Kajian Matan Taqrib "Prosesi Penguburan/Pemakaman Mayyit"
Materi kita pada hari ini masih seputar perawatan jenazah..Jd sebelum saya lanjutkan materi hari ini, saya akan turunkan materi kemaren biar nyambung..
Lahd, dengan huruf lam yang terbaca fathah dan dlammah, dan huruf ha’ yang terbaca sukun, adalah bagian yang digali di sisi liang kubur bagian bawah di arah kiblat kira-kira seukuran yang bisa memuat dan menutupi mayat.
Mengubur di dalam lahd itu lebih utama daripada mengubur di dalam syiqq jika postur tanahnya keras.
Syiqq adalah galian yang berada di bagian tengah liang kubur yang berbentuk seperti selokan air, di bangun kedua sisinya, mayat di letakkan di antara kedua sisi tersebut dan di tutup dengan bata mentah atau sesamanya.
“dengan menyebut Nama Allah. Dan atas agama Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam”.
Kemudian, mayat diletakkan di dalam kubur dengan posisi tidur miring setelah kubur tersebut digali sedalam ukuran orang berdiri dan melambaikan tangan.
Matan Al-Ghayah wat Taqrib' Abu Syuja'
(مختصر ابى شجاع- متن
الغاية والتقريب)
Nama penulis: Syeh Syihabuddin Abu Syuja' Al-Ashfahani Rohimahullohu Ta'ala
( شهاب الدين احمد ابن
الحسين بن احمد, ابو شجاع , شهاب الدين الطيب الاصفهانى)
Lahir: Tahun 434 H, wafat tahun 593 H
Fan kitab: Fiqh madzhab Syafi'i
Syarah Matan Taqrib:
(مختصر ابى شجاع- متن
الغاية والتقريب)
Nama penulis: Syeh Syihabuddin Abu Syuja' Al-Ashfahani Rohimahullohu Ta'ala
( شهاب الدين احمد ابن
الحسين بن احمد, ابو شجاع , شهاب الدين الطيب الاصفهانى)
Lahir: Tahun 434 H, wafat tahun 593 H
Fan kitab: Fiqh madzhab Syafi'i
Syarah Matan Taqrib:
- Fathul Qorib oleh Imam Al-Ghazi,
- Al-Iqna’ oleh Syekh Syarbini Al-Khathib,
- Bujairimi Syarah Iqna’ oleh Syekh Sualiaman Al-Bujairimiy.
- At-tadzhib Fi Adillati Matnil Ghoyah Wat Taqrib oleh Dr MushthofaDiebul Bigha
بسم اللّٰه الرّحمٰن الرّحيم
lanjut tawasul
إلى حضرة النبي المصطفى سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم وعلى آله وصحبه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتيذنا ومعلمينا وأبآءنا وأمهاتنا وذوى الحقوق علينا وإلى جميع المصنفين والمؤلفين خصوصا الى *الشيخ القاضي أبو شجاع أحمد بن الحسين بن أحمد الأصفهاني*
رحمه الله تعالى رحمة الأبرار ونفعنا به وبعلومه فى الدارين. امين
واخص خصوصا الى المغفور له *الشيخ نجم الدين البنداوي و جميع اهل بيته* لهم الفاتحة...
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ.
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ. اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ. ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ. ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ. اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ. ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ الضآﻟﻴﻦ.
آمين...
Kita masuk pada pembahasan pemakaman jenazah setelah sebelumnya bahas pengafanan jenazah Syekh abu syuja' dalam matan taqribnya dawuh 👇وإلى جميع مشايخنا وأساتيذنا ومعلمينا وأبآءنا وأمهاتنا وذوى الحقوق علينا وإلى جميع المصنفين والمؤلفين خصوصا الى *الشيخ القاضي أبو شجاع أحمد بن الحسين بن أحمد الأصفهاني*
رحمه الله تعالى رحمة الأبرار ونفعنا به وبعلومه فى الدارين. امين
واخص خصوصا الى المغفور له *الشيخ نجم الدين البنداوي و جميع اهل بيته* لهم الفاتحة...
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ.
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ. اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ. ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ. ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ. اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ. ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ الضآﻟﻴﻦ.
آمين...
ويدفن في لحد مستقبل القبلة ويسل من قبل رأسه برفق ويقول الذي يلحده: بسم الله وعلى ملة رسول الله صلى الله عليه وسلم ويضجع في القبر بعد أن يعمق قامة وبسطة ويسطح القبر ولا يبنى عليه ولا يجصص ولا بأس بالبكاء على الميت من غير نوح ولا شق جيب ويعزى أهله إلى ثلاثة أيام من دفنه ولا يدفن اثنان في قبر إلا لحاجة.
