Kajian kitab taqrib tentang sholat jum'at bag. 2
Nama kitab: Matan Al-Ghayah wat Taqrib' Abu Syuja'
(مختصر ابى شجاع- متن
الغاية والتقريب)
Nama penulis: Syeh Syihabuddin Abu Syuja' Al-Ashfahani Rohimahullohu Ta'ala
( شهاب الدين احمد ابن
الحسين بن احمد, ابو شجاع , شهاب الدين الطيب الاصفهانى)
Lahir: Tahun 434 H, wafat tahun 593 H
Fan kitab: Fiqh madzhab Syafi'i
Syarah Matan Taqrib:
a. Fathul Qorib oleh Imam Al-Ghazi,
b. Al-Iqna’ oleh Syekh Syarbini Al-Khathib,
c. Bujairimi Syarah Iqna’ oleh Syekh Sualiaman Al-Bujairimiy.
d. At-tadzhib Fi Adillati Matnil Ghoyah Wat Taqrib oleh Dr Mushthofa
Diebul Bigha
mari kita mulai kajian kita pada hari ini dg bacaan basmalah...
بسم اللّٰه الرّحمٰن الرّحيم
lanjut tawasul
إلى حضرة النبي المصطفى سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم وعلى آله وصحبه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتيذنا ومعلمينا وأبآءنا وأمهاتنا وذوى الحقوق علينا وإلى جميع المصنفين والمؤلفين خصوصا الى *الشيخ القاضي أبو شجاع أحمد بن الحسين بن أحمد الأصفهاني*
رحمه الله تعالى رحمة الأبرار ونفعنا به وبعلومه فى الدارين. امين
واخص خصوصا الى المغفور له *الشيخ نجم الدين البنداوي و جميع اهل بيته* لهم الفاتحة...
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ.
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ. اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ. ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ. ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ. اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ. ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ الضآﻟﻴﻦ.
آمين...
Dalam matan taqrib, syech abu syuja' menjelaskan. .
ﻭﻓﺮﺍﺋﻀﻬﺎ ﺛﻠﺎﺛﺔ
adapun fardhu jum'ah ada 3 yt ;
ﺧﻄﺒﺘﺎﻥ ﻳﻘﻮﻡ ﻓﻴﻬﻤﺎ ﻭﻳﺠﻠﺲ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ
yang pertama dan yang kedua adalah 2 khutbah, dg berdirinya khotib (orang yang khutbah) dan duduknya khotib diantara dua khutbah.
ﻭﺃﻥ ﺗﺼﻠﻰ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﻓﻲ ﺟﻤﺎﻋﺔ
dan fardhu jum'ah yang ketiga adalah mendirikan 2 reka'at sholat secara berjama'berjama'ah
ﻭﻫﻴﺄﺗﻬﺎ ﺃﺭﺑﻊ ﺧﺼﺎﻝ:
adapun haiah jum'at ada 4 yt ;
الغﺴﻞ ﻭﺗﻨﻈﻴﻒ ﺍﻟﺠﺴﺪ ﻭﻟﺒﺲ ﺍﻟﺜﻴﺎﺏ ﺍﻟﺒﻴﺾ ﻭﺃﺧﺬ ﺍﻟﻈﻔﺮ ﻭﺍﻟﻄﻴﺐ
1. mandi sebelum mnghadiri sholat jum'at,
2. membersihkan jasad dari bau tidak sedap,
3. memakai pakaian yang berwarna putih,
4. memotong kuku, dan memakai wangi2an
ﻭﻳﺴﺘﺤﺐ ﺍﻟﺈﻧﺼﺎﺕ ﻓﻲ ﻭﻗﺖ ﺍﻟﺨﻄﺒﺔ
disunahkan mendengarkan khutbah dengan seksama ketika khutbah sedang berlangsung
ﻭﻣﻦ ﺩﺧﻞ ﻭﺍﻟﺈﻣﺎﻡ ﻳﺨﻄﺐ ﺻﻠﻰ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﺧﻔﻴﻔﺘﻴﻦ ﺛﻢ ﻳﺠﻠﺲ.
bagi orang yang masuk masjid ketika imam (khotib) sedang berkhutbah maka sholatlah (tahiyat al masjid) 2 rekaat dengan khofif (cepat) kemudian duduk.
Demikian syech abu syuja menjelaskan dalam matan taqrib karya beliau, sedangkan dalam syarh fathul qoribnya syech imam al Ghozi menjelaskan. .
