Kajian Matan Taqrib "Kesunahan Haji-Pakaian Ihram"
Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh...selamat siang saudara2ku seperjuangan, salam sejahtera semoga kita senantiasa Bahagia Didunia dan Akhirat. . . Sehubungan dengan hari ini jadwal saya updt materi, tp baru luang waktunya jadi saya mhon sdikit waktu untuk updt mteri trlbih dhulu,.. Mf sebelumnya, mhon maklum😁Mari kita mulai kajian kita pada hari ini dg bacaan basmalah...
بسم اللّٰه الرّحمٰن الرّحيم
lanjut tawasul
إلى حضرة النبي المصطفى سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم وعلى آله وصحبه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتيذنا ومعلمينا وأبآءنا وأمهاتنا وذوى الحقوق علينا وإلى جميع المصنفين والمؤلفين خصوصا الى الشيخ القاضي أبو شجاع أحمد بن الحسين بن أحمد الأصفهاني رحمه الله تعالى رحمة الأبرار ونفعنا به وبعلومه فى الدارين. امين
واخص خصوصا الى شيخناالمغفور له الشيخ نجم الدين البنداوي و جميع اهل بيته
وخصوصا الى جميع اخواننا الكرام في هذه المجموعة الذين ينتشرون علومهم
لهم الفاتحة...
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ.
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ. اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ. ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ. ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ. اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ. ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ الضآﻟﻴﻦ.
آمين . . .
Alhamdulillah, materi kita kemarin telah sampai pada pembahasan haji namun belum terselesaikan, insya Alloh akan saya selesaikan sekarang...Langsung saja, dalam kitab matan taqrib mbah Abu syuja' dawuh sebagai berikut 👇
ﻭﺳﻨﻦ ﺍﻟﺤﺞ ﺳﺒﻊ ﺍﻟﺈﻓﺮﺍﺩ ﻭﻫﻮ ﺗﻘﺪﻳﻢ ﺍﻟﺤﺞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻌﻤﺮﺓ ﻭﺍﻟﺘﻠﺒﻴﺔ ﻭﻃﻮﺍﻑ ﺍﻟﻘﺪﻭﻡ ﻭﺍﻟﻤﺒﻴﺖ ﺑﻤﺰﺩﻟﻔﺔ ﻭﺭﻛﻌﺘﺎ ﺍﻟﻄﻮﺍﻑ ﻭﺍﻟﻤﺒﻴﺖ ﺑﻤﻨﻰ ﻭﻃﻮﺍﻑ ﺍﻟﻮﺩﺍﻉ ﻭﻳﺘﺠﺮﺩ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﺈﺣﺮﺍﻡ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺨﻴﻂ ﻭﻳﻠﺒﺲ ﺇﺯﺍﺭﺍ ﻭﺭﺩﺍﺀ ﺃﺑﻴﻀﻴﻦ.
Demikian dawuh mbah Abu Syuja' dalam kitab matan, adapun dalam syarahnya yakni kitab fathul qorib mbah qoshim menjelaskan dawuhan mbah abu syuja' dengan dawuhnya sebagai berikut 👇👇
💞ﺳﻨﻦ ﺍﻟﺤﺞ💞
(ﻭﺳﻨﻦ ﺍﻟﺤﺞ ﺳﺒﻊ): ﺃﺣﺪﻫﺎ (ﺍﻟﺈﻓﺮﺍﺩ, ﻭﻫﻮ ﺗﻘﺪﻳﻢ ﺍﻟﺤﺞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻌﻤﺮﺓ), ﺑﺄﻥ ﻳﺤﺮﻡ ﺃﻭﻟﺎ ﺑﺎﻟﺤﺞ ﻣﻦ ﻣﻴﻘﺎﺗﻪ ﻭﻳﻔﺮﻍ ﻣﻨﻪ, ﺛﻢ ﻳﺨﺮﺝ ﻋﻦ ﻣﻜﺔ ﺇﻟﻰ ﺃﺩﻧﻰ ﺍﻟﺤﻞ ﻓﻴﺤﺮﻡ ﺑﺎﻟﻌﻤﺮﺓ, ﻭﻳﺄﺗﻲ ﺑﻌﻤﻠﻬﺎ; ﻭﻟﻮ ﻋﻜﺲ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻣﻔﺮﺩﺍ.
