Kajian Matan Taqrib "Sholat Khouf"


بسم اللّٰه الرّحمٰن الرّحيم
إلى حضرة النبي المصطفى سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم وعلى آله وصحبه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتيذنا ومعلمينا وأبآءنا وأمهاتنا وذوى الحقوق علينا وإلى جميع المصنفين والمؤلفين خصوصا الى *الشيخ القاضي أبو شجاع أحمد بن الحسين بن أحمد الأصفهاني*
رحمه الله تعالى رحمة الأبرار ونفعنا به وبعلومه فى الدارين. امين
واخص خصوصا الى المغفور له *الشيخ نجم الدين البنداوي و جميع اهل بيته* لهم الفاتحة...
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ.
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ. اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ. ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ. ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ. اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ. ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ الضآﻟﻴﻦ.
آمين.....
syekh abu syuja' dawuh dalam matan taqrib;
"Fashal Menjelaskan tentang Sholat Khauf"
"فصل" وصلاة الخوف على ثلاثة أضرب

Syekh abu syuja' menyebutkan bahwa model pelaksanaan sholat khouf itu ada 3, namun sebenrnya ada juga yang mngatakan lebih dari 3.apasaja 3 model itu ??
 
أحدها أن يكون العدو في غير جهة القبلة
فيفرقهم الإمام فرقتين
فرقة تقف في وجه العدو وفرقة خلفه
فيصلي بالفرقة التي خلفه ركعة ثم تتم لنفسها وتمضي إلى وجه العدو
وتأتي الطائفة الأخرى فيصلي بها ركعة ثم تتم لنفسها ويسلم بها

"Model yang pertama yaitu ketika musuh tidak berada di arah qiblat. Maka imam membaginya mnjadi dua kelompok. Kelompok yang pertama berdiri menghadap musuh dan kelompok kedua berdiri dibelakang imam. Kemudian imam mngrjakan sholat bersama kelompok yang ada dibelakangnya, setelah mndapat satu rokaat kemudian mereka mnyempurnkan sholatnya sendiri dan bergantian mnjaga musuh. Kemudian kelompok yg pertama mngerjakan jamaah satu rokaat dengan imam dan mnyempurnakan sholatnya kemudian salam bersamaan dengan salamnya imam"

والثاني أن يكون العدو في جهة القبلة
فيصفهم الإمام صفين
ويحرم بهم فإذا سجد سجد معه أحد الصفين ووقف الصف الآخر يحرسهم فإذا رفع سجدوا ولحقوه 

Model yang kedua, apabila musuh berada disebelah kiblat. Maka Imam membuat barisan sholat menjadi dua baris. Kemudian Imam takbir bersama mereka semua, ketika Imam sujud maka salah satu diantara 2 baris belakangnya ikut sujud bersama Imam dan barisan satunya tetap berdiri guna mengawasi musuh dan berjaga. Setelah barisan yang satunya telah berdiri maka barisan yang lain menyusul sujud bersama Imam

والثالث أن يكون في شدة الخوف والتحام الحرب
فيصلي كيف أمكنه راجلا أو راكبا مستقبل القبلة وغير مستقبل لها.

"Model yang ketiga,terjadi disaat keadaan perang sedang berlangsung dan keadaan sangat menggentingkan, mka sholatlah dengan keadaan yang memungkinkan bisa dilakukan, boleh dg berjalan ataupun menunggang, boleh pula menghadap qiblat ataupun tidak".

⏭⏭⏭⏭⏭⏭⏭

 صلاة الخوف
{فصل} في كيفية صلاة الخوف. *وإنما أفردها المصنف عن غيرها من الصلوات بترجمة لأنه يحتمل في إقامة الفرض في الخوف ما لا يحتمل في غيره.*
(وصلاة الخوف) أنواع كثيرة تبلغ ستة أضرب - كما في صحيح مسلم - اقتصر المصنف منها (على ثلاثة أضرب:

"Demikian Kaifiyyah sholat khouf dalam matan taqrib, sedangkan dalam syarh fath al-qaribnya. Alasan mengapa keterangan sholat khouf diakhirkan, karena didalamnya terdapat kaifiyah yang berbeda dengan sholat lain. Keterangan bahwa model sholat khouf itu banyak, bahkan dalam shohih muslim disebutkan ada 6 model, namun mushonif taqrib yakni Syekh Abu Syuja' meringkasnya menjadi 3,"

