Syawir "Cara Wudhu dengan Air yang Tidak Ada Dua Qulah"

 Assalaamu'alaikum Wr.Wb
Pertanyaan:
Bagaimana cara wuzdu dgn air yg tdk ada dua qulah selain cara di pancorke ?

Jawaban:
Wa'alaikum Salam Wr.Wb

Dalam wudlu, air yang digunakan haruslah air mutlak (suci dan mensucikan), dan tidak sah menggunakan air musta'mal. Sehingga, ketika kita wudlunya dengan menggunakan air yang kurang dari dua Qullah misal air dalam ember, maka harus hati-hati dan tahu tata caranya sehingga air yang ada di ember tidak menjadi musta'mal.
Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan ketika wudhu dengan menggunakan air yang kurang 2 kulah:
  1. Sebaiknya saat pengambilan air dari ember menggunakan alat bantu semisal gayung, hal ini dilakukan agar air sedikit yang berada dalam ember tidak berubah hukumnya menjadi air musta’mal sehingga tidak dapat digunakan untuk wudhu.
  2. Kalaupun harus menggunakan kedua telapak tangan ketika mengambil air, maka ketika memasukkan tangan k embernya diniati mengambil air dalam rangka untuk pembasuhan anggota wudlu. Kenapa harus demikian? karena ketika tidak diniati seperti itu dan hanya sebatas mengambil air saja, secara otomatis saat tangan dimasukkan ke dalam ember dan d gunakan tuk membasuh wajah, maka air yg menempel pada tangan/ yg menetes itu d hukumi musta'mal. alhasil ketika mengambil air lagi untuk basuhan berikutnya, sudah barang tentu air musta'mal mencampuri kondisi air suci yg ad pada ember. 
Kalau sudah demikian, ya harus cari air lagi untuk meneruskan pembasuhan anggota wudlu yang lain. Sebab ketentuan dalam madzhab syafi’i air musta'mal tidak bisa digunakan untuk menghilangkan hadats.

Nb : Sebelum nyawuk dg tangan,   hilangkan dulu najis yang ada disebatas daerah pergelangan tangan yg untuk nyawuk
Karena secara ketentuan dlm syafi'iyyah air kurang 2 qulah kejatuhan/kemasukan najis maka mnjadi mutanajis dan tdak bisa untuk sesuci..  Kecuali ada 2 qulah

Ibaroh
إعانة الطالبين ج ١ ص37
واعلم أن شروط الاستعمال أربعة، تعلم من كلامه: قلة الماء واستعماله فيما لا بد منه، وأن ينفصل عن العضو، وعدم نية الاغتراف في محلها وهو في الغسل بعد نيته، وعند مماسة الماء لشئ من بدنه. فلو نوى الغسل من الجنابة ثم وضع كفه في ماء قليل ولم ينو الاغتراف صار مستعملا. وفي الوضوء بعد غسل الوجه وعند إرادة غسل اليدين، فلو لم ينو الاغتراف حينئذ صار الماء مستعملا
التقريرات السديدة قسم العبادات ص 59-60
شروط الماء المستعمل أربعة:
1. أن يكون قليلا، أى دون القلتين.
2. أن يستعمل فيما لابد منه، أى : فرض الطهارة، رفع الحدث، أو إزالة النجاسة.
3. أن ينفصل عن العضو، فما دام مترددا على العضو فلايسمى مستعملا.
4. أن لاينوي الاغتراف، فإذا نوى الاغتراف لم يكن الماء الباقي مستعملا.
   ^ نية الاغتراف: هي أن ينوي المتوضئ نية الاغتراف بعد غسل الوجه، قبل أن يدخل يديه فى الإناءليغسلهما خارجه، فإذا لم ينو الاغتراف صار الماء مستعملا. وفى حكم نية الاغتراف خلاف بين العلماء. 

Wallohu A'lam

Comments

Popular posts from this blog

Syawir "Hukum Sholawat dengan Berjoget (dangdutan)

Kajian Qowaidh al fiqh ( Kitab al Asybah wa an Nadzoir) "Hal yang Berhubungan dengan Niat"

Syawir "Hukum Sholawat saat Memandikan Jenazah"