aqiqoh dan qurban nadzar
sail @+62 823-3537-6281
*pertanyaan* ;
asalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh
aqiqoh apabila zaid(misalnya) berkata aku akan berkurban pada 'idul adha tahun ini atau "aku akan mengaqiqahi anakku"
Apakah perkataan diatas sudah termasuk nadzar
Trimakasih
Wasalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh
*jawab* ;
وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
dlm nazar qurban dan aqiqoh sebenarnya ada khilafiyah diantaranya mnyatakan harus ada ta'yin pada hewannya bkn cuma niat beli untuk qurban/ aqiqoh mnurut qoul ashoh karena ta'yin juga tidak berlaku dalam dzimmah.
sebagaimana yg dikatakan imam Ahmad Salamah al-Qalyubi di dalam kitabnya (Hasyiyata al-Qalyubi Wa ‘Amirah) menjelaskan bahwa qurban tidak menjadi wajib kecuali dengan kewajiban (dengan nadzar). Yang dikehendaki dengan hal itu, sesungguhnya niat membeli (hewan) untuk dikurbankan tidak menyebabkan menjadi wajib. Ini menurut pendapat ashah. qurban menjadi wajib dengan nadzar dan yang menyamainya, seperti ucapan “Aku jadikan (kambing, sapi) ini sebagai kurban” atau “Ini adalah (hewan) kurban”.
begitu juga Imam Syamsuddin; Muhammad bin Abi al-Abbas; Ahmad bin Hamzah; Syihabuddin al-Ramli di dalam kitabnya (Nihayah al-Muhtaj Ila Syarh al-Minhaj) dalam sebuah cabang hukum menyatakan bahwa jika seseorang berkata “Jika aku memiliki kambing ini, maka karena Allah aku akan berkurban dengannya”, maka tidak menjadi wajib walaupun ia memilikinya, karena penentuan (ta’yin) tidak berlaku dalam tanggungan (dzimmah). Berbeda dengan ungkapan “Jika aku memiliki kambing, maka karena Allah aku akan berkurban dengannya”, maka menjadi wajib ketika ia memiliki kambing, karena sesuatu yang tidak ditentukan berlaku dalam sebuah tanggungan. Dua masalah ini dipaparkan oleh para ilmuan. Simaklah dalam kitab “al-Raudlah” dan yang lain. dikutip dari Imam Syihabuddin bin Qasim al-Ubbadi
maka utk mnanggapi kasus sail yg hanya mngatakan "aku akan berqurban pada tahun ini" dan "aku akan mengaqiqohi anakku" belum termasuk nadzar.
wallohu a'lam bisshowab.
*ibarot* ;
إعانة الطالبين ج ٢ ص ٣٣٦
وهي أى العقيقة وقوله كضحية أى في معظم الأحكام وهو الجنس والسن والسلامة من العيوب والنية والأكل والتصدق والإهداء والتعين بالنذر أو بالجعل كأن قال لله علي أن أعق بهذه الشاة أوقال جعلت هذه عقيقة عن ولدي فتتعين في ذلك ولا يجوز حينئذ الأكل منها رأسا وتفارق الأضحية في بعض الأحكام وهو أنه لا يجب إعطاء الفقراء منها قدر متمول نيأ وفي أنه إذا أهدى منها شيأ للغنى ملكه وفي أنها لا تتقيد بوقت بخلاف الأضحية في جميع ذلك.
أسنى المطالب شرح روض الطالب ج ٦ ص ٤٦٠
( وتجب بالنذر ) كسائر القرب وكذا بقوله جعلت هذه أضحية كما سيأتي ( فإن قال : لله علي إن اشتريت شاة أن أجعلها أضحية واشترى ) شاة ( لزمه أن يجعلها ) أضحية وفاء عما التزمه في ذمته هذا إن قصد الشكر على حصول الملك فإن قصد الامتناع فنذر لجاج وسيأتي ( فإن عينها ) فقال إن اشتريت هذه الشاة فعلي أن أجعلها أضحية ( ففي لزوم جعلها ) أضحية ( وجهان ) أحدهما لا قال في المجموع ، وهو أقيس تغليبا لحكم التعيين وقد أوجبها قبل الملك فيلغو كما لو علق به طلاقا أو عتقا والثاني نعم تغليبا للنذر ( ولا تصير ) البدنة أو الشاة في هذه وفيما لو اشتراها بنية الأضحية ( أضحية بنفس الشراء ، ولا بالنية ) ؛ لأن إزالة الملك على سبيل القربة لا تحصل بذلك كما لو اشترى عبدا بنية الوقف أو العتق .
حاشيتا قليوبي وعميرة (4/ 250)
[كتاب الأضحية] قوله: (لا تجب إلا بالتزام) يريد به أن نية الشراء للأضحية لا توجبها وهو كذلك على الأصح، قوله: (بالنذر) أي وما ألحق به كجعلتها أضحية أو هذه أضحية.
نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج (8/ 131)
[فرع] لو قال: إن ملكت هذه الشاة فلله علي أن أضحي بها لم تلزمه، وإن ملكها لأن المعين لا يثبت في الذمة بخلاف إن ملكت شاة فلله علي أن أضحي بها فتلزمه إذا ملك شاة لأن غير المعين يثبت في الذمة، كذا صرحوا بهما فانظر الروض وغيره انتهى سم على منهج.
Comments
Post a Comment