Demikian 👆👆👆 dawuh mushonif dalam kitab matan, kemudian imam al Ghozi dalam syarh'y berkomentar 👇👇👇
(ويدفن) الميت (في لحد مستقبل القبلة). واللحد بفتح اللام وضمها وسكون الحاء ما يحفر في أسفل جانب القبر من جهة القبلة قدر ما يسع الميت ويستره. والدفن في اللحد أفضل من الدفن في الشق إن صلبت الأرض. والشق أن يحفر في وسط القبر كالنهر، ويبنى جانباه، ويوضع الميت بينهما ويسقف عليه بلبن ونحوه، ويوضع الميت عند مؤخر القبر. وفي بعض النسخ بعد مستقبل القبلة زيادة، وهي:
(ويسل من قبل رأسه) سلا (برفق)، لا بعنف (ويقول الذي يلحده: «بسم الله وعلى ملة رسول الله - صلى الله عليه وسلم».
ويضجع في القبر بعد أن يعمق قامة وبسطة)، ويكون الاضطجاع مستقبل القبلة على جنبه الأيمن؛ فلو دفن مستدبر القبلة أو مستلقيا نبش، ووجه للقبلة مالم يتغير. (ويسطح القبر) ولا يسنم، (ولا يبنى عليه ولا يجصص)، أي يكره تجصيصه بالجص وهو النورة المسماة بالجير.
Dalam prosesi pemakaman seharusnya 👇👇👇Seorang mayat dimakamkan di dalam lahd (luang landak) dengan menghadap kiblat.(ويسل من قبل رأسه) سلا (برفق)، لا بعنف (ويقول الذي يلحده: «بسم الله وعلى ملة رسول الله - صلى الله عليه وسلم».
ويضجع في القبر بعد أن يعمق قامة وبسطة)، ويكون الاضطجاع مستقبل القبلة على جنبه الأيمن؛ فلو دفن مستدبر القبلة أو مستلقيا نبش، ووجه للقبلة مالم يتغير. (ويسطح القبر) ولا يسنم، (ولا يبنى عليه ولا يجصص)، أي يكره تجصيصه بالجص وهو النورة المسماة بالجير.
( ﻭَﻳُﺪْﻓَﻦُ ) ﺍﻟْﻤَﻴِّﺖُ ( ﻓِﻲْ ﻟَﺤْﺪٍ ﻣُﺴْﺘَﻘْﺒِﻞَ ﺍﻟْﻘِﺒْﻠَﺔِ )
Sedangkan ta'rif dari lahd itu sendiri 👇👇👇Lahd, dengan huruf lam yang terbaca fathah dan dlammah, dan huruf ha’ yang terbaca sukun, adalah bagian yang digali di sisi liang kubur bagian bawah di arah kiblat kira-kira seukuran yang bisa memuat dan menutupi mayat.
ﻭَﺍﻟﻠَّﺤْﺪُ ﺑِﻔَﺘْﺢِ ﺍﻟﻠَّﺎﻡِ ﻭَﺿَﻤِّﻬَﺎ ﻭَﺳُﻜُﻮْﻥِ ﺍﻟْﺤَﺎﺀِ ﻣَﺎ ﻳُﺤْﻔَﺮُ ﻓِﻲْ ﺃَﺳْﻔَﻞِ ﺟَﺎﻧِﺐِ ﺍﻟْﻘَﺒْﺮِ ﻣِﻦْ ﺟِﻬَﺔِ ﺍﻟْﻘِﺒْﻠَﺔِ ﻗَﺪْﺭَ ﻣَﺎ ﻳَﺴَﻊُ ﺍﻟْﻤَﻴِّﺖَ ﻭَﻳَﺴْﺘُﺮُﻩُ
dalam prosesi peletakan pada luangan ini sebenarnya ada dua istilah yaitu peletakan pada landak dan peletakan pada luang syiqq. Namun perlu diketahui bahwa 👇👇👇Mengubur di dalam lahd itu lebih utama daripada mengubur di dalam syiqq jika postur tanahnya keras.
ﻭَﺍﻟﺪَّﻓْﻦُ ﻓِﻲْ ﺍﻟﻠَّﺤْﺪِ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺪَّﻓْﻦِ ﻓِﻲ ﺍﻟﺸَّﻖِّ ﺇِﻥْ ﺻَﻠُﺒَﺖِ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽُ
Sedangkan ta'rif dari syiqq itu sendiri 👇👇👇Syiqq adalah galian yang berada di bagian tengah liang kubur yang berbentuk seperti selokan air, di bangun kedua sisinya, mayat di letakkan di antara kedua sisi tersebut dan di tutup dengan bata mentah atau sesamanya.
ﻭَﺍﻟﺸِّﻖُّ ﺃَﻥْ ﻳُﺤْﻔَﺮَ ﻓِﻲْ ﻭَﺳَﻂِ ﺍﻟْﻘَﺒْﺮِ ﻛَﺎﻟﻨَّﻬْﺮِ ﻭَﻳُﺒْﻨَﻰ ﺟَﺎﻧِﺒَﺎﻩُ ﻭَﻳُﻮْﺿَﻊُ ﺍﻟْﻤَﻴِّﺖُ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻤَﺎ ﻭَﻳُﺴْﻘَﻒُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺑِﻠَﺒِﻦٍ ﻭَﻧَﺤْﻮِﻩِ
Sebelum dimasukkan, mayat diletakkan di sisi belakang / bagian kaki kubur.