(ﻭ) ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ (ﺍﻟﺘﻠﺒﻴﺔ), ﻭﻳﺴﻦ ﺍﻟﺈﻛﺜﺎﺭ ﻣﻨﻬﺎ ﻓﻲ ﺩﻭﺍﻡ ﺍﻟﺈﺣﺮﺍﻡ. ﻭﻳﺮﻓﻊ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﺻﻮﺗﻪ ﺑﻬﺎ. ﻭﻟﻔﻈﻬﺎ: «ﻟﺒﻴﻚ ﺍﻟﻠﻬﻢ ﻟﺒﻴﻚ, ﻟﺒﻴﻚ ﻟﺎ ﺷﺮﻳﻚ ﻟﻚ ﻟﺒﻴﻚ, ﺇﻥ ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻭﺍﻟﻨﻌﻤﺔ ﻟﻚ ﻭﺍﻟﻤﻠﻚ, ﻟﺎ ﺷﺮﻳﻚ ﻟﻚ». ﻭﺇﺫﺍ ﻓﺮﻍ ﻣﻦ ﺍﻟﺘﻠﺒﻴﺔ ﺻﻠﻰ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﺒﻲ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻭﺳﺄﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻭﺭﺿﻮﺍﻧﻪ ﻭﺍﺳﺘﻌﺎﺫ ﺑﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺭ. (ﻭ) ﺍﻟﺜﺎﻟﺚ (ﻃﻮﺍﻑ ﺍﻟﻘﺪﻭﻡ). ﻭﻳﺨﺘﺺ ﺑﺤﺎﺝ ﺩﺧﻞ ﻣﻜﺔ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻮﻗﻮﻑ ﺑﻌﺮﻓﺔ. ﻭﺍﻟﻤﻌﺘﻤﺮ ﺇﺫﺍ ﻃﺎﻑ ﺍﻟﻌﻤﺮﺓ ﺃﺟﺰﺃﻩ ﻋﻦ ﻃﻮﺍﻑ ﺍﻟﻘﺪﻭﻡ. (ﻭ) ﺍﻟﺮﺍﺑﻊ (ﺍﻟﻤﺒﻴﺖ ﺑﻤﺰﺩﻟﻔﺔ). ﻭﻋﺪﻩ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻨﻦ ﻫﻮ ﻣﺎ ﻳﻘﺘﻀﻴﻪ ﻛﻠﺎﻡ ﺍﻟﺮﺍﻓﻌﻲ, ﻟﻜﻦ ﺍﻟﺬﻱ ﻓﻲ ﺯﻳﺎﺩﺓ ﺍﻟﺮﻭﺿﺔ ﻭﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻬﺬﺏ ﺃﻥ ﺍﻟﻤﺒﻴﺖ ﺑﻤﺰﺩﻟﻔﺔ ﻭﺍﺟﺐ. (ﻭ) ﺍﻟﺨﺎﻣﺲ (ﺭﻛﻌﺘﺎ ﺍﻟﻄﻮﺍﻑ) ﺑﻌﺪ ﺍﻟﻔﺮﺍﻍ ﻣﻨﻪ, ﻭﻳﺼﻠﻴﻬﻤﺎ ﺧﻠﻒ ﻣﻘﺎﻡ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻠﺎﺓ ﻭﺍﻟﺴﻠﺎﻡ; ﻭﻳﺴﺮ ﺑﺎﻟﻘﺮﺍﺀﺓ ﻓﻴﻬﻤﺎ ﻧﻬﺎﺭﺍ, ﻭﻳﺠﻬﺮ ﺑﻬﺎ ﻟﻴﻠﺎ. ﻭﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﺼﻠﻬﻤﺎ ﺧﻠﻒ ﺍﻟﻤﻘﺎﻡ ﻓﻔﻲ ﺍﻟﺤﺠﺮ, ﻭﺇﻟﺎ ﻓﻔﻲ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ, ﻭﺇﻟﺎ ﻓﻔﻲ ﺃﻱ ﻣﻮﺿﻊ ﺷﺎﺀ ﻣﻦ ﺍﻟﺤﺮﻡ ﻭﻏﻴﺮﻩ. (ﻭ) ﺍﻟﺴﺎﺩﺱ (ﺍﻟﻤﺒﻴﺖ ﺑﻤﻨﻰ). ﻫﺬﺍ ﻣﺎ ﺻﺤﺤﻪ ﺍﻟﺮﺍﻓﻌﻲ, ﻟﻜﻦ ﺻﺤﺢ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﻓﻲ ﺯﻳﺎﺩﺓ ﺍﻟﺮﻭﺿﺔ ﺍﻟﻮﺟﻮﺏ.
