم، (والمجنون والمغمى عليه إذا أفاقا)، ولم يتحقق منهما إنزال؛ فإن تحقق منهما إنزال وجب الغسل على كل منهما (والغسل عند) إرادة (الإحرام)، ولا فرق في هذا الغسل بين بالغ وغيره، ولا بين مجنون وعاقل، ولا بين طاهر وحائض؛ فإن لم يجد المحرم الماء تيمم، (و) الغسل (لدخول مكة) لمحرم بحج أو عمرة، (وللوقوف بعرفة) في تاسع ذي الحجة، (وللمبيت بمزدلفة، ولرمي الجمار الثلاث) في أيام التشريق الثلاثة؛ فيغتسل لرمي كل يوم منها غسلا. أما رمي جمرة العقبة في يوم النحر فلا يغتسل له لقرب زمنه من غسل الوقوف، (و) الغسل (للطواف) الصادق بطواف قدوم وإفاضة ووداع. وبقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات.

agar lebih luas lagi silahkan baca juga kitab al iqna' fi khali alfadzi abi suja'

Comments

Popular posts from this blog

Syawir "Hukum Sholawat dengan Berjoget (dangdutan)

Kajian Qowaidh al fiqh ( Kitab al Asybah wa an Nadzoir) "Hal yang Berhubungan dengan Niat"

Syawir "Hukum Sholawat saat Memandikan Jenazah"