Kajian Kitab Taqrib Abi Syuja' Tentang Sholat Jama'ah

mari kita mulai kajian kita pada hari ini dg bacaan basmalah...

بسم اللّٰه الرّحمٰن الرّحيم

lanjut tawasul

 إلى حضرة النبي المصطفى سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم وعلى آله وصحبه أجمعين.
وإلى جميع مشايخنا وأساتيذنا ومعلمينا وأبآءنا وأمهاتنا وذوى الحقوق علينا وإلى جميع المصنفين والمؤلفين خصوصا الى *الشيخ القاضي أبو شجاع أحمد بن الحسين بن أحمد الأصفهاني* 
رحمه الله تعالى رحمة الأبرار ونفعنا به وبعلومه فى الدارين. امين
واخص خصوصا الى المغفور له *الشيخ نجم الدين البنداوي و جميع اهل بيته* لهم الفاتحة...

ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ.
اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ. اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﺮﺣﻴﻢ. ﻣﺎﻟﻚ ﻳﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ. ﺇﻳﺎﻙ ﻧﻌﺒﺪ ﻭﺇﻳﺎﻙ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ. اﻫﺪﻧﺎ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ. ﺻﺮاﻁ اﻟﺬﻳﻦ ﺃﻧﻌﻤﺖ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻏﻴﺮ اﻟﻤﻐﻀﻮﺏ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﻻ الضآﻟﻴﻦ.
آمين...

Nama kitab: Matan Al-Ghayah wat Taqrib' Abu Syuja'

(مختصر ابى شجاع- متن
الغاية والتقريب)

Nama penulis: Syeh Syihabuddin Abu Syuja' Al-Ashfahani Rohimahullohu Ta'ala

 ( شهاب الدين احمد ابن
الحسين بن احمد, ابو شجاع , شهاب الدين الطيب الاصفهانى)


Lahir: Tahun 434 H, wafat tahun 593 H
Fan kitab: Fiqh madzhab Syafi'i

Syarah Matan Taqrib:

a. Fathul Qorib oleh Imam Al-Ghazi,
b. Al-Iqna’ oleh Syekh Syarbini Al-Khathib,
c. Bujairimi Syarah Iqna’ oleh Syekh Sualiaman Al-Bujairimiy.
d. At-tadzhib Fi Adillati Matnil Ghoyah Wat Taqrib oleh Dr Mushthofa
Diebul Bigha

"‍ﻓ‍‍ﺼ‍‍ﻞ‍" ‍ﻭ‍ﺻ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺓ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺠ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻋ‍‍ﺔ ‍ﺳ‍‍ﻨ‍‍ﺔ ‍ﻣ‍‍ﺆ‍ﻛ‍‍ﺪ‍ﺓ
Fasal menjelaskan tentang sholat jama'ah.
 adapun hukum sholat berjama'ah adalah sunah muakkad (sunah yang dikukuhkan)
 demikian keterangan dr matan taqrib sedangkan dalam syarh fathul qorib dijelaskan

(‍ﻭ‍ﺻ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺓ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺠ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻋ‍‍ﺔ) ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﺮ‍ﺟ‍‍ﺎ‍ﻝ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻔ‍‍ﺮ‍ﺍ‍ﺋ‍‍ﺾ‍ ‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺠ‍‍ﻤ‍‍ﻌ‍‍ﺔ (‍ﺳ‍‍ﻨ‍‍ﺔ ‍ﻣ‍‍ﺆ‍ﻛ‍‍ﺪ‍ﺓ) ‍ﻋ‍‍ﻨ‍‍ﺪ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺼ‍‍ﻨ‍‍ﻒ‍ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺮ‍ﺍ‍ﻓ‍‍ﻌ‍‍ﻲ‍. ‍

hukum berjama'ah dalam sholat maktubah selain sholat jum'at bg orang laki2 adalah sunah muakkad mnurt mushonif dan imam rofi'i

 hukum sholat jama'ah trdapat khilafiyah, msih dr syarh fathul qorib

ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﺻ‍‍ﺢ‍ ‍ﻋ‍‍ﻨ‍‍ﺪ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻨ‍‍ﻮ‍ﻭ‍ﻱ‍ ‍ﺃ‍ﻧ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﻓ‍‍ﺮ‍ﺽ‍ ‍ﻛ‍‍ﻔ‍‍ﺎ‍ﻳ‍‍ﺔ.

