Syawir "Hukum Sholawat dengan Berjoget (dangdutan)
Soal :
Assalamualaikum...
Ada orang punya hajatan nanggap pencak silat yg sertai dangdutan dan biasanya acara dimulai dengan pembacaan sholawat. Bacaan sholawat itu untuk memeriahkan adekan pencak silat yg disertai dangdutan dan pertanda adekan sd dimulai.
Bagaimana hukum bacaan sholawat tersebut?
Bagaimana hukum bacaan sholawat tersebut?
Hasil Syawir:
wa'alaikumussalam warohmatulloh,
Secara substansial shalawat adalah permohonan doa kepada Allah SWT. atas keselamatan dan penghormatan kepada rasulnya Muhammad SAW., tentunya bernilai pahala yang begitu besar bagi pembacanya, di samping itu dengan membacanya akan semakin membekaslah rasa hormat, cinta dan simpatik kepada Rasulullah SAW., dalam pepatah jawa kita mengenal "Witing tresno jalaran soko kulino", dalam hadits juga disebutkan "Seseorang yang terpikat dengan suatu hal, niscaya akan sering menyebutnya". (HR. Ibn Majah; al-Jami' al-Shaghir, juz 2, hal. 160; Daar al-Fikr).
wa'alaikumussalam warohmatulloh,
Secara substansial shalawat adalah permohonan doa kepada Allah SWT. atas keselamatan dan penghormatan kepada rasulnya Muhammad SAW., tentunya bernilai pahala yang begitu besar bagi pembacanya, di samping itu dengan membacanya akan semakin membekaslah rasa hormat, cinta dan simpatik kepada Rasulullah SAW., dalam pepatah jawa kita mengenal "Witing tresno jalaran soko kulino", dalam hadits juga disebutkan "Seseorang yang terpikat dengan suatu hal, niscaya akan sering menyebutnya". (HR. Ibn Majah; al-Jami' al-Shaghir, juz 2, hal. 160; Daar al-Fikr).
Pahala yang didapat tidak tanggung-tanggung, Rasulullah memberi semacam jaminan bagi pembacanya, di antaranya adalah hadits yang diriwayatkan oleh al-Daruquthniy dari Abu Hurairah "Bershalawat kepadaku akan memberikan cahaya kelak di atas al-Shirath (Jembatan yang terbentang di atas Neraka menuju Surga), maka orang yang bershalawat kepadaku di hari Jum'at delapan puluh kali akan diampuni dosanya selama delapan puluh tahun".
(al-Jami' al-Shaghir, juz 1 hal. 151)
(al-Jami' al-Shaghir, juz 1 hal. 151)
Hukum Shalawat pada dasarnya wajib, namun dalam realisasinya masih terjadi perbedaan pendapat yang terklasifikasi sebagai berikut :
- Menurut Imam Malik, kewajibannya hanya sekali seumur hidup.
- Menurut Imam al-Syafi'iy, hanya wajib dalam tasyahhud akhir di dalam shalat.
Selain dari kedua pendapat tersebut, ada beberapa pendapat lain di antaranya :
- Wajib dibaca sekali dalam setiap perkumpulan (Majelis).
- Hanya wajib ketika mendengar sebutan nama Rasulullah.
- Wajib memperbanyak membacanya tanpa dibatasi dengan bilangan. (Hasyiyah al-Shawiy 'Ala al-Jalalaini, juz 3, hal. 287; Toha Putra)
Pergeseran budaya dari masa ke masa dalam dunia seni, khususnya seni musik yang memuat seni olah suara yg diantaranya adalah shalawat juga terobsesi untuk mendendangkannya dengan lirik nada nan indah dengan iringan musik dan tak jarang dengan goyangan yang aduhai, Fenomena ini akhirnya mempertanyakan kevalidannya, mengingat terdapat percampuran antara perkara yang haram dan yang jawaz. Kalau kita lihat sekilas, masalah ini akan terselesaikan dengan Qoidah
اذا إجتمع الحلال والحرام غلب الحرام
"Ketika berkumpul antara halal dan haram maka yang dimenangkan adalah yang haram"
Kerangka permasalahan serupa juga dapat kita temukan pada kasus seseorang yang mengerjakan shalat dengan mengenakan barang ghashab-an. Pada konteks ini di antara ulama juga masih terjadi perbedaan pendapat, menurut pendapat al-Ashah pahala shalat telah sirna. Sedangkan menurut Muqabil al-Ashah pahalanya masih ada, keharaman hanya dari sudut ghashabnya saja. Perbedaan pendapat ini terjadi, tak lebih disebabkan sudut pandang penilaian yang berbeda antara keduanya. al-Ashah menganggap pahala tersebut hilang karena faktor sangsi akibat perbuatan haram yang dilakukan. Tinjauan dari Muqabil al-Ashah lebih menitik beratkan pada sisi ibadah yang secara asal mendatangkan pahala. Walaupun dari sisi sesuatu yang haram tetap mendapat sangsi (dosa), namun hal ini tidak sampai melenyapkan balasan pahala atau paling tidak menghilangkan sebagian pahalanya saja. (ghoyah al wushul). Begitu juga berangkat dr Qoul Imam al-Ramliy dan al-Zarkasyiy yang menggunakan metode analogi (qiyas). Mereka mengungkapkan bahwa keharamannya hanya berlaku terhadap alat-alat musiknya saja, berarti bisa kita analogikan kedalam jogetnya, tidak pada perbuatan mendendangkannya (dalam hal ini sholawatnya).