(ﻭﻓﺮﺍﺋﻀﻬﺎ) ﻭﻣﻨﻬﻢ ﻣﻦ ﻋﺒﺮ ﻋﻨﻬﺎ ﺑﺎﻟﺸﺮﻭﻁ (ﺛﻠﺎﺛﺔ):
Fardhu/ rukun jum'ah ada 3 yt ;
ﺃﺣﺪﻫﺎ ﻭﺛﺎﻧﻴﻬﺎ (ﺧﻄﺒﺘﺎﻥ ﻳﻘﻮﻡ) ﺃﻱ ﺍﻟﺨﻄﻴﺐ (ﻓﻴﻬﻤﺎ ﻭﻳﺠﻠﺲ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ).
rukun yang pertama dan yg kedua adalh dua khutbah, dimana khotib (orang yg berkhutbah) mengerjakan 2 khutbah tsb dg berdiri dan duduk diantara keduanya.
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻤﺘﻮﻟﻲ: ﺑﻘﺪﺭ ﺍﻟﻄﻤﺄﻧﻴﻨﺔ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺴﺠﺪﺗﻴﻦ.
imam mutawali mengatakan; duduk diantara dua khutbah tsb sekira dg tuma'ninah diantara 2 sujud.
ﻭﻟﻮ ﻋﺠﺰ ﻋﻦ ﺍﻟﻘﻴﺎﻡ ﻭﺧﻄﺐ ﻗﺎﻋﺪﺍ ﺃﻭ ﻣﻀﻄﺠﻌﺎ ﺻﺢ ﻭﺟﺎﺯ ﺍﻟﺎﻗﺘﺪﺍﺀ ﺑﻪ ﻭﻟﻮ ﻣﻊ ﺍﻟﺠﻬﻞ ﺑﺤﺎﻟﻪ.
kalaupun ada khotib yg tidak mampu khutbah dg berdiri dan mengerjakanya dg duduk ataupun tidur miring maka sah2 saja dan diperbolehkan iqtida' denganya walaupun tidak diketahui keadaanya (dg berdiri/ dduk/ tidur miring).
ﻭﺣﻴﺚ ﺧﻄﺐ ﻗﺎﻋﺪﺍ ﻓﺼﻞ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺨﻄﺒﺘﻴﻦ ﺑﺴﻜﺘﺔ, ﻟﺎ ﺑﺎﺿﻄﺠﺎﻉ.
adapun ketika khotib berkhutbah dg dduk, maka pemisah diantara kduanya adalah dg diam, bukan dg tidur miring.
ﻭﺃﺭﻛﺎﻥ ﺍﻟﺨﻄﺒﺔ ﺧﻤﺴﺔ:
Rukun2 khutbah ada 5 yt;
ﺣﻤﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ, ﺛﻢ ﺍﻟﺼﻠﺎﺓ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ -. ﻭﻟﻔﻈﻬﻤﺎ ﻣﺘﻌﻴﻦ, ﺛﻢ ﺍﻟﻮﺻﻴﺔ ﺑﺎﻟﺘﻘﻮﻯ, ﻭﻟﺎ ﻳﺘﻌﻴﻦ ﻟﻔﻈﻬﺎ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ, ﻭﻗﺮﺍﺀﺓ ﺁﻳﺔ ﻓﻲ ﺇﺣﺪﺍﻫﻤﺎ, ﻭﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﻟﻠﻤﺆﻣﻨﻴﻦ ﻭﺍﻟﻤﺆﻣﻨﺎﺕ ﻓﻲ ﺍﻟﺨﻄﺒﺔ ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ.
memuji kpd Alloh, kemudian bersholawat kpd utusan Alloh SAW (dg lafal yg telah ditentukan keduanya), kemudian washiyat (menurt qoul shohih lafalnya tdaklah trtntu), mendo'akan mu'minin mu'minat pada khutbah yg kedua.
ﻭﻳﺸﺘﺮﻁ ﺃﻥ ﻳﺴﻤﻊ ﺍﻟﺨﻄﻴﺐ ﺃﺭﻛﺎﻥ ﺍﻟﺨﻄﺒﺔ ﻟﺄﺭﺑﻌﻴﻦ ﺗﻨﻌﻘﺪ ﺑﻬﻢ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ.
dan disyaratkn pula bagi khotib harus bisa membuat 40 orang yang dapat mengesahkan jum'at mendengar khutbahnya.