أحدها أن يكون العدو في غير جهة القبلة)، وهو قليل، وفي المسلمين كثرة بحيث تقاوم كل فرقة منهم العدو؛ (فيفرقهم الإمام فرقتين: فرقة تقف في وجه العدو) تحرسه، (وفرقة تقف خلفه) أي الإمام؛ (فيصلي بالفرقة التي خلفه ركعة، ثم) بعد قيامه للركعة الثانية (تتم لنفسها) بقية صلاتها، (وتمضي) بعد فراغ صلاتها (إلى وجه العدو) تحرسه، (وتأتي الطائفة الأخرى) التي كانت حارسة في الركعة الأولى، (فيصلي) الإمام (بها ركعة)، فإذا جلس الإمام للتشهد تفارقه (وتتم لنفسها) ثم ينتظرها الإمام (ويسلم بها). وهذه صلاة رسول الله - صلى الله عليه وسلم - بذات الرقاع. سميت بذلك لأنهم رقعوا فيها راياتهم؛ وقيل غير ذلك

"Model pertama dari sholat khouf, ketika musuh tidak berada di arah kiblat dan jumlah musuh lebih sedikit daripada umat islam, maka Imam membagi umat islam menjadi dua kelompok, kelompok yang pertama berdiri menghadap musuh dan kelompok kedua berdiri dibelakang Imam dan mengerjakan sholat bersamanya. Setelah mendapat satu rakaat, kemudian mereka mufaraqah dan menyempurnakan sholatnya sendiri dan bergantian menjaga musuh, kemudian kelompok yang pertama mengerjakan jamaah satu rakaat dengan Imam dan mufaraqah menyempurnakan sholatnya, kemudian salam bersamaan denga salamnya Imam"- Ini model sholat khauf yang dikerjakan Dzatir Riqa-

والثاني أن يكون في جهة القبلة) في مكان لا يسترهم عن أعين المسلمين شيء، وفي المسلمين كثرة تحتمل تفرقهم، (فيصفهم الإمام صفين) مثلا، (ويحرم بهم) جميعا؛ (فإذا سجد) الإمام في الركعة الأولى (سجد معه أحد الصفين) سجدتين، (ووقف الصف الآخر يحرسهم؛ فإذا رفع) الإمام رأسه (سجدوا ولحقوه) ويتشهد بالصفين، ويسلم بهم. وهذه صلاة رسول الله - صلى الله عليه وسلم - بعسفان، وهي قرية في طريق الحاج المصري، بينها وبين مكة مرحلتان؛ سميت بذلك لعسف السيول فيها.
"Model yang kedua, apabila musuh berada disebelah kiblat dan jumlah muslim juga banyak, pengawasan mereka terhadap musuh tidak terhalang, maka Imam membagi umat islam menjadi 2 (membuat barisan sholat menjadi 2 baris) kemudian takbir bersama mereka semua. Ketika Imam Sujud maka salah satu diantara 2 baris dibelakangnya ikut sujud bersama Imam dan barisan salah satunya tetap berdiri, kemudian saling bergantian dengan barisan satunya, untuk tasyahud dan salam mereka bersamaan"- Inilah model sholat khouf di daerah Asfan-

(والثالث أن يكون في شدة الخوف والتحام الحرب)، هو كناية عن شدة الاختلاط بين القوم بحيث يلتصق لحم بعضهم ببعض، فلا يتمكنون من ترك القتال، ولا يقدرون على النزول إن كانوا ركبانا، ولا على الانحراف إن كانوا مشاة؛ (فيصلي) كل من القوم (كيف أمكنه، راجلا) أي ماشيا (أو راكبا، مستقبل القبلة وغير مستقبل لها). ويعتذرون في الأعمال الكثيرة في الصلاة كضربات متوالية.

"Model yang ketiga terjadi saat keadaan perang sedang berlangsung dan keadaan sangat menggentingkan maka sholatlah dengan keadaan memungkinkan bisa dilakukan, boleh dengan berjalan ataupun menunggang, boleh juga menghadap kiblat ataupun tidak. Dalam keadaan ini gerakan-gerakan yang sangat banyak tetap dima'fu/dianggap udzur sebagaimana pukulan/tebasan yang berkali-kali. "

Demikian materi kita pada hari ini, dari saya cukup sekian pastinya bnyak ksalahan mohon utk dimaafkan, silahkan yang akan mnambah ketrangan, trimakasih saya haturkan..

dibawah adalah contoh sholat khauf model kedua,


Comments

Popular posts from this blog

Syawir "Hukum Sholawat dengan Berjoget (dangdutan)

Kajian Qowaidh al fiqh ( Kitab al Asybah wa an Nadzoir) "Hal yang Berhubungan dengan Niat"

Syawir "Hukum Sholawat saat Memandikan Jenazah"