ﻭَﻳُﻮْﺿَﻊُ ﺍﻟْﻤَﻴِّﺖُ ﻋِﻨْﺪَ ﻣُﺆَﺧِّﺮِ ﺍﻟْﻘَﺒْﺮِ
Di dalam sebagian redaksi, setelah kata-kata “menghadap kiblat”, ada tambahan keterangan. 👇👇👇
ﻭَﻓِﻲْ ﺑَﻌْﺾِ ﺍﻟﻨُّﺴَﺦِ ﺑَﻌْﺪَ ﻣُﺴْﺘَﻘْﺒِﻞَ ﺍﻟْﻘِﺒْﻠَﺔِ ﺯِﻳَﺎﺩَﺓٌ
Yaitu, mayat di turunkan ke liang kubur dimulai dari arah kepalanya, maksudnya dimasukkan dengan cara yang halus tidak kasar.
ﻭَﻫِﻲَ ( ﻭَﻳُﺴَﻞُّ ﻣِﻦْ ﻗِﺒَﻞِ ﺭَﺃْﺳِﻪِ ) ﺃَﻱْ ﺳَﻠًّﺎ ( ﺑِﺮِﻓْﻖٍ ) ﻟَﺎﺑِﻌَﻨْﻒٍ .
Orang yang memasukkan mayat ke liang lahd , sunnah mengucapkan, 👇👇👇
( ﻭَﻳَﻘُﻮْﻝُ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﻳُﻠْﺤِﺪُﻩُ " ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﻣِﻠَّﺔِ ﺭَﺳُﻮْﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ "
Yang artinya :“dengan menyebut Nama Allah. Dan atas agama Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam”.
Kemudian, mayat diletakkan di dalam kubur dengan posisi tidur miring setelah kubur tersebut digali sedalam ukuran orang berdiri dan melambaikan tangan.
ﻭَﻳُﻀْﻄَﺠَﻊُ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﻘَﺒْﺮِ ﺑَﻌْﺪَ ﺃَﻥْ ﻳُﻌَﻤَّﻖَ ﻗَﺎﻣَﺔً ﻭَﺑَﺴْﻄَﺔً )
Posisi tidur miring tersebut dengan menghadap kiblat dan bertumpuh pada lambung mayat sebelah kanan.
ﻭَﻳَﻜُﻮْﻥُ ﺍﻟْﺎِﺿْﻄِﺠَﺎﻉُ ﻣُﺴْﺘَﻘْﺒِﻞَ ﺍﻟْﻘِﺒْﻠَﺔِ ﻋَﻠَﻰ ﺟَﻨْﺒِﻪِ ﺍﻟْﺄَﻳْﻤَﻦِ
Seandainya mayat dikubur dengan posisi membelakangi kiblat atau terlentang, maka wajib digali lagi dan di hadapkan ke arah kiblat, selama mayat tersebut belum berubah.
ﻓَﻠَﻮْ ﺩُﻓِﻦَ ﻣُﺴْﺘَﺪْﺑِﺮَ ﺍﻟْﻘِﺒْﻠَﺔِ ﺃَﻭْ ﻣُﺴْﺘَﻠْﻘِﻴًﺎ ﻧُﺒِﺶَ ﻭَﻭُﺟِّﻪَ ﻟِﻠْﻘِﺒْﻠَﺔِ ﻣَﺎﻟَﻢْ ﻳَﺘَﻐَﻴَّﺮْ
Bentuk kubur tersebut diratakan, tidak dibentuk seperti punuk unta, tidak dibangun dan tidak di tajshish, maksudnya makruh men- tajshish kubur dengan gamping.
( ﻭَﻳُﺴْﻄَﺢُ ﺍﻟْﻘَﺒْﺮُ ) ﻭَﻟَﺎ ﻳُﺴْﻨَﻢُ ( ﻭَﻟَﺎ ﻳُﺒْﻨَﻰ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﻟَﺎ ﻳُﺠَﺼَّﺺُ ) ﺃَﻱْ ﻳُﻜْﺮَﻩُ ﺗَﺠْﺼِﻴْﺼُﻪُ ﺑِﺎﻟْﺠَﺺِّ
Jash adalah kapur yang diberi nama dengan gamping.
ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻟﻨَّﻮْﺭَﺓُ ﺍﻟْﻤُﺴَﻤَّﺎﺓُ ﺑِﺎﻟْﺠِﻴْﺮِ
Demikian kajian kita pd hari ini. Dari saya cukup sekian, utk ksalahan mohon diluruskan dan dimaafkan... Trimakasih saya ucapkan atas segala perhatian.
Comments
Post a Comment