Kajian Fiqh Munakahah (Uqud al-Lujain) "Kewajiban Suami terhadap Para Istri #2"

Assalamualaikum.. wr wb.. selamat sore menjelang malam. Salam sejahtera semoga kita senantiasa Bahagia Didunia dan Akhirat. ....😌😌😌🤝😇 Kita bersama lagi dihari kamis.. yg lagi gerimis bersama orang yg paling manis..😎😎😁Saya akan mulai kajian kitab Uqudul lijen.. semoga bisa mendorong para jomblowati untuk segera wisuda dari kejombloannnya.. amin... 3x😁😁
mari kita mulai kajian kita pada hari ini dg bacaan basmalah...
بسم اللّٰه الرّحمٰن الرّحيم
lanjut tawasul
إلى حضرة النبي المصطفى سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم وعلى آله وصحبه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتيذنا ومعلمينا وأبآءنا وأمهاتنا وذوى الحقوق علينا وإلى جميع المصنفين والمؤلفين الكتب الذي علمه وعلمناه
رحمهم الله تعالى برحمته الأبرار ونفعنا به وبعلومه وكرامه فى الدارين. امين
واخص خصوصا الشيخ محمد بن عمر بن على نواوي البنتني الجاوي لهم الفاتحة...
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ.
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ. اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ. ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ. ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ. اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ. ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ الضآﻟﻴﻦ.
آمين...
بسم الله الرحمن الرحيم
Ini lanjutan dari kemarin mengenai permasalahan kewajiban suami terhadap Para Istri istri..Berikut teksnya...👇
(رُوِيَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ فِيْ حَجَّةِ الْوَدَاعِ) أي آخر حجه صلى الله عليه وسلم، وهو حجة الجمعة (بَعْدَ أَنْ حَمِدَ اللهَ) تعالى (وَأَثْنَىْ عَلَيْهِ وَوَعَظَ) الحاضرين (ألاَ) أي تنبهوا يا قوم لما يلقى إليكم (وَاسْتَوْصُوا بالنّسَاءِخَيْراً) الباء للتعدية أي اقبَلوا وصيتي فيهنّ، واعمَلوا بها، وارفقوا بهنّ، وأحسنوا عِشْرتهنّ، فإن الوصية بهنّ آكدُ لضعفهنّ، واحتياجهنّ إلى من يقوم بأمرهنّ.وفي نصب“خيرا” وجهان، أحدهما: أنه مفعول “استوصوا”، لأن المعنى: افعلوا بهن خيرا. والثاني: معناه: اقبلوا وصيتي وائتوا خيرا، فهومنصوبٌ بفعلٍ محذوف
كقوله تعالى:{وَلاَ تَقُوْلُوْا ثَلاثَةٌ انْتَهُوْا خَيْراً لَكُمْ} أي انتهوا عن ذلك، وائتوا خيرا (فإنّمَا هُنّ عَوَان) أي أسيرات (عِنْدَكمْ) فعوان بالنون المكسورة جمعُ عانية، وهي بصيغة منتهى الجموع، وإنما قيل للمرأة عانيةٌ، لأنها محبوسة كالأسير عند الزوج. وفي لفظ: {فَإنَّهُنَّ عوَار} بالراء جمع عارية ‘ فإن الرجال أخذوهنّ بأمانة الله
(لَيْسَ) أي الشأن (تَمْلِكُونَ مِنْهُنّ شَيْئاً غَيْرَ ذَلِكَ) أيالخير (إلاّ أَنّ يَأْتِيْنَ بِفَاحِشَةٍ) أي نشوز (مُبَيّنَةٍ) أي ظاهرة، بأن ظهرت أماراته (فَإِنْ فَعَلْنَ) بأن أظهرْنَ النشوز
(فَاهجُرُوهُنّ في المضَاجِعِ) أي اعتزلوهن في الفراش، واتركوا مضاجعتهن أي النوم معهن.
وهذا الهجر لا غاية له، لأنه لحاجة صلاحها، فمتى لم تصلح فالهجر باقٍ وإن بلغ سنين، ومتى صلحت فلا هجر. وعن بعض العلماء غاية الهجر شهر
(وَاضْرِبُوهُنّ ضَرْباً غَيْرَ مُبَرّحٍ) وهو الذي لا يكسر عظما، ولايشين عضوا أي ضربا غير شديد، وذلك إن لم يرجهن بالهجران