Dari uraian tersebut kita tarik kesimpulan bahwa;
- Membaca sholawat dengan jogetan dll yg trdapat kemungkaran maka khilaf
- Haram dalam artian baca.an shalawatnya tidak mndapat pahala di karnakan diiringi sesuatu yg mungkar
- Shalawatnya tetap sunnah dan kemungkaran yg mengiringinya ttp haram.*
Namun bila mengikuti alur dari pendapat Imam al-Ramliy dan al-Zarkasyiy maka akan didapati kepastian bahwa *pahala dari membaca shalawat sekalipun dipadu dengan joget yang keharamannya sudah jelas, pahalanya masih tetap ada/didapat.* Pernyataan seperti ini, tidaklah berlebihan karena shalawat memang memiliki fadhilah (keutamaan/keistimewaan) yang begitu besar, sehingga pahalanya tak akan sirna walau disertai perkara yang dilarang syara'.
Ibarot:
الأشباه والنظائر ـ للإمام تاج الدين السبكى [1 /401]
"ما اجتمع الحلال والحرام إلا غلب الحرام"1.
وهذا رواه جابر الجعفي "حديثا" -وجابر ضعيف- عن الشعبي عن ابن مسعود ، وهو منقطع -قاله البيهقي- والأمر كما قال : وعورض -أيضا- بما رواه ابن ماجة والدارقطني من حديث ابن عمر "لا يحرم الحرام الحلال".
وليس بمعارض ؛ *لأن المحكوم به -في الأول- إعطاء الحلال حكم الحرام تغليبا واحتياطا ، ولا صيرورته -في نفسه- حراما*
وهذا رواه جابر الجعفي "حديثا" -وجابر ضعيف- عن الشعبي عن ابن مسعود ، وهو منقطع -قاله البيهقي- والأمر كما قال : وعورض -أيضا- بما رواه ابن ماجة والدارقطني من حديث ابن عمر "لا يحرم الحرام الحلال".
وليس بمعارض ؛ *لأن المحكوم به -في الأول- إعطاء الحلال حكم الحرام تغليبا واحتياطا ، ولا صيرورته -في نفسه- حراما*
حاشية الجمل على المنهج ج 5 ص 380 | دار الفكر
(كَغِنَاءٍ) بِكَسْرِ الْغَيْنِ وَالْمَدِّ (بِلَا آلَةٍ وَاسْتِمَاعِهِ) فَإِنَّهُمَا مَكْرُوهَانِ لِمَا فِيهِمَا مِنْ اللَّهْوِ، أَمَّا مَعَ الْآلَةِ فَمُحَرَّمَانِ، وَتَعْبِيرِي بِالِاسْتِمَاعِ هُنَا وَفِيمَا يَأْتِي أَوْلَى مِنْ تَعْبِيرِهِ بِالسَّمَاعِ. (قَوْلُهُ: فَإِنَّهُمَا مَكْرُوهَانِ) أَيْ وَلَوْ مِنْ أَجْنَبِيَّةٍ أَوْ أَمْرَدَ إلا إنْ خَافَ فِتْنَةً أَوْ نَظَرًا مُحَرَّمًا وَإِلا حَرُمَ، وَلَيْسَ مِنْ الْغِنَاءِ مَا اُعْتِيدَ عِنْدَ مُحَاوَلَةِ عَمَلٍ وَحَمْلِ ثَقِيلٍ كَحَدْوِ الْأَعْرَابِ لِإِبِلِهِمْ وَغِنَاءِ النِّسَاءٍ لِتَسْكِيتِ صِغَارِهِمْ فَلَا شَكَّ فِي جَوَازِه،ِ قَالَ الْغَزَالِيُّ الْغِنَاءُ إنْ قُصِدَ بِهِ تَرْوِيحُ الْقَلْبِ لِيُقَوِّيَ عَلَى الطَّاعَةِ فَهُوَ طَاعَةٌ أَوْ عَلَى الْمَعْصِيَةِ فَهُوَ مَعْصِيَةٌ أَوْ لَمْ يُقْصَدْ بِهِ شَيْءٌ فَهُوَ لَهْوٌ مَعْفُوٌّ عَنْهُ ا هـ ح ل (قَوْلُهُ أَمَّا مَعَ الْآلَةِ فَمُحَرَّمَانِ)، وَهَذَا مَا مَشَى عَلَيْهِ الشَّارِحُ، وَاَلَّذِي مَشَى عَلَيْهِ م ر فِي شَرْحِهِ أَنَّ الْغِنَاءَ مَكْرُوهٌ عَلَى مَا هُوَ عَلَيْهِ وَالْآلَةَ مُحَرَّمَةٌ، *وَعِبَارَتُهُ وَمَتَى اقْتَرَنَ بِالْغِنَاءِ آلَةٌ مُحَرَّمَةٌ فَالْقِيَاسُ كَمَا قَالَهُ الزَّرْكَشِيُّ تَحْرِيمُ الْآلَةِ فَقَطْ وَبَقَاءُ الْغِنَاءِ عَلَى الْكَرَاهَةِ، انْتَهَت* ْ. إهـ
