Kajian Matan Taqrib "Tentang Mengkafani Mayyit"

Assalamu'alaikum warohmatulloh..Kita lanjutkan materi pada hari ini
Matan Al-Ghayah wat Taqrib' Abu Syuja' (مختصر ابى شجاع- متن
الغاية والتقريب)
Nama penulis: Syeh Syihabuddin Abu Syuja' Al-Ashfahani Rohimahullohu Ta'ala
( شهاب الدين احمد ابن
الحسين بن احمد, ابو شجاع , شهاب الدين الطيب الاصفهانى)
Lahir: Tahun 434 H, wafat tahun 593 H
Fan kitab: Fiqh madzhab Syafi'i
Syarah Matan Taqrib:
a. Fathul Qorib oleh Imam Al-Ghazi,
b. Al-Iqna’ oleh Syekh Syarbini Al-Khathib,
c. Bujairimi Syarah Iqna’ oleh Syekh Sualiaman Al-Bujairimiy.
d. At-tadzhib Fi Adillati Matnil Ghoyah Wat Taqrib oleh Dr Mushthofa Diebul Bigha
mari kita mulai kajian kita pada hari ini dg bacaan basmalah.
بسم اللّٰه الرّحمٰن الرّحيم
lanjut tawasul
إلى حضرة النبي المصطفى سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم وعلى آله وصحبه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتيذنا ومعلمينا وأبآءنا وأمهاتنا وذوى الحقوق علينا وإلى جميع المصنفين والمؤلفين خصوصا الى *الشيخ القاضي أبو شجاع أحمد بن الحسين بن أحمد الأصفهاني*
رحمه الله تعالى رحمة الأبرار ونفعنا به وبعلومه فى الدارين. امين
واخص خصوصا الى المغفور له *الشيخ نجم الدين البنداوي و جميع اهل بيته* لهم الفاتحة...

ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ.
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ. اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ. ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ. ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ. اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ. ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ الضآﻟﻴﻦ.
آمينMateri kita pada hari ini masih tentang perawatan jenazah...
Karna masih brhubungan erat dengan materi kmarin, jadi saya ulang juga materi kmarin 🙏👏🏻

 Fashal Tentang Perawatan Jenazah.
Pada kesempatan kmarin kita telah mnyelesaikan fashal tentang pakaian, dan sekarang kita masuk fashal tentang perawatan jenazah. Dalam kitab matan taqrib, Syech Syihabuddin Abu Syuja' dawuh ;
"فصل" ويلزم في الميت أربعة أشياء: غسله وتكفينه والصلاة عليه ودفنه
👉Ada empat hal yang wajib ditunaikan atas mayit yt; MemandikanMengkafani Menyolati dan Mengubur
واثنان لا يغسلان ولا يصلي عليهما
"Ada dua jenis mayit yang tidak boleh untuk dimandikan dan disholati. Siapakah demikian itu ?? 👇"
الشهيد في معركة المشركين
"Pertama yaitu orang yang mati syahid dalam peperangan melawan orang musyrik "
والسقط الذي لم يستهل صارخا
"Dan yang ke-dua adalah bayi yang baru lahir (siqtu) yang mati tanpa jeritan."
ويغسل الميت وترا
"Adapun dalam proses pemandianya, mayit itu dimandikan dengan bilangan ganjil"
ويكون في أول غسله سدر
"sebaiknya pada permulaan memandikan mayit itu menggunakan air yang dicampur dau widara."
وفي آخره شيء من كافور
"Dan pada ahir pemandian menggunakan air yang dicampuri kapur."
👆👆👆Demikian tadi keterangan dari kitab matan taqrib 👆👆👆
👇👇👇Sedangkan dalam syarah fathul qoribnya, Syeh al Ghozi menjelaskan 👇👇👇