(فَإنْ أطَعْنَكُمُ) فيما يراد منهن (فَلاَ تَبْغُوا) أي لا تطلبوا (علَيْهِنّ سَبِيلاً) أي طريقا إلى ضربهن ظلما، واجعلوا ما كان منهن كأن لم يكن، فإن التائب من الذنب كمن لا ذنبَ له
(أَلاَ) أي تنبهوا (إنّ لَكُمْ عَلَى نِسَائِكُمْ حَقّاً، وَلِنسَائِكمْ عَلَيْكُمْ حَقاً. فَحَقُكّمْ عَلَيْهِنَّ فَلاَ يُوطِئْنَ فِرَاشَكُمْ مَنْ تَكْرَهُوْنَ ولاَ يَأْذَنّ في بُيُوتِكُمْ لِمَنْ تَكْرَهُوْنَ. ألاَ وحَقهُنّ عَلَيْكُمْ أنْ تُحْسِنُوا إِلَيْهِنّ فِي كِسْوَتِهِنّ وطَعَامِهِنَّ) روى هذا الحديث الترمذي وابن ماجه.
Berikut penjelasannya...
(رُوِيَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ فِيْ حَجَّةِ الْوَدَاعِ) أي آخر حجه صلى الله عليه وسلم، وهو حجة الجمعة (بَعْدَ أَنْ حَمِدَ اللهَ) تعالى (وَأَثْنَىْ عَلَيْهِ وَوَعَظَ) الحاضرين (ألاَ) أي تنبهوا يا قوم لما يلقى إليكم (وَاسْتَوْصُوا بالنّسَاءِخَيْراً)
terjemahanya...
(رُوِيَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ فِيْ حَجَّةِ الْوَدَاعِ)
"diriwiyatkan dari nabi Muhammad SAw, beliau bersabda tatkala haji wada'"
أي آخر حجه صلى الله عليه وسلم، وهو حجة الجمعة
"Yaitu ibadah haji terahir yg dilakukan nabi, haji pada hari jum'at."
(بَعْدَ أَنْ حَمِدَ اللهَ) تعالى (وَأَثْنَىْ عَلَيْهِ وَوَعَظَ) الحاضرين
"Setelah nabi membaca hamdalah dan tsana' kepada Allah, kemudia beliau melanjutkan menasehati para hadirin."
(ألاَ) أي تنبهوا يا قوم لما يلقى إليكم
"Sera Berkata ; Wahai qoum .. perhatikanlah ini, apa yg akan aku katakan pada kalian."
(وَاسْتَوْصُوا بالنّسَاءِ خَيْراً)
(amrih wasiato )carilah wasiat kalian semua dengan Wanita dengan baik.
💚💜💛
👉 Hadits diatas mengindikasikan petingnya perhatian kepada kaum wanita... terutama istrinya sendiri..😇
Lanjutannya..
الباء للتعدية أي اقبَلوا وصيتي فيهنّ، واعمَلوا بها، وارفقوا بهنّ، وأحسنوا عِشْرتهنّ، فإن الوصية بهنّ آكدُ لضعفهنّ، واحتياجهنّ إلى من يقوم بأمرهنّ. وفي نصب “خيرا” وجهان، أحدهما: أنه مفعول “استوصوا”، لأن المعنى: افعلوا بهن خيرا. والثاني: معناه: اقبلوا وصيتي وائتوا خيرا، فهومنصوبٌ بفعلٍ محذوف.
Terjemahanya..👇
الباء للتعدية أي اقبَلوا وصيتي فيهنّ،
"Ba' disitu berma'na ta'diah, artinya wahai kaum perhatikan wasiatQ (Nabi) dalam permasalahan para wanita (istri)"
واعمَلوا بها،
"Dan lakukanlah wasiat tersebut ,"
وارفقوا بهنّ،
"Welaso (berbelaskasihanlah kalian semua kepada para wanita (istri)"
وأحسنوا عِشْرتهنّ،
"Berbuat hasan (baik) lah kalian semua dalam hal mempergauli mereka (para istri)"
فإن الوصية بهنّ آكدُ لضعفهنّ،
"Sesungguhnya wasiat (pesan) terhadap para istri sangat dikukuhkan (sangat dianjurkan) karena mereka (para istri) bersifat lemah."
واحتياجهنّ إلى من يقوم بأمرهنّ.
"Dan butuhnya para kaum hawa terhadap sesosok pemimpin yg mampu mengatur perkaranya.."
💜💛💙
💦Pembahasan Nahwu :
وفي نصب “خيرا” وجهان،
Dibaca nashobnya lafadz "khoir" ada dua wajah
أحدهما: أنه مفعول “استوصوا”، لأن المعنى: افعلوا بهن خيرا.
  1. Merupakan Maf'ul dari fiil استوصوا, karena ma'na yg dikehendaki adalah " berbuat baiklah kalian semua kepada para istri"
  2. والثاني: معناه: اقبلوا وصيتي وائتوا خيرا،
    artinya ,kalian perhatikan wasiatku dan kerjakakanlah dengan baik
