kajian fiqih marah, nifas bagian ke 3


[10/10 07:57] khimayya kajian fiqih: Bismillah. Saya mulai materi kajian fiqh wanita hari ini.
[10/10 07:58] khimayya kajian fiqih: إلى حضرة النبي المصطفى سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم وعلى آله وصحبه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتيذنا ومعلمينا وأبآءنا وأمهاتنا وذوى الحقوق علينا وإلى جميع المصنفين والمؤلفين خصوصا الى

Penyusun buku Uyunul Masail linnisa, kedua orang tuaku, kedua adikku,  dan yang ikhlas berbagi ilmu. Semoga selalu dilimpahkan keberkahan dan khusnul khotimah.

 لهم الفاتحة...
ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ.
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ. اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ. ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ. ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ. اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ. ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ الضآﻟﻴﻦ.
آمين...
[10/10 07:59] khimayya kajian fiqih: 🍭 selasa, 10 oktober 2017 🍭

*HUKUM YANG BERKAITAN DENGAN HAIDL DAN NIFAS*
```Hal" yang diharamkan sebab haidl dan nifas```
Ketika darah yang keluar bisa dikategorikan haidl atau nifas (darah keluar pada waktu yang dimungkinkan keluarnya darah haidl atau nifas), maka ada beberapa hal yang diharamkan, yaitu:

```1``` Sholat (wajib maupun sunna).
Sabda rasululloh SAW:
إذا أ قبلت الحيضة فدعى الصلاة. الحديث (رواه البخارى)
Artinya: jika kamu (wanita) menghadapi atau mengalami haidl, maka tinggalkanlah sholat. (HR. Bukhori).

Sholat yang ditinggalkan selama masa haidl atau nifas tidak wajib diqodlo. Sebab tidak ada perintah qodlo' dari syara'. Disamping hal itu dianggap akan menimbulkan masyaqqoh (kesulitan), mengingat kewajiban sholat sehari semalam 5×.
[10/10 07:59] khimayya kajian fiqih: ```2``` sujud syukur dan tilawah.
```3``` puasa (wajib maupun sunnah)
Rasululloh bersabda:
أليس إذا حاضت المرأة لم تصل ولم تضم (متفق عليه فى حديث طويل).
Artinya: Bukankah perempuan apabila sedang haidl tidak boleh sholat dan puasa? (HR. Bukhori dan muslim).

Berbeda
Dengan sholat, puasa yang ditinggalkan itu wajib diqodlo'i. Mengingat puasa hanya sekali (1 bulan) dalam setahun, sehingga dianggap tidak timbul masyaqqoh.
```4``` Thowaf (baik wajib maupun sunnah)
```5``` Membaca Alqur'an
```6``` menyentuh dan membawa mushaf
```7```lewat ataupun berdiam diri didalam masjid.
```8``` Dicerai
Hal ini diharamkan, sebab bila sang istri dicerai saat haidl, maka akan menjadi penyebab bertambah lamanya masa 'iddah ( penantian untuk memastikan kosongnya rahim). Sebab masa 'iddah yang harus ia lakukan adalah 3× suci dari masa haidl, sehingga untuk menjalani tiga suciannya ia harus menghabiskan dulu masa haidlnya. Dan hal ini jelas akan menambah lamanya masa penantian wanita yang diceraikannya.
[10/10 08:02] khimayya kajian fiqih: Iddah wanita yang di cerai saat haidl
Haidl 💔
Suci *1*
Haidl
Suci *2*
Haidl
Suci *3*
Haidl
Suci 👉 'iddah baru selesai

Iddah wanita yg dicerai saat suci
Suci 💔
Haidl
Suci *1*
Haidl
Suci *2*
Haidl
Suci *3* 👉 iddah sudah selesai.
[10/10 08:04] khimayya kajian fiqih: ```9``` Bersetubuh atau bersentuhan kulit pada anggota tubuh antara lutut dan pusar.
Menurut para ulama, menyetubuhi istri disaat haidl, termasuk dosa besar, meskipun tidak sampai mewajibkan kafarot. Dan banyak dari kalangan dokter maupun ulama' mengemukakan bahwa bersetubuh disaat istri haidl atau darah sudah berhenti namun blm mandi, akan berakibat buruk pada kesehatan. Diantaranya komentar Al-Imam  Al-Ghozali yang menyebutkan bahwa hal tsb akan menimbulkan penyakit kulit yang dahsyat pada diri suami, dan mungkin pada anak yang akan lahir kelak.
Kemudian bagi seseorang yang terlanjur menggauli istrinya disaat haidl, disunnahkan untuk shodaqoh satu dinar (3, 88 gram emas), jika saat bersetubuh darah haidl keluar dengan deras. Dan shodaqoh setengah dinar di saat darah haidl menjelang berhenti.
Sedangkan bersentuhan kulit pada anggota tubuh antara lutut dan pusar yang tidak memakai penghalang (حائل) hukumnya diharamkan, meskipun tidak disertai syahwat. Sebab hal ini mendorong suami untuk melakukan persetubuhan.


_sumber: buku uyunul masail linnisa_
_Penerbit LBM MHM lirboyo kediri jatim_
_Hal 57-67_

Comments

Popular posts from this blog

Syawir "Hukum Sholawat saat Memandikan Jenazah"

Kajian Qowaidh al fiqh ( Kitab al Asybah wa an Nadzoir) "Hal yang Berhubungan dengan Niat"

Kajian Ushul Fiqh (waroqot) "Perilaku Shohibus Syariah"