 qoul ashoh mnurt imam nawawi hukumnya fardhu kifayah
 sedangkan dr al Iqna' dijelaskan

(وَصَلَاة الْجَمَاعَة) فِي المكتوبات غير الْجُمُعَة *(سنة مُؤَكدَة) وَلَو للنِّسَاء للأحاديث السَّابِقَة وَهَذَا مَا قَالَه الرَّافِعِيّ وَتَبعهُ المُصَنّف* وَالأَصَح الْمَنْصُوص كَمَا *قَالَه النَّوَوِيّ أَنَّهَا فِي غير الْجُمُعَة فرض كِفَايَة لرجال* أَحْرَار مقيمين غير عُرَاة فِي أَدَاء مَكْتُوبَة لقَوْله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم مَا من ثَلَاثَة فِي قَرْيَة أَو بَدو لَا تُقَام فيهم الْجَمَاعَة إِلَّا استحوذ عَلَيْهِم الشَّيْطَان أَي غلب فَعَلَيْك بِالْجَمَاعَة فَإِنَّمَا يَأْكُل الذِّئْب من الْغنم القاصية رَوَاهُ أَبُو دَاوُد وَالنَّسَائِيّ وَصَححهُ ابْن حبَان وَالْحَاكِم 

[الخطيب الشربيني، الإقناع في حل ألفاظ أبي شجاع، ١٦٣/١]

dsana djelaskan bhwa hukum sholat jama'ah sunah muakkad wlaupun bg wanita mnurt imam rofi'i dan mnurt imam nawawi fardhu kifayah bg laki2.

perlu dicatat bhwa ini khilafiyah utk sholat jama'ah selain sholat jum'at. hhe
dari syarh fathul qorib dijelaskan

ﻭ‍ﻳ‍‍ﺪ‍ﺭ‍ﻙ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺄ‍ﻣ‍‍ﻮ‍ﻡ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺠ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻋ‍‍ﺔ ‍ﻣ‍‍ﻊ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺠ‍‍ﻤ‍‍ﻌ‍‍ﺔ ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﺴ‍‍ﻠ‍‍ﻢ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺘ‍‍ﺴ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻤ‍‍ﺔ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﻰ ‍ﻭ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﻘ‍‍ﻌ‍‍ﺪ ‍ﻣ‍‍ﻌ‍‍ﻪ‍

seorang ma'mum dianggap berjama'ah sholat fardhu pd selain sholat jum'at adalah ketika mnemukan imam sebelum uluk salam pertama walaupun belum sempat dduk bersamanya
 utk sholat jum'at dr syarh fathul qorib dijelaskan

ﻭ‍ﺃ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺠ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻋ‍‍ﺔ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺠ‍‍ﻤ‍‍ﻌ‍‍ﺔ ‍ﻓ‍‍ﻔ‍‍ﺮ‍ﺽ‍ ‍ﻋ‍‍ﻴ‍‍ﻦ‍, ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﺗ‍‍ﺤ‍‍ﺼ‍‍ﻞ‍ ‍ﺑ‍‍ﺄ‍ﻗ‍‍ﻞ‍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺭ‍ﻛ‍‍ﻌ‍‍ﺔ.

adapun hukum berjama'ah pd sholat jum'at adl Fardhu 'ain dan tidaklah hasil jama'ahnya apabila ma'mum mnemukan imam dalam keadaan kurang dr satu raka'at.
 dari syarh al Iqna djelaskan

أما الْجُمُعَة فالجماعة فِيهَا *فرض عين* كَمَا سَيَأْتِي فِي بَابهَا إِن شَاءَ الله تَعَالَى