ﻭﻳﺸﺘﺮﻁ ﺍﻟﻤﻮﺍﻟﺎﺓ ﺑﻴﻦ ﻛﻠﻤﺎﺕ ﺍﻟﺨﻄﺒﺔ, ﻭﺑﻴﻦ ﺍﻟﺨﻄﺒﺘﻴﻦ
disyaratkan pula muwalah (berkelanjutan) diantara kalimat2 khutbah dan diantara dua khutbahnya.
ﻓﻠﻮ ﻓﺮﻕ ﺑﻴﻦ ﻛﻠﻤﺎﺗﻬﺎ ﻭﻟﻮ ﺑﻌﺬﺭ ﺑﻄﻠﺖ.
jikalau ada pemisah diantara kalimat2 khutbahnya walaupun dg adanya 'udzur maka tetap batal khutbahnya.
ﻭﻳﺸﺘﺮﻁ ﻓﻴﻬﻤﺎ ﺳﺘﺮ ﺍﻟﻌﻮﺭﺓ ﻭﻃﻬﺎﺭﺓ ﺍﻟﺤﺪﺙ ﻭﺍﻟﺨﺒﺚ ﻓﻲ ﺛﻮﺏ ﻭﺑﺪﻥ ﻭﻣﻜﺎﻥ.
dan disyaratkan pula diantara kedua khutbahya menutup aurat, bersuci dari hadas dan kotoran yang menempel pd pakaian, badan dan tempatnya.
(ﻭ) ﺍﻟﺜﺎﻟﺚ ﻣﻦ ﻓﺮﺍﺋﺾ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ (ﺃﻥ ﺗﺼﻠﻰ) ﺑﻀﻢ ﺃﻭﻟﻪ (ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﻓﻲ ﺟﻤﺎﻋﺔ) ﺗﻨﻌﻘﺪ ﺑﻬﻢ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ.
adapun rukun jum'ah yg ketiga yt sholat dua reka'at dg berjamaah dan ahli jama'ahnya harus orang2 yg dapat mengesahkan jum'at
ﻭﻳﺸﺘﺮﻁ ﻭﻗﻮﻉ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺼﻠﺎﺓ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺨﻄﺒﺘﻴﻦ, ﺑﺨﻠﺎﻑ ﺻﻠﺎﺓ ﺍﻟﻌﻴﺪ, ﻓﺈﻧﻬﺎ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﺨﻄﺒﺘﻴﻦ.
dan disyaratkan pula sholatnya setelah dua khutbah, berbeda dg sholat 'id.
(ﻭﻫﻴﺂﺗﻬﺎ) ﻭﺳﺒﻖ ﻣﻌﻨﻰ ﺍﻟﻬﻴﺌﺔ (ﺃﺭﺑﻊ ﺧﺼﺎﻝ):
adapun hai'atnya ada 4 perkara yt;
ﺃﺣﺪﻫﺎ (ﺍﻟﻐﺴﻞ) ﻟﻤﻦ ﻳﺮﻳﺪ ﺧﻀﻮﺭﻫﺎ ﻣﻦ ﺫﻛﺮ ﺃﻭ ﺃﻧﺜﻰ, ﺣﺮ ﺃﻭ ﻋﺒﺪ, ﻣﻘﻴﻢ ﺃﻭ ﻣﺴﺎﻓﺮ. ﻭﻭﻗﺖ ﻏﺴﻠﻬﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﻔﺠﺮ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ; ﻭﺗﻘﺮﻳﺒﻪ ﻣﻦ ﺫﻫﺎﺑﻪ ﺃﻓﻀﻞ. ﻓﺈﻥ ﻋﺠﺰ ﻋﻦ ﻏﺴﻠﻬﺎ ﺗﻴﻤﻢ ﺑﻨﻴﺔ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻟﻬﺎ.
pertama; mandi ketika akan mnghadiri jum'at, waktunya dimulai dr terbitnya fajar yg kedua, adapun yg utama adalah ketika akan berangkat.
adapun bagi orang yg tidak memungkinkan utk mandi maka boleh brtayamum.