(ﻭ) ﺍﻟﺴﺎﺑﻊ (ﻃﻮﺍﻑ ﺍﻟﻮﺩﺍﻉ) ﻋﻨﺪ ﺇﺭﺍﺩﺓ ﺍﻟﺨﺮﻭﺝ ﻣﻦ ﻣﻜﺔ ﻟﺴﻔﺮ, ﺣﺎﺟﺎ ﻛﺎﻥ ﺃﻭ ﻟﺎ, ﻃﻮﻳﻠﺎ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﺴﻔﺮ ﺃﻭ ﻗﺼﻴﺮﺍ. ﻭﻣﺎ ﺫﻛﺮﻩ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﻣﻦ ﺳﻨﻴﺘﻪ ﻗﻮﻝ ﻣﺮﺟﻮﺡ, ﻟﻜﻦ ﺍﻟﺄﻇﻬﺮ ﻭﺟﻮﺑﻪ.
💞ﺍﻟﺈﺣﺮﺍﻡ💞
(ﻭﻳﺘﺠﺮﺩ ﺍﻟﺮﺟﻞ) ﺣﺘﻤﺎ - ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻬﺬﺏ - (ﻋﻨﺪ ﺍﻟﺈﺣﺮﺍﻡ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﺨﻴﻂ) ﻣﻦ ﺍﻟﺜﻴﺎﺏ ﻭﻋﻦ ﻣﻨﺴﻮﺟﻬﺎ ﻭﻋﻦ ﻣﻌﻘﻮﺩﻫﺎ ﻭﻋﻦ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﺜﻴﺎﺏ ﻣﻦ ﺧﻒ ﻭﻧﻌﻞ, (ﻭﻳﻠﺒﺲ ﺇﺯﺍﺭﺍ ﻭﺭﺩﺍﺀ ﺃﺑﻴﻀﻴﻦ) ﺟﺪﻳﺪﻳﻦ, ﻭﺇﻟﺎ ﻓﻨﻈﻴﻔﻴﻦ.
Adapun untuk keteranganya, kurang lebih sebagai berikut 👇👇
💞Kesunahan-Kesunahan Haji💞
Kesunahan-kesunahan haji ada tujuh.
( ﻭَﺳُﻨَﻦُ ﺍﻟْﺤَﺞِّ ﺳَﺒْﻊٌ )
Salah satunya adalah ifrad .
Yaitu mendahulukan pelaksanaan haji sebelum melaksanakan umrah.
ﺃَﺣَﺪُﻫَﺎ ( ﺍﻟْﺈِﻓْﺮَﺍﺩُ ﻭَﻫُﻮَ ﺗَﻘْﺪِﻳْﻢُ ﺍﻟْﺤَﺞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻌُﻤْﺮَﺓِ )
Dengan cara sbb, pertama ihram haji dari miqatnya, dan setelah selesai melaksanakan haji kemudian ia keluar dari Makkah menuju tanah halal terdekat lalu melakukan ihram umrah dan melaksanakan amal-amalnya.
ﺑِﺄَﻥْ ﻳُﺤْﺮِﻡَ ﺃَﻭَّﻟًﺎ ﺑِﺎﻟْﺤَﺞِّ ﻣِﻦْ ﻣِﻴْﻘَﺎﺗِﻪِ ﻭَﻳَﻔْﺮُﻍَ ﻣِﻨْﻪُ ﺛُﻢَّ ﻳَﺨْﺮُﺝَ ﻋَﻦْ ﻣَﻜَّﺔَ ﺇِﻟَﻰ ﺃَﺩْﻧَﻰ ﺍﻟْﺤِﻞِّ ﻓَﻴُﺤْﺮِﻡُ ﺑِﺎﻟْﻌُﻤْﺮَﺓِ ﻭَﻳَﺄْﺗِﻲْ ﺑِﻌَﻤَﻠِﻬَﺎ
Jika dibalik, maka dia bukan orang yang melakukan haji ifrad.
