Syawir "Hukum Sholat Sunnah Berjamaah"

👉Deskripsi ;
Assalamu'alaikum.D salah satu pondok pesantren shalat sunnah rawatib diwajibkan, biar para santri nanti bisa meng-istiqamahkan shalat tersebut. Untuk mempermudah mengkondisikan shalat rawatib tersebut (semua santri melaksanakan), maka dbentuk berjamaah.
👦Pertanyaan ;
  1. Bolehkan shalat rawatib itu dikerjakan secara berjamaah.
  2. Kalau boleh, apakah Imam tersebut membacakan bacaannya dg jahr atau sirriyyah (nyaring atau pelan)? 
  3. Bagaimana pula, kalau shalat Sunnah Tahajjud, Duha dan lainnya juga dkerjakan dg berjamaah?
💞Jawaban ;
Wa''alaikumussalam warohmatulloh
  1. Abu Zakariya Muhyiddin Yahya bin Syaraf al-Nawawi di dalam kitabnya (al Majmu’ Syarh al Muhaddzab) juga mengungkapkan bahwa shalat-shalat sunah yang lain seperti shalat sunah rawatib, shalat sunah dluha, dan shalat sunah mutlak tidak diperintahkan, ya’ni tidak disunahkan berjama’ah, *namun jika dilakukan secara berjama’ah, maka diperbolehkan dan tidak makruh* . Imam Syafi’i rahimahullah di dalam dua kitab Muhtashar “al Buwaithi” dan “al Rabi’” menjelaskan bahwa tidak ada kekhawatiran (boleh) melaksanakan shalat sunah secara berjam’ah. Imam Syafi’i mengklaim bahwa kebolehan tersebut mendapatkan legitimasi dari berbagai hadits shahih.
  2. hukum mengeraskan bacaan dalam2 shalat yang dianjurkan *mengeraskan bacaan (jahriyah) adalah hilaf* sebagaimana berikut: 
  • Ulama’ dari kalangan madzhab Syafi’i dan madzhab Maliki menyatakan sunah.
  • Ulama’ dari kalangan madzhab Hanafi menyatakan boleh untuk memilih antara mengeraskan dan melirihkan (bacaan), hanya saja mengeraskan bacaan adalah lebih istimewa.
  • Ulama’ dari kalangan madzhab Hambali menyatakan boleh untuk memilih antara mengeraskan dan melirihkan (bacaan).
3. Idem dengan jawaban poin A.
Wallahu a’lam bis shawab. 
💭Ibarot;
*المجموع شرح المهذب (4/ 55)*
وَأَمَّا بَاقِي النَّوَافِلِ كَالسُّنَنِ الرَّاتِبَةِ مَعَ الْفَرَائِضِ وَالضُّحَى وَالنَّوَافِلِ الْمُطْلَقَةِ فَلَا تُشْرَعُ فِيهَا الْجَمَاعَةُ أَيْ لَا تُسْتَحَبُّ *لَكِنْ لَوْ صَلَّاهَا جَمَاعَةً جَازَ* وَلَا يُقَالُ إنَّهُ مَكْرُوهٌ وَقَدْ نَصَّ الشَّافِعِيُّ رَحِمَهُ اللَّهُ فِي مُخْتَصَرَيْ الْبُوَيْطِيِّ وَالرَّبِيعِ عَلَى *أَنَّهُ لَا بَأْسَ بِالْجَمَاعَةِ فِي النَّافِلَةِ وَدَلِيلُ جَوَازِهَا جَمَاعَةُ أَحَادِيثَ كَثِيرَةٍ فِي الصَّحِيحِ .*
*الفقه على المذاهب الأربعة (1/ 237)*
الجهر بالقراءة : ومن السنن الجهر بالقراءة للإمام والمنفرد في الركعتين الأوليين من صلاة المغرب والعشاء، وفي ركعتي الصبح والجمعة، وهذا متفق عليه عند المالكية، والشافعية؛ أما الحنفية، والحنابلة، فانظر مذهبهم تحت الخط (2)
حد الجهر والإسرار في الصلاة
ومن السنن الإسرار لكل مصل، فيما عدا ذلك من الفرائض الخمس، وهو سنة عند ثلاثة من الأئمة، وقال المالكية: إنه مندوب لا سنة؛ أما الجهر والإسرار في غير الفرائض كالوتر ونحوه والنوافل، ففيه تفصيل في المذاهب، فانظره تحت الخط (3) ، وفي حد الجهر والإسرار
  1.  المالكية قالوا: يندب للرجل أن يبعد بطنه عن فخذيه، ومرفقيه عن ركبتيه، وضبعيه عن جنبيه إبعاداً وسطاً في الجميع
  2.  الحنفية قالوا: الجهر واجب على الإمام، وسنة للمنفرد، كما تقدم، ثم إن المنفرد مخير بن الجهر والإسرار في الصلاة الجهرية، فله أن يجهر فيها، وله أن يسر، إلا أن الجهر أفضل، وكذلك المسبوق في الصلاة الجهرية بأن فاتته ركعة من الجمعة خلف الإمام أو الصبح أو العشاء أو المغرب، ثم قام يقضيها، فإنه مخير بين أن يسر فيها وبين أن يجهر، ولا فرق في الصلاة الجهرية بين أن تكون أداء أو قضاء على الصحيح، فإذا فاتته صلاة العشاء مثلاً، وأراد قضاءها في غير وقتها، فإنه مخير بين أن يسر فيها أو يجهر؛ أما صلاة السرية فإنه المنفرد ليس مخيراً فيها. بل يجب عليه أن يسر على الصحيح، فإن جهر في صلاة العصر أو الظهر مثلاً، فإنه يكون قد ترك الواجب، ويكون عليه سجود السهو بناء على تصحيح القول بالوجوب، أما المأموم فإنه يجب عليه الانصات في كل حال، كما تقدم. الحنابلة قالوا: المنفرد مخير بين الجهر والإسرار في الصلاة الجهرية

Comments

Popular posts from this blog

Syawir "Hukum Sholawat saat Memandikan Jenazah"

Kajian Qowaidh al fiqh ( Kitab al Asybah wa an Nadzoir) "Hal yang Berhubungan dengan Niat"

Kajian Ushul Fiqh (waroqot) "Perilaku Shohibus Syariah"