(ﻭ) ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ (ﺗﻨﻈﻴﻒ ﺍﻟﺠﺴﺪ) ﺑﺈﺯﺍﻟﺔ ﺍﻟﺮﻳﺢ ﺍﻟﻜﺮﻳﻪ ﻣﻨﻪ ﻛﺼﻨﺎﻥ, ﻓﻴﺘﻌﺎﻃﻰ ﻣﺎ ﻳﺰﻳﻠﻪ ﻣﻦ ﻣﺮﺗﻚ ﻭﻧﺤﻮﻩ.
kedua, mmbersihkn jasad dengan menghilangkn bau yang tidak sedap
(ﻭ) ﺍﻟﺜﺎﻟﺚ (ﻟﺒﺲ ﺍﻟﺜﻴﺎﺏ ﺍﻟﺒﻴﺾ), ﻓﺈﻧﻬﺎ ﺃﻓﻀﻞ ﺍﻟﺜﻴﺎﺏ.
ketiga, mengenakan pakaian putih yang merupakan pakaian yg utama.
(ﻭ) ﺍﻟﺮﺍﺑﻊ (ﺃﺧﺬ ﺍﻟﻈﻔﺮ) ﺇﻥ ﻃﺎﻝ, ﻭﺍﻟﺸﻌﺮ ﻛﺬﻟﻚ, ﻓﻴﻨﺘﻒ ﺇﺑﻄﻪ ﻭﻳﻘﺺ ﺷﺎﺭﺑﻪ, ﻭﻳﺤﻠﻖ ﻋﺎﻧﺘﻪ, (ﻭﺍﻟﺘﻄﻴﺐ)
ﺑﺄﺣﺴﻦ ﻣﺎ ﻭﺟﺪ ﻣﻨﻪ.
keempat, memotong kuku dan rambut ketika sdah panjang, dan berwangi2an
(ﻭﻳﺴﺘﺤﺐ ﺍﻟﺈﻧﺼﺎﺕ) ﻭﻫﻮ ﺍﻟﺴﻜﻮﺕ ﻣﻊ ﺍﻟﺈﺻﻐﺎﺀ (ﻓﻲ ﻭﻗﺖ ﺍﻟﺨﻄﺒﺔ). ﻭﻳﺴﺘﺜﻨﻰ ﻣﻦ ﺍﻟﺈﻧﺼﺎﺕ ﺃﻣﻮﺭ ﻣﺬﻛﻮﺭﺓ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻄﻮﻟﺎﺕ. ﻣﻨﻬﺎ ﺇﻧﺬﺍﺭ ﺃﻋﻤﻰ ﺃﻥ ﻳﻘﻊ ﻓﻲ ﺑﺌﺮ, ﻭﻣﻦ ﺩﺏ ﺇﻟﻴﻪ ﻋﻘﺮﺏ ﻣﺜﻠﺎ.
dan disunahkan diam mmperhatikan khutbah ktika khutbah brlngsung kecuali bagi orang buta yg takut akan jatuh kesumur dan orang yg takut pd binatang
(ﻭﻣﻦ ﺩﺧﻞ) ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ (ﻭﺍﻟﺈﻣﺎﻡ ﻳﺨﻄﺐ ﺻﻠﻰ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﺧﻔﻴﻔﺘﻴﻦ ﺛﻢ ﻳﺠﻠﺲ). ﻭﺗﻌﺒﻴﺮ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﺏ «ﺩﺧﻞ» ﻳﻔﻬﻢ ﺃﻥ ﺍﻟﺤﺎﺿﺮ ﻟﺎ ﻳﻨﺸﺊ ﺻﻠﺎﺓ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ, ﺳﻮﺍﺀ ﺻﻠﻰ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﺃﻡ ﻟﺎ. ﻭﻟﺎ ﻳﻈﻬﺮ ﻣﻦ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻤﻔﻬﻮﻡ ﺃﻥ ﻓﻌﻠﻬﻤﺎ ﺣﺮﺍﻡ ﺃﻭ ﻣﻜﺮﻭﻩ, ﻟﻜﻦ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﻓﻲ ﺍﻟﺸﺮﺡ ﺍﻟﻤﻬﺬﺏ ﺻﺮﺡ ﺑﺎﻟﺤﺮﻣﺔ, ﻭﻧﻘﻞ ﺍﻟﺈﺟﻤﺎﻉ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﺎﻭﺭﺩﻱ.
bagi orang yg masuk masjid ketika khutbah berlangsung, ada yang membolehkan sholat dua rekaat tp dg khofifah (sebentar) kemudian duduk mndengarkn khutbah
Demikian materi kita pada hari ini, dari saya cukup sekian, pastinya banyak ksalahan mohon utk dimaafkan...
Trimakasih. .
Comments
Post a Comment