ﻭَﻟَﻮْ ﻋَﻜَﺲَ ﻟَﻢْ ﻳَﻜُﻦْ ﻣُﻔْﺮِﺩًﺍ
Yang kedua adalah membaca talbiyah . Disunnahkan memperbanyak membaca talbiyah selama menjalankan ihram.
( ﻭَ ) ﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻲَ ( ﺍﻟﺘَّﻠْﺒِﻴَّﺔُ ) ﻭَﻳُﺴَﻦُّ ﺍﻟْﺈِﻛْﺜَﺎﺭُ ﻣِﻨْﻬَﺎ ﻓِﻲْ ﺩَﻭَﺍﻡِ ﺍﻟْﺈِﺣْﺮَﺍﻡِ
Bagi laki-laki sunnah mengeraskan suara bacaan talbiyahnya.
ﻭَﻳَﺮْﻓَﻊُ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞُ ﺻَﻮْﺗَﻪُ ﺑِﻬَﺎ
Lafadz talbiyah adalah, “ya Allah aku penuhi panggilan-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji dan kenikmatan hanya milik-Mu Dan kerajaan. Tidak ada sekutu bagi-Mu.”
ﻭَﻟَﻔْﻈُﻬَﺎ ﻟَﺒّﻴْﻚَ ﺍﻟﻠﻬﻢ ﻟَﺒّﻴْﻚَ ﻟَﺒَﻴْﻚَ ﻟَﺎﺷَﺮِﻳْﻚَ ﻟَﻚَ ﻟَﺒَّﻴْﻚَ ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪَ ﻭَﺍﻟﻨِّﻌْﻤَﺔَ ﻟَﻚَ ﻭَﺍﻟْﻤُﻠْﻚَ ﻟَﺎﺷَﺮِﻳْﻚَ ﻟَﻚَ
Ketika selesai membaca tabiyah, hendaknya ia membaca sholawat kepada baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan meminta kepada Allah ta’ala agar diberi surga dan keridlaan-Nya, dan berlindung kepada-Nya dari api neraka.
ﻭَﺇِﺫَﺍ ﻓَﺮَﻍَ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺘَّﻠْﺒِﻴَّﺔِ ﺻَﻠَّﻰ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻭَﺳَﺄَﻝَ ﺍﻟﻠﻪَ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ﻭَﺭِﺿْﻮَﺍﻧَﻪُ ﻭَﺍﺳْﺘَﻌَﺎﺫَ ﺑِﻪِ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ
Yang ke tiga adalah thawaf Qudum.
( ﻭَ ) ﺍﻟﺜَّﺎﻟِﺚُ ( ﻃَﻮَﺍﻑُ ﺍﻟْﻘُﺪُﻭْﻡِ )
Thawaf Qudum dikhususkan bagi orang haji yang masuk Makkah sebelum melaksanakan wukuf di Arafah.
ﻭَﻳَﺨْﺘَﺺُّ ﺑَﺤﺎَﺝٍّ ﺩَﺧَﻞَ ﻣَﻜَّﺔَ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟْﻮُﻗُﻮْﻑِ ﺑِﻌَﺮَﻓَﺔَ
Sedangkan bagi orang yang melaksanakan umrah, ketika ia melaksanakan thawaf umrah, maka sudah mencukupi dari thawaf Qudum.
ﻭَﺍﻟْﻤُﻌْﺘَﻤِﺮُ ﺇِﺫَﺍ ﻃَﺎﻑَ ﺍﻟْﻌُﻤْﺮَﺓَ ﺃَﺟْﺰَﺃَ ﻋَﻦْ ﻃَﻮَﺍﻑِ ﺍﻟْﻘُﺪُﻭْﻡِ
Mabit Muzdalifah Yang ke empat adalah mabit di Muzdalifah.
( ﻭَ ) ﺍﻟﺮَّﺍﺑِﻊُ ( ﺍﻟْﻤَﺒِﻴْﺖُ ﺑِﻤُﺰْﺩَﻟِﻔَﺔَ )
Memasukkan mabit di Muzdalifah di dalam golongan kesunahan adalah pendapat yang ditetapkan oleh pendapatnya imam ar Rafi’i.