    فهومنصوبٌ بفعلٍ محذوف Maka lafadz "khoiron" dibaca nashob disebkan adanya fiil yg dibuang,.
👉 dalam kajian kitab uqudulijain meskipun pembhasannya mengenai itu itu sja, tapi nahwunya juga di bahas... 😇,
 كقوله تعالى:{وَلاَ تَقُوْلُوْا ثَلاثَةٌ انْتَهُوْا خَيْراً لَكُمْ} أي انتهوا عن ذلك، وائتوا خيرا (فإنّمَا هُنّ عَوَان) أي أسيرات (عِنْدَكمْ) فعوان بالنون المكسورة جمعُ عانية، وهي بصيغة منتهى الجموع، وإنما قيل للمرأة عانيةٌ، لأنها محبوسة كالأسير عند الزوج. وفي لفظ: {فَإنَّهُنَّ عوَار} بالراء جمع عارية ‘ فإن الرجال أخذوهنّ بأمانة الله .
Terjemahanya..👇
"Seperti Firman Allah Ta'ala."
{وَلاَ تَقُوْلُوْا ثَلاثَةٌ انْتَهُوْا خَيْراً لَكُمْ}
"dan jangnlah kalian semua berkata bahwa Tuhan itu ada 3, dan berehentilah dari pendapat tersebut, itu lebih baik bagi kalian,"
أي انتهوا عنذلك، وائتوا خيرا
"Maksudnya : mereka di perintah untuk menghentikan pendapat mereka tentang Tuhan itu ada 3, dan mereka diperinthkam untuk melakukan perbuatn baik."
(فإنّمَا هُنّ عَوَان) أي أسيرات (عِنْدَكمْ)
"adapun kaum hawa pada dasarnya adalah ' ​AWANiN​ yg artinya tawanan bagi kalian semua"
فعوان بالنون المكسورة جمعُ عانية،
"Lafadz ​awanin​ dibaca kasroh nunnya merupakan bentuk jamak dari mufrod ' ​aniyatin​ "
وهي بصيغة منتهى الجموع،
"​awanin​ berbentuk shighot muntahal jumu'"
وإنما قيل للمرأة عانيةٌ، لأنها محبوسة كالأسير عند الزوج.
"Kenpa bagi perempuan diberi gelar 'aniyatun' karena dia di ibaratkan sesseorang yg di penjara seperti tawanan bagi seorang suami."
وفي لفظ: {فَإنَّهُنَّ عوَار} بالراء جمع عارية ‘ فإن الرجال أخذوهنّ بأمانة الله
"Pada lafadz {فَإنَّهُنَّ عوَار} (artinya bahwa para perempuan itu pinjaman) lafad ​"iwaru"​ dibaca dengan ro' merupakan bentuk jamak dari lafad " ​ariyatun​ " , sesungguhnya para lelaki mengambil para perempuan dengan Amanah dari Allah SwT.."
💜💚💙
👉 wanita itu diibaratkan Tawanan kaum adam, jadi sebagai kaum adam kudu bisa merawat tawanannya dengan baik ..
(لَيْسَ) أي الشأن (تَمْلِكُونَ مِنْهُنّ شَيْئاً غَيْرَ ذَلِكَ) أي الخير
"Dan tidak pantas memberikan sesuatu kepada mereka (kaum hawa) kecuali hal2 yg telah disebutkan yaitu sebuah kebaikan"
(إلاّ أَنّ يَأْتِيْنَ بِفَاحِشَةٍ) أي نشوز (مُبَيّنَةٍ) أي
ظاهرة، بأن ظهرت أماراته
"Kecuali kalu para wanita telah melakukan hal yg buruk dalam artian nusyuz (ngambek, purik, ) yang jelas, dalam artian nampak jelas tanda tanda kepurikannya.."
👉 boleh rodok kereng (agak tegas) ke istri jika si istri ngambek kan (purik). 😁
فَإِنْ فَعَلْنَ) بأن أظهرْنَ النشوز
"Ketika para wanita menampakkan kepurikannya."
(فَاهجُرُوهُنّ في المضَاجِعِ) أي اعتزلوهن في الفراش،
"Maka jauhilah mereka di tempat tidurnya.. (Gak Usah dikeloni)"
واتركوامضاجعتهن أي النوم معهن.
"Maksud dari meniggalkan tempat tidurnya adalah tidur bersamnya."
👉 perlu diketahui Sebenarnya wanita itu Nafsunya Gedhe, so disini dianjurkan kalu si istri itu purik, sudah biarkan saja mereka dan jangan kalian keloni, 😁
وهذا الهجر لا غاية له،
"Pencegahan ini (tidak mengeloni istri) itu tidak ada batasannya."
لأنه لحاجة صلاحها،
"Karena yg dibutuhkan adalah kebaikan (perdamaian) dari si perempuan."
