9. ritual ngumbah keris dibulan suro


As'ilah

Assalamu'alaikum,,, bulan Suro ini daerahku bnyk org melakukan ritual ngunbah keris, karena jk tdk di kumbah maka ada kykinan keris2 itu bkl menggoda atau mnjdikan trjdiny musibah,,bgaimn hukumny di sertai keterangn

Jawaban
Hukum mengumbah keris selama mayakini bahwa mu’astirnya (yang menjadikan musibah bila tidak diumbah) adalah Allah , bukan disebabkan tidak mengumbah keris
(Jadi bila keyakinan yg mnjadikan musibah sebab tidak mengumbah keris maka bisa kufur)

Hukum keyakinan diklasifikasikan dalam 4 bentuk:

a.Kalau menyakini bahwa yang menjadikan musibah adalah keris yg tidak diumbah maka ulama’ sepakat dihukumi kufur.

b.Kalau Menyakini bahwa yang menjadikan musibah adalah keris yg tidak diumbah atas kekuatan yang di titipkan Allah pada keris tsb maka khilaf

 - Pendapat Al-Ashoh tidak dihukumi kufur dan bisa disebut fasiq.

 - Muqobil Ashoh dihukumi kufur.

c.Kalau meyakini bahwa keris tersebut pasti bisa menjadikan musibah dengan ketentuan Allah maka tergolong jahil (orang bodoh) dan tidak menyebabkan kufur

d.Kalau meyakini bahwa keris tersebut biasanya bisa mnjadikan dtngnya musibah dengan ketentuan Allah maka termasuk golongan yang selamat.

e. melakukan ssuatu supaya Alloh menjauhkannya dr amukan jin, maka boleh alias tdak haram..

1.تحفة المريد ص : 58

فمن اعتقد أن الأسباب العادية كالنار والسكين والأكل والشرب تؤثر فى مسبباتها الحرق والقطع والشبع والرى بطبعها وذاتها فهو كافر بالإجماع أو بقوة خلقها الله فيها ففى كفره قولان والأصح أنه ليس بكافر بل فاسق مبتدع ومثل القائلين بذلك المعتزلة القائلون بأن العبد يخلق أفعال نفسه الإختيارية بقدرة خلقها الله فيه فالأصح عدم كفرهم ومن اعتقد المؤثر هو الله لكن جعل بين الأسباب ومسبباتها تلازما عقليا بحيث لا يصح تخلفها فهو جاهل وربما جره ذلك إلى الكفر فإنه قد ينكر معجزات الأنبياء لكونها على خلاف العادة ومن اعتقد أن المؤثر هو الله وجعل بين الأسباب والمسببات تلازما عادي بحيث يصح تخلفها فهو المؤمن الناجى إن شاء الله إهـ.

إعانة الطالبين - (ج 2 / ص 397)
(قوله: فائدة: من ذبح) أي شيئا من الابل، أو البقر، أو الغنم. وقوله: تقربا لله تعالى أي بقصد التقرب والعبادة لله تعالى وحده. وقوله: لدفع شر الجن عنه علة الذبح، أي الذبح تقربا لاجل أن الله سبحانه وتعالى يكفي الذابح شر الجن عنه. وقوله: لم يحرم أي ذبحه، وصارت ذبيحته مذكاة، لان ذبحه لله لا لغيره، (قوله: أو بقصدهم: حرم) أي أو ذبح بقصد الجن لا تقربا إلى الله، حرم ذبحه، وصارت ذبيحته ميتة. بل إن قصد التقرب والعبادة للجن كفر كما مر فيما يذبح عند لقاء السلطان أو زيارة نحو ولي.

Comments

Popular posts from this blog

Syawir "Hukum Sholawat dengan Berjoget (dangdutan)

Kajian Qowaidh al fiqh ( Kitab al Asybah wa an Nadzoir) "Hal yang Berhubungan dengan Niat"

Syawir "Hukum Sholawat saat Memandikan Jenazah"