ﻭَﻋَﺪُّﻩُ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺴُّﻨَﻦِ ﻫُﻮَ ﻣَﺎ ﻳَﻘْﺘَﻀِﻴْﻪِ ﻛَﻠَﺎﻡُ ﺍﻟﺮَّﺍﻓِﻌِﻲِّ
Akan tetapi keterangan yang terdapat di dalam tambahannya kitab ar Raudlah dan Syarh al Muhadzdzab, bahwa sesungguhnya mabit di Muzdalifah adalah sesuatu yang wajib.
ﻟَﻜِﻦِ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﻓِﻲْ ﺯِﻳَﺎﺩَﺓِ ﺍﻟﺮَّﻭْﺿَﺔِ ﻭَﺷَﺮْﺡِ ﺍﻟْﻤُﻬَﺬَّﺏِ ﺃَﻥَّ ﺍﻟْﻤَﺒِﻴْﺖَ ﺑِﻤُﺰْﺩَﻟِﻔَﺔَ ﻭَﺍﺟِﺐٌ
Yang ke lima adalah sholat dua rakaat thawaf setelah selesai melaksanakannya.
( ﻭَ ) ﺍﻟْﺨَﺎﻣِﺲُ ( ﺭَﻛَﻌَﺘَﺎ ﺍﻟﻄَّﻮَﺍﻑِ ) ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﻔَﺮَﺍﻍِ ﻣِﻨْﻪُ
Hendaknya ia melaksanakan sholat tersebut di belakang maqam Nabi Ibrahim.
ﻭَﻳُﺼَﻠِّﻴْﻬُﻤَﺎ ﺧَﻠْﻒَ ﻣَﻘَﺎﻡِ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴْﻢَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ ﻭَﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ
Sunnah memelankan suara bacaan saat melaksanakan sholat tersebut di siang hari, dan mengeraskan suara bacaan di malam hari.
ﻭَﻳُﺴِﺮُّ ﺑِﺎﻟْﻘِﺮَﺍﺀَﺓِ ﻓِﻴْﻬِﻤَﺎ ﻧَﻬَﺎﺭًﺍ ﻭَﻳَﺠْﻬَﺮُ ﺑِﻬَﺎ ﻟَﻴْﻠًﺎ
Dan ketika tidak melaksanakan sholat tersebut di belakang maqam Ibrahim, maka hendaknya sholat di Hijr Isma’il, jika tidak maka di dalam masjid, dan jika tidak maka di tempat manapun yang ia kehendaki baik tanah Haram dan yang lainnya.
ﻭَﺇِﺫَﺍ ﻟَﻢْ ﻳُﺼَﻠِّﻬِﻤَﺎ ﺧَﻠْﻒَ ﺍﻟْﻤَﻘَﺎﻡِ ﻓَﻔِﻲْ ﺍﻟْﺤِﺠْﺮِ ﻭَﺇِﻟَّﺎ ﻓَﻔِﻲ ﺍﻟْﻤَﺴْﺠِﺪِ ﻭَﺇِﻟَّﺎ ﻓَﻔِﻲْ ﺃَﻱِّ ﻣَﻮْﺿِﻊٍ ﺷَﺎﺀَ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺤَﺮَﻡِ ﻭَﻏَﻴْﺮِﻩِ
Yang ke enam adalah mabit di Mina. Ini adalah pendapat yang disahkan oleh imam ar Rafi’i.
( ﻭَ ) ﺍﻟﺴَّﺎﺩِﺱُ ( ﺍﻟْﻤَﺒِﻴْﺖُ ﺑِﻤِﻨَﻰ ) ﻫَﺬَﺍ ﻣَﺎ ﺻَﺤَّﺤَﻪُ ﺍﻟﺮَّﺍﻓِﻌِﻲُّ
Akan tetapi di dalam tambahan ar Raudlah, imam an Nawawi menshohikan hukum wajib.
