Kajian Qowaidh al Fiqh (Asybah wa an Nadloir) "Alyaqinu Laa Yuzalu bi as Syakk #2"

إلى حضرة النبي المصطفى محمّد صلى الله عليه وسلم وعلى اله وأصحابه أجمعي.
وإلى جميع مشايخنا وأساتذتنا وآبائنا والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات خصوصا الى روح الإمام جلال الدين عبد الرحمن بن أبى بكر بن خضر بن نجم الدين ابن صلاح أيوب بن ناصر الدين محمد بن الشيخ همام الدين الهمام الخضيرى السيوطى الفاتحة....
*Nama kitab : Asybah wan Nadzoir
*pengarang: imam jalaludin assuyuthi
*refrensi tambahan: buku formulasi nalar fiqih
قال المصنف رحمه الله تعالى ونفعنا به وبعلومه فى الدارين، أمين
pembahasan kita masih seputar kaidah 👇🏻
 القاعدة الثانية، اليقين لايزال بالشك
keyakinan tidak dapat dihilangkan oleh kebimbangan. Masuk pada sub bab yg kedua yaitu..
الأصل عدم الفعل
hukum asal adalah tiadanya pekerjaan
Sub kaidah ini menandaskan bahwa pada dasarnya setiap orang dinilai belum melakukan sebuah pekerjaan, sebelum pekerjaan tsbt sudah benar2 wujud secara nyata dan d yakini keberadaannya..😊 langsung contoh yukk biar lbh merasuk ing badan lan jeroan 😊
👉ksus smisal ad orng dibebani sebuah hutang yg d perkuat dg ikrar dr pihak penghutang dsb...👇🏻
لو ثبت عليه دين بإقرار أو بينة فادعى الأداء أو الإبراء، ،
kemudian dia dan rivalnya (penghutang) berada d sebuah situasi antara harus membayar hutang bgi yg tertuduh, atau tidak...
فالقول قول غريمه..
maka ucapan yg diangap adalh ucpan ghorimnya (yg d bebani hutang). la kog demikian?? because mekaten 👇🏻
لأن الأصل عدم ذلك..
krna asal adalah tidk adanya hutang..ingat... ini mmbhs sub kaidah
الأصل عدم الفعل لأن الأصل عدمه فى يد البائع
krena asalnya adalah tdk adanya 'aib ktika barang msh d tangan penjual.. seperti yg d ucapkan penjual pd cntoh diatas.,
👉sekarang jika dalam kasus ini👇🏻 contoh lagi biar tmbh nganu🙈
 ومنها لو اختلفا فى قدم العيب
ktika trjadi perselisihan antara penjual dan pembeli. bhwa krusakan yg ad pd barang dagangannya it sdh ad dari sononya (ktika msh d pnjual/ pnjual mmbrikan brang yg rusak kpd pmbeli) ,,
 فالقول قوله
maka yg digunakan/ d tangguhkan adalah ucapan dr penjual, bukan ucpn dr pembel (pelapor)
 فأنكره البائع
dan si penjual trnyata mnolak statement tsbt..
hal ini bukannya sama kan dg kasus yg kmren2 kita singgung.,
 لو اختلفا فى رؤية المبيع
ktk penjual dan pmbeli berselisih paham:
  • penjual mrasa bhwa pembeli sdh melihat barang yg akan/ sdh d belinya..
  • pembeli sndri mrasa bhwa dia belm melihatnya..
فالقول للمشتري
maka yg d reken adalah ucapan dr pembeli.. because👇🏻
لأن الأصل عدم الرؤية
krna asalnya adlh pmbli blm mlihat barang tsbt..
👉cnth lagi yak...
لو قال المضارب لم أربج
jika ad orng bagi hasil/ kerjasama... salah satu pihak mengatakan bahwa aq blm mndapatkn sbuah keuntungan dr kerjasama kita ini...ktika ragu bilangan sholat, antara sudah mlkukan 3 atau 4 rokaat...maka bilangan yg sdkit itulah yg d anggap artinya jika d sederhanakan...'ragu antara sudh dpt bayaran dg belum maka jika d kmbalikan ke asalnya.. maka akan ktmu hasil belm mnrma bayaran'
 لأن الأصل عدم الزائد
krn asal dlm cnth diatas👆, adlah tdk adanya keuntungan. dan pemegang uang (robbul mal) mendalih bhwa keuntungan sdh saya bagi
 وعلى رب المال إثبات زيادة الربح التي يدعيها
sedangkan bg pmilik harta/ pemegang harta (Robbul mal) hrus memenuhi bilangan untung yg d minta oleh patnernya tsbt..maka ktika sprti itu,
فالقول قوله..
yg d pakai adalah perkataan dr patnernya tsbt.. 
semoga kita semua dapat mengambil manfaatnya..jika ada kesalahan, itu semata2 hnya krna kebodohan yg saya miliki.... (mohon jg d koreksi) ya kiranya bgitu pmbahsan tkait sub kaidah kedua ini...Amin...kalaupun ada benarnya, it smata2 atas Fadhol dr Alloh Swt..smg msh d beri ksmpatan menghirup nafas.. والعفو منكم ...sekian dr saya, sekian pmbahasan kita hari ini...insyaAlloh kajian qowaidl fiqh kita lanjutkan pd minggu yg akan datang..
 ثم السلام عليكم ورحمة الله وبركاته



Comments

Popular posts from this blog

Syawir "Hukum Sholawat saat Memandikan Jenazah"

Kajian Qowaidh al fiqh ( Kitab al Asybah wa an Nadzoir) "Hal yang Berhubungan dengan Niat"

Kajian Ushul Fiqh (waroqot) "Perilaku Shohibus Syariah"