Kajian Qowaidh al Fiqh (Asybah wa an Nadloir) "Pergelutan antara 'Urf dan Syara'"

 إلى حضرة النبي المصطفى محمّد صلى الله عليه وسلم وعلى اله وأصحابه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتذتنا وآبائنا والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات خصوصا الى روح الإمام جلال الدين عبد الرحمن بن أبى بكر بن خضر بن نجم الدين ابن صلاح أيوب بن ناصر الدين محمد بن الشيخ همام الدين الهمام الخضيرى السيوطى   الفاتحة....
*Nama kitab : Asybah wan Nadzoir
*pengarang: imam jalaludin assuyuthi
*refrensi tambahan: buku formulasi nalar fiqih 
قال المصنف رحمه الله تعالى ونفعنا به وبعلومه فى الدارين، أمين.
materi kita pada hari ini sampai pada 
 فصل فى تعارض العرف مع الشرع
 pergelutan antara 'urf dg syara
هو نوعان 
أحدهما ان لايتعلق بالشرع حكم فيقدم عليه عرف الاستعمال
 pmbhsan ini diklmpokkan mnjdi dua👇👇
1. pertentangan antara teks syariat dg bahasa sehari2 msyarkat, sementara muatan drpd teks syariat sama sekali tidak bersenggolan dg hukum. maka jika sprti ini 'urf lbih d dahulukan... kamsudnya yg didahulukan adalah bahasa keseharian, drpd teks syariat.,
 contoh
[فلو حلف لايأكل لحما 
kasus, smisal ad orang bersumpah tidak akan makan daging
 لم يحنث بالسمك
maka ktika dia memakan ikan (ikan air), dia tdak trbilang orang yg melanggar sumpahnya...
 وإن سماه الله لحما
walaupun Alloh swt dalam Al qur.an mnyebut ikan dg sebutan Lahm
وهو الذي سخر البحر لتأكلوا منه لحما طريا(النحل 14)
Dialah (Allah) Dzat yang telah menundukkan lautan, agar kalian semua dapat memakan daging ikan yang lezat darinya.
 penyebutan kata lahm dalam Al- qur.an diatas sama sekali tidak meyinggung dengan hukum atau beban syariat kpd sseorang... akhirnya, krena tk brhubungan dg syariat, maka adat bahasa yg berlaku lbih d dhulukan,
alhasil kasus orang yg makan ikan pdhal dia bersumpah tidak akan memakan daging, bukan trmasuk orng yg melanggar sumpahnya. karena daging pada lumrahnya d arahkan arti ke 
من جسم الحيوان والطير: العضلى الرخو بين الجلد والعظم
(معجم الوسيط)
ikan tidak termasuk 😊

2. pertentangan antara bahasa sehari2  ('urf) dengan kata yg trdpat dlam Al-Qur'an maupun hadist yg ada kaitannya dg hukum syara'.  😊
والثانى ان يتعلق به حكم
فيقدم على عرف الاستعمال
maka yg dimenangkan adalah kandungan makna nash nya drpd 'urf bhasa kseharian
contoh, 
فلو حلف لايصلى 
ktika ad kasus😊 orang bersumpah tidak akan mlakukan sholat,
لم يحنث الابذات الركوع والسجود
maka dia dikatakan melanggar sumpahnya ktika melakukan sholat yg didalamnya trdpt ruku' dan sujud.. Brrti ktika dia sholat tp tak ada rukuk dan sujud sprti sholat jenazah,  maka dia bukan trgolong orang yg melanggar sumpah.
lantas mana bahasa syara' yg katanya lbh d prioritaskan drpd bahasa keseharian ?
sholat 👇
أقوال وأفعال مفتتحة بالتكبير ومختتمة بالتسليم غالبا
(التقريرات السديدة 179)
af'al (perbuatan) mncakup sujud, rukuk, dsb..sdngkan bahsa sehari2 kita, sholat diartikan sbgai bntuk ibadah umat muslim kpd Robbnya..entah itu sholat yg ada rukuk, sujudnya, atau tidak...
maka bahasa nash/ syara' mngartikan sholat sbgai وأقوال وأفعال ....الخ ini lbh d pakai, drpd bahasa keseharian kita yg mngrtikan sholat sbgai bntuk ibadah entah  trdpt rukuk sujud atau tidak d dalamnya., 😊
contoh berikutnya
لايصوم 
Orang yang bersumpah tdk akan berpuasa
لم يحنث بمطلق الإمساك
dia tdak anggap melanggar janjinya ktika dia hanya menahan saja.. (ntah menahan makan/minum atau puasa tarku ruh/ menahan dari memakan makanan yg mengandung "ruh", atau puasa ngrowot/ menahan dari memakan nasi, dsb). karena scr 'urf puasa diartikan menahan/ imsak..itu berarti segala bntuk menahan it dsebut dg puasa..
ini👆 arti secara urf.
sdngkan arti scr syara'
adlah menahan dr hal2 yg mmbtlkan puasa mulai dr trbit fajar sampai tenggelamnya mtahari dg niat scr khusus. oleh karenanya, ini brhubungan dg hukum.. maka yg dianggap adlh keterangan dr syara', bukan 'urf..
skdr tmbhan

      قوله (غالبا) : خرج به أنه قد تكون الصلاة كالتالى :

  1.  أقوالا   لا أفعالا، كصلاة الجنازة، وصلاة المربوط، والمريض يجري أركان الصلاة على قلبه
  2. افعالا  لا اقوالا   كصلاة الأخرس
  3. لاأفعالا  ولاأقوالا  كصلاة الأخرس المربوط
kemudian Mbah Yai Mushonnef (imam Al- Suyuthi) Dawuhan, 👇
 ولو كان اللفظ يقتضى العموم
ktika ad prtntngan antra istilah yg sudah umum dan mengarah pada makna umum juga,
 والشرع يقتضى التخصيص
sedang teks syar'i punya kecenderungan makna khusus,
اعتبر خصوص الشرع فى الأصح
maka yg lbh d utmakan/ didahulukan mnrut imam Al-Suyuthi adalh sifat khusus yg trdpt dlam syara', 😊
sperti  kasus 👇
لو حلف لايأكل لحما لم يحنث بالميتة
ssorang yg bersumpah tdk akan makan daging, maka ktika dia makan bangkai dia tdak trglong orang yg melanggar sumpahnya. karena makna daging yg bredar itu umum, yaitu entah ma'kul (dpt dimakan) ataupun tidak,, inilah yg dimksud يقتضى العموم
sdngkan syara' mengartikan lahm / daging lbh khusus, drpd makna keseharian masyarakat.. yaitu untuk yg boleh dimakan,ini yg dimksud  والشرع يقتضى التخصيص
Maka dr itu, muatan khusus yg d kehendaki syara' , itu d kedepankan..drpd makna yg beredar d halayak umum 😊
sekian, yg dpat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf yg sebesar2nya

Comments

Popular posts from this blog

Syawir "Hukum Sholawat dengan Berjoget (dangdutan)

Kajian Qowaidh al fiqh ( Kitab al Asybah wa an Nadzoir) "Hal yang Berhubungan dengan Niat"

Syawir "Hukum Sholawat saat Memandikan Jenazah"