[الخطيب الشربيني، الإقناع في حل ألفاظ أبي شجاع، ١٦٣/١]
 tambahan dari syarh al Iqna'

وَالْجَمَاعَة فِي الْمَسْجِد لغير الْمَرْأَة وَمثلهَا الْخُنْثَى أفضل مِنْهَا فِي غير الْمَسْجِد كالبيت وَجَمَاعَة الْمَرْأَة وَالْخُنْثَى فِي الْبَيْت أفضل مِنْهَا فِي الْمَسْجِد لخَبر الصَّحِيحَيْنِ صلوا أَيهَا النَّاس فِي بُيُوتكُمْ فَإِن أفضل الصَّلَاة صَلَاة الْمَرْء فِي بَيته إِلَّا الْمَكْتُوبَة أَي فَهِيَ فِي الْمَسْجِد أفضل لِأَن الْمَسْجِد مُشْتَمل على الشّرف وَإِظْهَار الشعائر وَكَثْرَة الْجَمَاعَة وَيكرهُ لذوات الهيئات حُضُور  الْمَسْجِد مَعَ الرِّجَال لما فِي الصَّحِيحَيْنِ عَن عَائِشَة رَضِي الله تَعَالَى عَنْهَا أَنَّهَا قَالَت لَو أَن رَسُول الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم رأى مَا أحدث النِّسَاء لمنعهن الْمَسْجِد كَمَا منعن نسَاء بني إِسْرَائِيل ولخوف الْفِتْنَة

[الخطيب الشربيني، الإقناع في حل ألفاظ أبي شجاع، ١٦٤/١]

jama'ah di masjid itu lebih utama bg orang laki2.. 😊
ﻭ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺄ‍ﻣ‍‍ﻮ‍ﻡ‍ ‍ﺃ‍ﻥ‍ ‍ﻳ‍‍ﻨ‍‍ﻮ‍ﻱ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺎ‍ﺋ‍‍ﺘ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻡ‍

wajib hukumnya bg ma'mum berniat mjd ma'mum
dalam syarh fathul qoribnya dijelaskan

(‍ﻭ) ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﺐ‍ (‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺄ‍ﻣ‍‍ﻮ‍ﻡ‍ ‍ﺃ‍ﻥ‍ ‍ﻳ‍‍ﻨ‍‍ﻮ‍ﻱ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺎ‍ﺋ‍‍ﺘ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻡ‍) ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺎ‍ﻗ‍‍ﺘ‍‍ﺪ‍ﺍﺀ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻡ‍, ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﺐ‍ ‍ﺗ‍‍ﻌ‍‍ﻴ‍‍ﻴ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍, ‍ﺑ‍‍ﻞ‍ ‍ﻳ‍‍ﻜ‍‍ﻔ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺎ‍ﻗ‍‍ﺘ‍‍ﺪ‍ﺍﺀ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﺤ‍‍ﺎ‍ﺿ‍‍ﺮ ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﻌ‍‍ﺮ‍ﻓ‍‍ﻪ‍

wajib hukumnya niat mnjadi ma'mum bg ma'mum ataupun niat mngikuti imam.
adapun hukum ta'yin (mnentukan imam) adalah tidak wajib, ckuplah bginya mngikuti gerakan orang yg hadir apabila tidak mngenalinya
masih dr syarh fathul qorib