غاية الوصول ص 383
(و) الأصح (أنه) أي فاعلها على القول بصحتها (لا يثاب) عليها عقوبة له عليها من جهة الغصب، وقيل يثاب عليها من جهة الصلاة وإن عوقب من جهة الغصب فقد يعاقب بغير حرمان الثوب أو بحرمان بعضه. إهـ
الموسوعة اليوسفية ليوسف خطار ~ صـ 138
وكل ما ذكرناه سابقا من الوجوه في مشروعية المولد إنما هو في المولد الذي خلا من المنكرات المذمومة التي يجب الإنكار عليها أما إذا اشتمل المولد على شيء مما يجب الإنكار عليه كاختلاط الرجال بالنساء وارتكاب المحرمات وكثرة الإسراف مما لا يرضى به صاحب المولد الشريف صلى الله عليه وآله وسلم فهذا لا شك في تحريمه ومنعه لما اشتمل عليه من المحرمات *لكن تحريمه حينئذ يكون عارضيا لا ذاتيا* كما لا يخفى على من تامل ذلك
عمدة المفتى والمستفتى ج 1 ص 119
**الامور المستحبة لايمنع منها اذا اقترنت بها مفسدة وانما يمنع من تلك المفسدة كما لو وقع اختلاط النساء بالرجال في الطواف*, فالطواف باق على مشروعيته وانما يؤمر الطائف بالبعد عنهن وغض الطرف بحيث يسلم من المفسدة.
?????? ( من اين )
(والرقص ) بلا تكسر ( مباح ) لخبر الصحيحين { أنه صلى الله عليه وسلم وقف لعائشة يسترها حتى تنظر إلى الحبشة وهم يلعبون ويزفنون والزفن الرقص } لأنه مجرد حركات على استقامة أو اعوجاج وعلى الإباحة التي صرح بها المصنف الفوراني والغزالي في وسيطه وهي مقتضى كلام غيرهما وقال القفال بالكراهة وعبارة الأصل محتملة لها حيث قال والرقص ليس بحرام ( وبالتكسر حرام ولو من النساء ) لأنه يشبه أفعال المخنثين
سعادة الدارين : ص : ٣٤
و قال العلامة الشيخ شهاب الدين القليوبي الشافعي في مقدمة صلواته بعد ذكره عدة احاديث في فضل الصلاة على النبي صلى الله عليه و سلم و فوائدها و بالجملة و التفصيل فهي أسهل الطاعات وأقربها إلى الملك الجليل وهي مقبولة من كل واحد في كل حالة و من المخلص فيها و كذا من المرائي بها على الأقوال.
كفاية الإتقياء : ص : ٤٨
*وأن جميع الأعمال منها المقبول و منها المردود الا الصلاة على النبي صلى الله عليه و سلم فإنها مقطوع بقبولها إكراما له صلى الله عليه و سلم* و حكى اتفاق العلماء على ذلك.
ﺑﻬﺠﺔ ﺍﻟﻮﺳﺎﺋﻞ 3
ﻭﻗﻮﻟﻪ ﻭﻗﻄﻊ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﺸﺎﻃﺒﻲ ﻭﺍﻟﺴﻨﻮﺳﻲ ﺑﺤﺼﻮﻝ ﺍﻟﺜﻮﺍﺏ ﻟﻠﻤﺼﻠﻲ ﻭﻟﻮ ﻗﺼﺪ ﺍﻟﺮﻳﺎﺀ ﻭﻟﻜﻦ ﺣﻘﻘﻪ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺍﻻﻣﻴﺮ ﺃﻥ ﻟﻬﺎ ﺟﻬﺘﻴﻦ ﻓﻤﻦ ﺟﻬﺔ ﺍﻟﻘﺪﺭ ﺍﻟﻮﺍﺻﻞ ﻟﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻬﺬﺍ ﻻﺷﻚ ﻓﻲ ﺣﺼﻮﻟﻪ ﻭﻣﻦ ﺟﻬﺔ ﺍﻟﻮﺍﺻﻞ ﻟﻠﻤﺼﻠﻲ ﻓﻜﻴﻔﻴﺔ ﺍﻷﻋﻤﺎﻝ ﻻﺛﻮﺍﺏ ﺇﻻ ﻳﺎﻻﺧﻼﺹ ﻟﻌﻤﻮﻡ ﻃﻠﺐ ﺍﻹﺧﻼﺹ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻋﺒﺎﺩﺓ ﻭﺫﻡ ﺻﺪﺓ ﻓﻲ ﺍﻟﻜﻞ ﺃﻳﻀﺎ
Wallohu A'lam
Comments
Post a Comment