ﻟَﻜِﻦْ ﺻَﺤَّﺢَ ﺍﻟﻨَّﻮَﻭِﻱُّ ﻓِﻲْ ﺯِﻳَﺎﺩَﺓِ ﺍﻟﺮَّﻭْﺿَﺔِ ﺍﻟْﻮُﺟُﻮْﺏَ
Yang ke tujuh adalah thawaf Wada’ ketika hendak keluar dari Makkah karena untuk bepergian. Baik orang haji atau bukan. Baik bepergian jauh atau dekat.
( ﻭَ ) ﺍﻟﺴَّﺎﺑِﻊُ ( ﻃَﻮَﺍﻑُ ﺍﻟْﻮَﺩَﺍﻉِ ) ﻋِﻨْﺪَ ﺇِﺭَﺍﺩَﺓِ ﺍﻟْﺨُﺮُﻭْﺝِ ﻣِﻦْ ﻣَﻜَّﺔَ ﻟِﺴَﻔَﺮٍ ﺣَﺎﺟًّﺎ ﻛَﺎﻥَ ﺃَﻭْﻟَﺎ ﻃَﻮِﻳْﻠًﺎ ﻛَﺎﻥَ ﺍﻟﺴَّﻔَﺮُ ﺃَﻭْ ﻗَﺼِﻴْﺮًﺍ
Apa yang telah disampaikan mushannif yaitu berupa hukum kesunahan thawaff Wada’ adalah pendapat marjuh (lemah), akan tetapi menurut pendapat al adhhar hukumnya adalah wajib.
ﻭَﻣَﺎ ﺫَﻛَﺮَﻩُ ﺍﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ ﻣِﻦْ ﺳُﻨِّﻴَﺘِﻪِ ﻗَﻮْﻝٌ ﻣَﺮْﺟُﻮْﺡٌ ﻟَﻜِﻦِ ﺍﻟْﺄَﻇْﻬَﺮُ ﻭُﺟُﻮْﺑُﻪُ
💞Pakaian Ihrom💞
Menurut keterangan di dalam kitab Syarh al Muhadzdzab, seorang laki-laki wajib menghindari pakaian yang berjahit, di tenun, di kelabang, dan dari selain pakaian yang berupa muza dan sandal.
( ﻭَﻳَﺘَﺠَﺮَّﺩُ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞُ ) ﺣَﺘْﻤًﺎ ﻛَﻤَﺎ ﻓِﻲْ ﺷَﺮْﺡِ ﺍﻟْﻤُﻬَﺬَّﺏِ ( ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟْﺈِﺣْﺮَﺍﻡِ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﻤَﺨِﻴْﻂِ ) ﻣِﻦَ ﺍﻟﺜِّﻴَﺎﺏِ ﻭَﻋَﻦْ ﻣَﻨْﺴُﻮْﺟِﻬَﺎ ﻭَﻋَﻦْ ﻣَﻌْﻘُﻮْﺩِﻫَﺎ ﻭَﻋَﻦْ ﻏَﻴْﺮِ ﺍﻟﺜِّﻴَﺎﺏِ ﻣِﻦْ ﺧُﻒٍّ ﻭَﻧَﻌْﻞٍ
Dan wajib bagi dia mengenakan jarik dan selendang berwarna putih yang masih baru, jika tidak maka yang bersih.
( ﻭَﻳَﻠْﺒَﺲُ ﺇِﺯَﺍﺭًﺍ ﻭَﺭِﺩَﺍﺀً ﺃَﺑْﻴَﻀَﻴْﻦَ ) ﺟَﺪِﻳْﺪَﻳْﻦَ ﻭَﺇِﻟَّﺎ ﻓَﻨَﻈِﻴْﻔَﻴْﻦَ
Wallohu a'lam bis showab...Demikian kajian kita pada hari ini mhon koreksi atas sgala kesalahan. Semoga bermanfaat. Untuk poin pertanyaan dan praktiknya saya pasrahkan pada kuyaha2 dan gawagis yang sudah menunaikan ibadah haji, monggo. . Dan bagi kita2 yang belum mendapat panggilan untuk menunaikan ibadah haji semoga do'a2 kita di ijabah oleh Alloh untuk segera menunaikanya.. Amiin بارك الله لنا ولكم Dari saya undur diri dulu,. Trimakasih atas segala perhatian.
Wassalamu'alaikum warohmatulloh.,
Comments
Post a Comment