Kajian Matan Taqrib "Hutang Puasa Romadhonya Orang yang Meninggal Dunia"

Assalamu'alaikum warohmatulloh..Salam sejahtra buat kita semua yang senantiasa masih dilimpahi ribuan nikmat dipagi ini alhasil kita masih mndapatkan ksempatan untuk menorehkan amal2 kita didunia ini..
بسم اللّٰه الرّحمٰن الرّحيم
lanjut tawasul
 إلى حضرة النبي المصطفى سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم وعلى آله وصحبه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتيذنا ومعلمينا وأبآءنا وأمهاتنا وذوى الحقوق علينا وإلى جميع المصنفين والمؤلفين خصوصا الى الشيخ القاضي أبو شجاع أحمد بن الحسين بن أحمد الأصفهاني رحمه الله تعالى رحمة الأبرار ونفعنا به وبعلومه فى الدارين. امين
وخصوصا الى جميع اخينا الكرام في هذه المجموعة الذين ينتشرون علومهم 
واخص خصوصا الى المغفور له الشيخ نجم الدين البنداوي و جميع اهل بيته
 لهم الفاتحة...
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ.
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ. اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ. ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ. ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ. اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ. ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ الضآﻟﻴﻦ.
آمين...
Mari kita lanjutkan kajian kita dari kitab taqrib, pembhasan kita kali ini masih seputar puasa...
Dalam kitab matan taqrib, mbah abu syuja' dawuh 👇👇
ﻭ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﺕ‍ ‍ﻭ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﺻ‍‍ﻴ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺭ‍ﻣ‍‍ﻀ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﺃ‍ﻃ‍‍ﻌ‍‍ﻢ‍ ‍ﻋ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍ ‍ﻟ‍‍ﻜ‍‍ﻞ‍ ‍ﻳ‍‍ﻮ‍ﻡ‍ ‍ﻣ‍‍ﺪ ‍
👆👆 demikian dawuh mushonif kitab matan didalam kitab taqrib, adapun dalam syarhnyayakni kitab fathul qorib mbah qoshim al ghozi menambahkan dengan dawuhan beliau sebagai berikut 👇👇
🌹 ﻗ‍‍ﻀ‍‍ﺎﺀ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺼ‍‍ﻮ‍ﻡ‍ ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻴ‍‍ﺖ‍ 🌹
(‍ﻭ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﺕ‍ ‍ﻭ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﺻ‍‍ﻴ‍‍ﺎ‍ﻡ‍) ‍ﻓ‍‍ﺎ‍ﺋ‍‍ﺖ‍ (‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺭ‍ﻣ‍‍ﻀ‍‍ﺎ‍ﻥ‍) ‍ﺑ‍‍ﻌ‍‍ﺬ‍ﺭ, ‍ﻛ‍‍ﻤ‍‍ﻦ‍ ‍ﺃ‍ﻓ‍‍ﻄ‍‍ﺮ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺮ‍ﺽ‍ ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﺘ‍‍ﻤ‍‍ﻜ‍‍ﻦ‍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﻗ‍‍ﻀ‍‍ﺎ‍ﺋ‍‍ﻪ‍, ‍ﻛ‍‍ﺄ‍ﻥ‍ ‍ﺍ‍ﺳ‍‍ﺘ‍‍ﻤ‍‍ﺮ ‍ﻣ‍‍ﺮ‍ﺿ‍‍ﻪ‍ ‍ﺣ‍‍ﺘ‍‍ﻰ ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﺕ‍ ‍ﻓ‍‍ﻠ‍‍ﺎ ‍ﺇ‍ﺛ‍‍ﻢ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﻫ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻔ‍‍ﺎ‍ﺋ‍‍ﺖ‍, ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﺗ‍‍ﺪ‍ﺍ‍ﺭ‍ﻙ‍ ‍ﻟ‍‍ﻪ‍ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻔ‍‍ﺪ‍ﻳ‍‍ﺔ; ‍ﻭ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﻓ‍‍ﺎ‍ﺕ‍ ‍ﺑ‍‍ﻐ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﻋ‍‍ﺬ‍ﺭ ‍ﻭ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﺕ‍ ‍ﻗ‍‍ﺒ‍‍ﻞ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺘ‍‍ﻤ‍‍ﻜ‍‍ﻦ‍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﻗ‍‍ﻀ‍‍ﺎ‍ﺋ‍‍ﻪ‍ (‍ﺃ‍ﻃ‍‍ﻌ‍‍ﻢ‍ ‍ﻋ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍) ‍ﺃ‍ﻱ‍ ‍ﺃ‍ﺧ‍‍ﺮ‍ﺝ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻮ‍ﻟ‍‍ﻲ‍ ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻴ‍‍ﺖ‍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺗ‍‍ﺮ‍ﻛ‍‍ﺘ‍‍ﻪ‍ (‍ﻟ‍‍ﻜ‍‍ﻞ‍ ‍ﻳ‍‍ﻮ‍ﻡ‍) ‍ﻓ‍‍ﺎ‍ﺕ‍ (‍ﻣ‍‍ﺪ) ‍ﻃ‍‍ﻌ‍‍ﺎ‍ﻡ‍, ‍ﻭ‍ﻫ‍‍ﻮ ‍ﺭ‍ﻃ‍‍ﻞ‍ ‍ﻭ‍ﺛ‍‍ﻠ‍‍ﺚ‍ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﺒ‍‍ﻐ‍‍ﺪ‍ﺍ‍ﺩ‍ﻱ‍, ‍ﻭ‍ﻫ‍‍ﻮ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻜ‍‍ﻴ‍‍ﻞ‍ ‍ﻧ‍‍ﺼ‍‍ﻒ‍ ‍ﻗ‍‍ﺪ‍ﺡ‍ ‍ﻣ‍‍ﺼ‍‍ﺮ‍ﻱ‍. ‍ﻭ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﺫ‍ﻛ‍‍ﺮ‍ﻩ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺼ‍‍ﻨ‍‍ﻒ‍ ‍ﻫ‍‍ﻮ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻘ‍‍ﻮ‍ﻝ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺠ‍‍ﺪ‍ﻳ‍‍ﺪ; ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻘ‍‍ﺪ‍ﻳ‍‍ﻢ‍ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺘ‍‍ﻌ‍‍ﻴ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻃ‍‍ﻌ‍‍ﺎ‍ﻡ‍, ‍ﺑ‍‍ﻞ‍ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺯ ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻮ‍ﻟ‍‍ﻲ‍ ‍ﺃ‍ﻳ‍‍ﻀ‍‍ﺎ ‍ﺃ‍ﻥ‍ ‍ﻳ‍‍ﺼ‍‍ﻮ‍ﻡ‍ ‍ﻋ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍, ‍ﺑ‍‍ﻞ‍ ‍ﻳ‍‍ﺴ‍‍ﻦ‍ ‍ﻟ‍‍ﻪ‍ ‍ﺫ‍ﻟ‍‍ﻚ‍ - ‍ﻛ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺷ‍‍ﺮ‍ﺡ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻬ‍‍ﺬ‍ﺏ‍, ‍ﻭ‍ﺻ‍‍ﻮ‍ﺏ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺮ‍ﻭ‍ﺿ‍‍ﺔ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺠ‍‍ﺰ‍ﻡ‍ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻘ‍‍ﺪ‍ﻳ‍‍ﻢ‍.
👆👆demikian dawuhan dalam syarh fathul qorib, adapun penjelasanya kurang lebih sebagai berikut 👇👇
🌹Hutang Puasa Romadhonya Orang yang Meninggal Dunia🌹

