Syawir "Hukum Pasang Kawat Gigi"
❤Deskripsi
Assalamu’alaikum, Akhir-akhir ini banyak kita temukan, baik laki-laki maupun permpuan menggunakan begel gigi (kawat gigi) dengan berbagai macam model dan bentuknya. Dan tentunya dengan berbagai macam alasan yang melatar belakangi pemasangan kawat gigi tersebut, misal alasan kesehatan atau hanya alasan kecantikan.
👀Pertanyaan
💣Jawaban
Waalaikumsalam
🍁 1 Dr syarah muslim linnawawai:
Memasang behel dengan tujuan karna pengobatan atau adanya kerusakan gigi atau penyakit gigi maka hukumnya diperbolehkan. Baik wanita tersebut sudah menikah ataupun belum.
🍁 2. Hukum memasang behel dengan tujuan agar terlihat cantik untuk wanita yg belum menikah adalah tdk diperbolehkan (haram)
🍁 3. Sedangkan bila tujuannya bersolek untuk suaminya dan atas izin nya maka menurut qaul awjah ddlm kitab raudoh dan asalnya raudoh dihukumi boleh.
📚 Referensi
Assalamu’alaikum, Akhir-akhir ini banyak kita temukan, baik laki-laki maupun permpuan menggunakan begel gigi (kawat gigi) dengan berbagai macam model dan bentuknya. Dan tentunya dengan berbagai macam alasan yang melatar belakangi pemasangan kawat gigi tersebut, misal alasan kesehatan atau hanya alasan kecantikan.
👀Pertanyaan
- Bagaimana hukumnya pasang kawat gigi pada perempuan (belum menikah maupun sdh menikah) dengan alasan kesehatan?
- Bagaimana hukumnya pasang kawat gigi pada perempuan yang belum menikah dengan alasan kecantikan?
- Bagaimana hukumnya pasang kawat gigi pada perempuan yang sudah menikah dengan alasan kecantikan?
💣Jawaban
Waalaikumsalam
🍁 1 Dr syarah muslim linnawawai:
Memasang behel dengan tujuan karna pengobatan atau adanya kerusakan gigi atau penyakit gigi maka hukumnya diperbolehkan. Baik wanita tersebut sudah menikah ataupun belum.
🍁 2. Hukum memasang behel dengan tujuan agar terlihat cantik untuk wanita yg belum menikah adalah tdk diperbolehkan (haram)
🍁 3. Sedangkan bila tujuannya bersolek untuk suaminya dan atas izin nya maka menurut qaul awjah ddlm kitab raudoh dan asalnya raudoh dihukumi boleh.
📚 Referensi
شرح النووي على مسلم /١/١٠
واماقوله المتفلجات للحسن فمعناه يفعلن ذلك طلباللحسن وفيه اشارة الى ان الحرام هو المفعول لطلب الحسن امالواحتاجت اليه لعلاج اوعيب في السن ونحوه فلابأس والله اعلم.
نهاية المحتاج جزء ١ ص ٣٦٢
ويحرم ايضا تجعيدها ،ووشر اسنانها، وهو تحديدها وترقيقها، والخضاب بالسواد وتحمير الوجنة بالحناء ونحوه وتطريف الاصابع مع السواد والتنميص وهو الاخذ من شعر الوجه والحاجب المحسن،فان اذن لها زوجها او سيدها فى ذلك جاز لان له غرضا فى تزيينها له كما فى الروضة، واصلها ،وهو الاوجه،وان جرى فى التحقيق على خلاف ذلك فى الوصل والوشر والحقهما بالوشم فى المنع مطلقا.
نهاية المحتاج جزء ١ ص ٣٦٢
تبيه: ذكر هذه كلها من الكباءر ،وهو ما جرى عليه شيخ الاسلام الجلال البلقيني فى الاولين وغيره فى الكل وهو ظاهر لما مر ان من امارات الكبيرة اللعن،وقد علمت صحة الاحاديث بلعن الكل،لكن لم يجر كثير من اءمتنا على اطلاق ذلك ،بل قالوا:انما يحرم غير الوشم والنمص بغير اذن الزوج او السيد ،وهو مشكل لما علمت فى قصة الانصارية فانه صلى الله عليه وسلم قال لها:لا،مع قولها ان الزوج امر بالوصل ،وعجيب قولهم بكراهة النمص بمعنييه السابقين مع اللعن فيه ومع قولهم بالحرمة فى غيره مطلقا او بغير اذن الزوج على الخلاف فيه ،واي فرق مع وقوع اللعن على الكل فى حديث واحد ،والجواب عشاروا اليه فى محله.
والله اعلم بالصواب
واماقوله المتفلجات للحسن فمعناه يفعلن ذلك طلباللحسن وفيه اشارة الى ان الحرام هو المفعول لطلب الحسن امالواحتاجت اليه لعلاج اوعيب في السن ونحوه فلابأس والله اعلم.
نهاية المحتاج جزء ١ ص ٣٦٢
ويحرم ايضا تجعيدها ،ووشر اسنانها، وهو تحديدها وترقيقها، والخضاب بالسواد وتحمير الوجنة بالحناء ونحوه وتطريف الاصابع مع السواد والتنميص وهو الاخذ من شعر الوجه والحاجب المحسن،فان اذن لها زوجها او سيدها فى ذلك جاز لان له غرضا فى تزيينها له كما فى الروضة، واصلها ،وهو الاوجه،وان جرى فى التحقيق على خلاف ذلك فى الوصل والوشر والحقهما بالوشم فى المنع مطلقا.
نهاية المحتاج جزء ١ ص ٣٦٢
تبيه: ذكر هذه كلها من الكباءر ،وهو ما جرى عليه شيخ الاسلام الجلال البلقيني فى الاولين وغيره فى الكل وهو ظاهر لما مر ان من امارات الكبيرة اللعن،وقد علمت صحة الاحاديث بلعن الكل،لكن لم يجر كثير من اءمتنا على اطلاق ذلك ،بل قالوا:انما يحرم غير الوشم والنمص بغير اذن الزوج او السيد ،وهو مشكل لما علمت فى قصة الانصارية فانه صلى الله عليه وسلم قال لها:لا،مع قولها ان الزوج امر بالوصل ،وعجيب قولهم بكراهة النمص بمعنييه السابقين مع اللعن فيه ومع قولهم بالحرمة فى غيره مطلقا او بغير اذن الزوج على الخلاف فيه ،واي فرق مع وقوع اللعن على الكل فى حديث واحد ،والجواب عشاروا اليه فى محله.
والله اعلم بالصواب
Comments
Post a Comment