{فصل} فيما يتعلق بالميت من غسله وتكفينه والصلاة عليه ودفنه.
penjelasan tentang sesuatu yang berhubungan dg haq2 mayit.
(ويلزم) على طريق فرض الكفاية
"Adapun hukum mengurusi jenazah itu adalah *fardhu kifayah.* Apakah kewajiban2 diatas tadi 👆👆wajib dilakukan utk semua orang ?? 🤔Ternyata jawabanya tidak, akan tetapi kewajiban tersebut hanya dibrlakukan utk 👉👉"
(في الميت) المسلم غير المحرم والشهيد
"Mayit muslim yang bukan muhrim (orang yang sedang ihrom) dan bukan syahid."
Jadi, Kalau mayitnya orang muslim dan bukan muhrim, juga bukan syahid maka konsekwensi hukumnya fardhu kifayah utk di أربعة أشياء: غسله، وتكفينه، والصلاة عليه، ودفنه. ("Mandikan, kafani, sholati, dan makamkan") Merawat mayit dihukumi fardhu kifayah tadi kalau dsitu bnyak orang, namun kalo hanya ada satu orang yang mengetahui maka ?? وإن لم يعلم بالميت إلا واحد تعين عليه ما ذكر ("Hukum yang tadinya fardhu kifayah menjadi fardhu a'in bagi orang tsb" )
Tadi itu 👆👆👆 utk kasus mayit yang muslim, sedangkan yang ini 👇👇👇
وأما الميت الكافر فالصلاة عليه حرام، حربيا كان أو ذميا؛
"Kasus kalau mayitnya kafir, mka hukum menyolatinya adalah harom baik berupa kafir harbi ataupun dzimmi"
ويجوز غسله في الحالين ويجب تكفين الذمي ودفنه، دون الحربي
والمرتد .
"Adapun utk memandikan kafir maka boleh, dan wajib juga hukumnya mengkafani dan mengubur kafir dzimmi, bukan kafir harbi (musuh) dan murtad"
اما المحرم إذا كفن فلا يستر رأسه، ولا وجه المحرمة؛
"Adapun bagi jenazah muslim yg meninggal saat ihrom maka pengkafananya tidak ditutup kepala & wajahnya."
👆👆 Tadi itu utk jenazah muslim muhrim Sedangkan utk jenazah muslim yang mati syahid 👇👇
وأما الشهيد فلا يصلى عليه كما ذكره المصنف بقوله:
"Syahid itu tidaklah disholati jenazahnya. Sebagaimana perincian sebagai berikut" 👇👇👇
(واثنان لا يغسلان ولا يصلى عليهما): أحدهما (الشهيد في معركة المشركين)، وهو من مات في قتال الكفار بسببه، سواء قتله كافر مطلقا أو مسلم خطأ، أو عاد سلاحه إليه أو سقط عن دابته أو نحو ذلك.
"Syahid yang mati dalam pperangan melawan orang musyrik baik terbunuhnya oleh orang kafir, sesama muslim karna ada kesalahan ataupun karna kesalahn dirinya sendiri, ".
فإن مات بعد انقضاء القتال بجراحة فيه يقطع بموته منها فغير شهيد في الأظهر؛
"Adapun orang yang matinya setelah selesainya perang maka nenurut qoul adzhar bukanlah syahid."
وكذا لو مات في قتال البغاة أو مات في القتال لا بسبب القتال.
"Begitupula ketika matinya krna melawan pemberontak mka bukanlh syahid"
(و) الثاني (السقط الذي لم يستهل) أي لم يرفع صوته (صارخا).
"Yang kedua yaitu bayi Siqtu yang terlahir dg tidak ada jeritan. Namun perlu diketahui 👇👇👇"
فإن استهل صارخا أو بكى فحكمه كالكبير.
"Ketika bayi lahir kemudian menjerit ataupun menangis maka dihukumi seperti halnya mayit yg dewasa."
والسقط بتثليث السين الولد النازل قبل تمامه، مأخوذ من السقوط.
"Adapun pengertian siqtu sendiri adalah bayi yang lahir sebelum umur sempurna kelahiran."
(ويغسل الميت وترا) ثلاثا أو خمسا أو أكثر من ذلك
"Mayit dimandikan dengan bilangan ganjil, boleh 3, 5 ataupun lebih"
(ويكون في أول غسله سدر) أي يسن أن يستعين الغاسل في الغسلة الأولى من غسلات الميت بسدر أو خطمي، (و) يكون (في آخره) أي آخر غسل الميت غير المحرم (شيء) قليل (من كافور) بحيث لا يغير الماء.
"sebaiknya pada permulaan memandikan mayit itu menggunakan air yang dicampur dau widara, dan pada ahir pemandian menggunakan air yang dicampuri kapur sekira tidak merubah air."
واعلم أن أقل غسل الميت تعميم بدنه بالماء مرة واحدة؛ وأما أكمله فمذكور في المبسوطات.
"Adapun batas minimum memandikan mayit adalah dengan meratakn air keseluruh badan dengan sekali basuhan."