‏( ﻭَﻣَﻦْ ﻣَﺎﺕَ ﻭَﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺻِﻴَﺎﻡٌ ‏) ﻓَﺎﺋِﺖٌ ‏( ﻣِﻦْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ‏) ﺑِﻌُﺬْﺭٍ ﻛَﻤَﻦْ ﺃَﻓْﻄَﺮَ ﻓِﻴْﻪِ ﻟِﻤَﺮَﺽٍ ﻭَﻟَﻢْ ﻳَﺘَﻤَﻜَّﻦْ ﻣِﻦْ ﻗَﻀَﺎﺋِﻪِ ﻛَﺄَﻥِ ﺍﺳْﺘَﻤَﺮَّ ﻣَﺮَﺿُﻪُ ﺣَﺘَّﻰ ﻣَﺎﺕَ ﻓَﻠَﺎ ﺇِﺛْﻢَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻓِﻲْ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟْﻔَﺎﺋِﺖِ ﻭَﻟَﺎ ﺗُﺪَﺍﺭَﻙُ ﻟَﻪُ ﺑِﺎﻟْﻔِﺪْﻳَﺔِ
Barang siapa meninggal dunia dan masih memiliki hutang puasa Romadlon yang ia tinggalkan sebab udzur seperti orang yang membatalkan puasa sebab sakit dan belum sempat mengqadla’inya semisal sakitnya terus berlanjut hingga ia meninggal dunia, maka tidak ada tanggungan dosa baginya di dalam puasa yang ia tinggalkan ini, dan tidak perlu ditebus dengan fidyah.
ﻭَﺇِﻥْ ﻓَﺎﺕَ ﺑِﻐَﻴْﺮِ ﻋُﺬْﺭٍ ﻭَﻣَﺎﺕَ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟﺘَّﻤَﻜُّﻦِ ﻣِﻦْ ﻗَﻀَﺎﺋِﻪِ ‏( ﺃُﻃْﻌِﻢَ ﻋَﻨْﻪُ ‏) ﺃَﻱْ ﺃَﺧْﺮَﺝَ ﺍﻟْﻮَﻟِﻲُّ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﻤَﻴِّﺖِ ﻣِﻦْ ﺗِﺮْﻛَﺘِﻪِ ‏( ﻟِﻜُﻞِّ ﻳَﻮْﻡٍ ‏) ﻓَﺎﺕَ ‏( ﻣُﺪُّ ‏) ﻃَﻌَﺎﻡٍ
Jika hutang puasanya bukan karena udzur dan ia meninggal dunia sebelum sempat mengqadla’nya, maka wajib memberikan makanan sebagai ganti dari hutang puasanya.
Maksudnya bagi seorang wali wajib mengeluarkan untuk mayit dari harta peninggalannya(tirkahnya).
Setiap hari yang telah ditinggalkan diganti dengan satu mud bahan makanan.
ﻭَﻫُﻮَ ﺭِﻃْﻞٌ ﻭَﺛُﻠُﺚٌ ﺑِﺎﻟْﺒَﻐْﺪَﺍﺩِﻱِّ ﻭَﻫُﻮَ ﺑِﺎﻟْﻜَﻴْﻞِ ﻧِﺼْﻒُ ﻗَﺪَﺡٍ ﻣِﺼْﺮِﻱٍّ
Adapun dawuh satu mud yang dikehendski dalam masalah ini adalah satu rithl lebih sepertiga rithl negara Bagdad.
Dan apabila menggunakan takaran adalah separuh wadah takaran negara Mesir.
ﻭَﻣَﺎ ﺫَﻛَﺮَﻩُ ﺍﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ ﻫُﻮَ ﺍﻟْﻘَﻮْﻝُ ﺍﻟْﺠَﺪِﻳْﺪُ
Perlu dipahami bahwa, Apa yang telah disebutkan oleh mushannif tadi adalah qaul Jadid.
ﻭَﺍﻟْﻘَﺪِﻳْﻢُ ﻟَﺎﻳَﺘَﻌَﻴَّﻦُ ﺍﻟْﺈِﻃﻌَﺎﻡُ ﺑَﻞْ ﻳَﺠُﻮْﺯُ ﻟِﻠْﻮَﻟِﻲِّ ﺃَﻳْﻀًﺎ ﺃَﻥْ ﻳَﺼُﻮْﻡَ ﻋَﻨْﻪُ ﺑَﻞْ ﻳُﺴَﻦُّ ﻟَﻪُ ﺫَﻟِﻚَ ﻛَﻤَﺎ ﻓِﻲْ ﺷَﺮْﺡِ ﺍﻟْﻤُﻬَﺬَّﺏِ
Sedangkan menurut qaul Qadim, tidak harus memberi bahan makanan, bahkan bagi wali juga diperkenankan untuk melakukan puasa sebagai pengganti dari orang yang meninggal, bahkan hal itu disunnahkan bagi seorang wali sebagaimana
keterangan di dalam  Syarh al Muhadzdzab.
ﻭَﺻَﻮَّﺏَ ﻓِﻲ ﺍﻟﺮَّﻭْﺿَﺔِ ﺍﻟْﺠَﺰْﻡَ ﺑِﺎﻟْﻘَﺪِﻳْﻢِ
Dan di dalam kitab ar Raudlah, imam an Nawawi membenarkan kemantapan dengan pendapat qaul Qadim tersebut.
Wallohu a'lamu bis showab,.Demikian kajian kita pada hari ini, mhon koreksi atas kesalahan yang ada,  dari saya cukup sekian mhon ma'af dan trimakasih.
Wassalamu'alaikum warohmatulloh

Comments

Popular posts from this blog

Syawir "Hukum Sholawat dengan Berjoget (dangdutan)

Kajian Qowaidh al fiqh ( Kitab al Asybah wa an Nadzoir) "Hal yang Berhubungan dengan Niat"

Syawir "Hukum Sholawat saat Memandikan Jenazah"