فمتى لم تصلح فالهجر باقٍ وإن بلغ سنين،
"Sehigga jika si perempuan belum mau damai (baikan lagi) maka mengenengkan (tidak mengeloninya) akan tetap dilakukan meskipun sampai beberapa tahun."
ومتى صلحت فلا هجر.
"Dan ketika dia (istri) udah baikan lagi (gak nusuz) maka jngan di diemin.."
وعن بعض العلماء غاية الهجر شهر
"Dari sebagian ulam' berpendapat bahwa batas maksimal hajru adalah 1 bulan."
👉 Ada perbedaan pendapat mengenai waktu lamanya tidak mengeloni.. 😁
 (وَاضْرِبُوهُنّ ضَرْباً غَيْرَ مُبَرّحٍ)
"dan kalian semua boleh memukul istri2 dengan pukulan yg tidak menyakitkan."
وهو الذي لا يكسر عظما،
"Yaitu pukulan yg tidak sampai menghancurkan tulang,"
ولايشين عضوا أي ضربا غير شديد،
"Dan juga menjadikan anggota tubuh cacat, dalam artian pukulan yg tidak keras."
👉 Boleh memukul istri asalkan memukulnya dengan rasa kasih dan cinta .. 😘
 وذلك إن لم يرجهن بالهجران
"Hal tersebut dilakukan jika si suami tidak melakukan pencegah tempat tidur(ogak dikeloni) kepada Istri."
(فَإنْ أطَعْنَكُمُ) فيما يراد منهن
"Dan jika para istri kalian udah ta'at pada kalian dalam hal sesuatu yg dibebankan kepada mereka"
(فَلاَ تَبْغُوا) أي لا تطلبوا
"Maka kalian jangan menuntut, atau mencari"
(علَيْهِنّ سَبِيلاً) أي طريقا إلى ضربهن ظلما،
"Atas para istri sebuah jalan, artinya jalan lain untuk memukul istri (Penganiayaan) KDRT.."
واجعلوا ما كان منهن كأن لم يكن،
"Dan jadikanlah sesuatu yg ada pada diri mereka, Seakan2 tidak ada."
فإن التائب من الذنب كمن لا ذنبَ له
"Sesungguhnya orang yg Taubat dari dosa, sperti orang yg tidak punya dosa."
👉 jadi para suami meskipun berhak untuk tegas terhadap istri tapi OJO SAK KAREPE DEWE, jadi saat hendak mendidik istri kudu tau rambu-rambunya.. 😇😇😱😱
Yg terahir... perlu di perhatikan..WARNIING..‼‼‼‼‼‼
Perhatikan👇
《أَلاَ》 أي : تنبهوا 《إنّ لَكُمْ عَلَى نِسَائِكُمْ حَقّاً، وَلِنسَائِكمْ
seperti orang yang tidak berdosa kepadanya《Ingatlah》 maksudnya:mengingatkan《Sesungguhnya kalian mempunyai hak atas isterimu dan isterimu
عَلَيْكُمْ حَقاً، فَحَقُكّمْ عَلَيْهِنَّ فَلاَ يُوطِئْنَ فِرَاشَكُمْ مَنْ تَكْرَهُوْنَ ولاَ يَأْذَنّ في
juga mempunyai hak pada kalian. Hak kamu atas mereka adalah tidak boleh memasukkan orang yang tidak kamu sukai ke dalam kamarmu dan tidak mengizinkan
بُيُوتِكُمْ لِمَنْ تَكْرَهُوْنَ، ألاَ وحَقهُنّ عَلَيْكُمْ أنْ تُحْسِنُوا إِلَيْهِنّ فِي كِسْوَتِهِنّ
orang yang tidak kamu sukai masuk ke dalam rumahmu. Ingatlah, hak mereka atas kamu adalah kamu bergaul dengan cara yang baik. Terutama dalam memberi pakaian
وطَعَامِهِنَُّ》 روى هذا الحديث الترمذي وابن ماجه.
dan makanan. Hadits ini di riwayatkan At-Tirmidzi dan Ibnu Majah.
Wallahu a'lam bisshowab, Semoga bermanfaat .

NB : semoga jombloputri Bahagia, Dan jomblo putra berani poligami..Aminnn..3x😇
Wassalamu alaikum wr wb ..
👉👇🤝😇

Comments

Popular posts from this blog

Kajian Qowaidh al Fiqh (Asybah wa an Nadloir) "الحاجة تنزل منزلة الضرورة عامة كانت أو خاصة"

Syawir "Hukum Sholawat saat Memandikan Jenazah"

Doc. "Dzikir Fida"