Setelah kaifiyah pemandian mayit selesai 👆Kemudian kita masuk pada kaifiyah takfinul mayyit 👇

ويكفن في ثلاثة أثواب بيض ليس فيها قميص ولا عمامة
Mayit dikafani dengan tiga lapis kain kafan putih selain baju kurung dan sorban (hitungan tiga itu selain dengan baju kurung dan sorban sedangkan kalau ditambah baju kurung dan sorban brrti menjadi 5 lapis kain).
Sesudah proses pengkafanan 👆👆👆 selesai kemudian dilanjutkan dengan proses penyolatan 👇👇👇
Dalam proses penyolatan mayit maka 👇
ويكبر عليه أربع تكبيرات
Sholat dilakukan dengan 4 kali takbir
يقرأ الفاتحة بعد الأولى
Setelah takbir yang pertama, kmudian musholli membaca fatihah, dan dilanjutkan takbir yang kedua
ويصلي على النبي صلى الله عليه وسلم بعد الثانية
Setelah takbir yang kedua, maka musholli membaca sholawat atas Nabi dan dilanjutkan takbir yang ke 3
ويدعو للميت بعد الثالثة فيقول
Setelah takbir yang ketiga, kemudian musholi melanjutkan bacaan do'a utk mayyit dengan do'a sbb 👇👇👇
اللهم هذا عبدك وابن عبديك خرج من روح الدنيا وسعتها ومحبوبه وأحبائه فيها إلى ظلمة القبر وما هو لاقيه كان يشهد أن لا إله إلا أنت وحدك لا شريك لك وأن محمدا عبدك ورسولك وأنت أعلم به منا اللهم إنه نزل بك وأنت خير منزو ل به وأصبح فقيرا إلى رحمتك وأنت غني عن عذابه وقد جئناك راغبين إليك شفعاء له اللهم إن كان محسنا فزد في إحسانه وإن كان مسيئا فتجاوز عنه ولقه برحمتك رضاك وقه فتنة القبر وعذابه وافسح له في قبره وجاف الأرض عن جنبيه ولقه برحمتك الأمن من عذابك وحتى تبعثه آمنا إلى جنتك يا أرحم الراحمين,
Setelah do'a utk mayit selesai kemudian dilanjutkan takbir yang ke 4
ويقول بعد الرابعة
Dan setelah takbir ke empat, musholli membaca do'a sbb 👇👇👇
اللهم لا تحرمنا أجره ولا تفتنا بعده واغفر لنا وله,
Dan setelah membaca do'a tersebut kemudian 👇👇👇
ويسلم بعد الرابعة
Salam sebagaimana salamnya sholat yang lain

Demikian keterangan dari matan taqribnya, utk muqobalah silahkan buka kitab syarahnya karna pemateri masih dalam keadaan udzur, mohon do'anya dari para pembaca untuk kesehatan pemateri,  banyak kesalahan mohon utk dimaafkan dan terima kasih atas segala perhatian.
Wassalamu'alaikum warohmatulloh

Comments

Popular posts from this blog

Syawir "Hukum Sholawat saat Memandikan Jenazah"

Kajian Qowaidh al fiqh ( Kitab al Asybah wa an Nadzoir) "Hal yang Berhubungan dengan Niat"

Kajian Ushul Fiqh (waroqot) "Perilaku Shohibus Syariah"