ﻓ‍‍ﺈ‍ﻥ‍ ‍ﻋ‍‍ﻴ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﺃ‍ﺧ‍‍ﻄ‍‍ﺄ ‍ﺑ‍‍ﻄ‍‍ﻠ‍‍ﺖ‍ ‍ﺻ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺗ‍‍ﻪ‍ ‍ﺇ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﺍ‍ﻧ‍‍ﻀ‍‍ﻤ‍‍ﺖ‍ ‍ﺇ‍ﻟ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﺇ‍ﺷ‍‍ﺎ‍ﺭ‍ﺓ ‍ﻛ‍‍ﻘ‍‍ﻮ‍ﻟ‍‍ﻪ‍: ‍ﻧ‍‍ﻮ‍ﻳ‍‍ﺖ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺎ‍ﻗ‍‍ﺘ‍‍ﺪ‍ﺍﺀ ‍ﺑ‍‍ﺰ‍ﻳ‍‍ﺪ ‍ﻫ‍‍ﺬ‍ﺍ, ‍ﻓ‍‍ﺒ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﻋ‍‍ﻤ‍‍ﺮ‍ﺍ, ‍ﻓ‍‍ﺘ‍‍ﺼ‍‍ﺢ‍.
bagi orang yg ta'yin imam dan salah dalam mnta'yin mka sholatnya batal, kecuali apabila dalam ta'yin menggunakan isyarat juga maka sah.
contoh ; "saya berniat mngikuti zaid yang ini dan ternyata orang yg ditunjuk adl umar, mka sah jama'ahnya"
 ﺩ‍ﻭ‍ﻥ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻡ‍

dan tidaklah diwajibkan bg imam brniat mnjadi imam
dalam fathul qorib dijelaskan

(‍ﺩ‍ﻭ‍ﻥ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻡ‍); ‍ﻓ‍‍ﻠ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﺐ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺻ‍‍ﺤ‍‍ﺔ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺎ‍ﻗ‍‍ﺘ‍‍ﺪ‍ﺍﺀ ‍ﺑ‍‍ﻪ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺠ‍‍ﻤ‍‍ﻌ‍‍ﺔ ‍ﻧ‍‍ﻴ‍‍ﺔ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻣ‍‍ﺔ, ‍ﺑ‍‍ﻞ‍ ‍ﻫ‍‍ﻲ‍ ‍ﻣ‍‍ﺴ‍‍ﺘ‍‍ﺤ‍‍ﺒ‍‍ﺔ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺣ‍‍ﻘ‍‍ﻪ‍, ‍ﻓ‍‍ﺈ‍ﻥ‍ ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﻨ‍‍ﻮ ‍ﻓ‍‍ﺼ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺗ‍‍ﻪ‍ ‍ﻓ‍‍ﺮ‍ﺍ‍ﺩ‍ﻯ

tidaklah wajib bg imam berniat mnjadi imam selain pda sholat jum'at, nmun hukumnya adalah sunah.
dan ktika sang imam tidak brniat mnjd imam mka hukum sholatnya sbgaimana munfarid (orang yg sholat sendri)
 ﻭ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺯ ‍ﺃ‍ﻥ‍ ‍ﻳ‍‍ﺄ‍ﺗ‍‍ﻢ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺤ‍‍ﺮ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻌ‍‍ﺒ‍‍ﺪ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺒ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻎ‍ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺮ‍ﺍ‍ﻫ‍‍ﻖ‍

dan diperbolehkan bagi orang yang merdeka berma'mum kpd 'abd (budak) dan orang yang baligh kpd orang yg muroheq (orang yg mndekati baligh)
dari syarh fathul qorib

 (‍ﻭ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺯ ‍ﺃ‍ﻥ‍ ‍ﻳ‍‍ﺄ‍ﺗ‍‍ﻢ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺤ‍‍ﺮ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻌ‍‍ﺒ‍‍ﺪ, ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺒ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻎ‍ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺮ‍ﺍ‍ﻫ‍‍ﻖ‍). ‍ﺃ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺼ‍‍ﺒ‍‍ﻲ‍ ‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻤ‍‍ﻴ‍‍ﺰ ‍ﻓ‍‍ﻠ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺼ‍‍ﺢ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺎ‍ﻗ‍‍ﺘ‍‍ﺪ‍ﺍﺀ ‍ﺑ‍‍ﻪ‍

asalkan jangan bermakmum kpd anak kecil yg blum mumayiz, mka tidaklah sah bermakmum pdanya 😊
[24/9 13:09] ‪+62 858-5790-7417‬: ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﺗ‍‍ﺼ‍‍ﺢ‍ ‍ﻗ‍‍ﺪ‍ﻭ‍ﺓ ‍ﺭ‍ﺟ‍‍ﻞ‍ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻣ‍‍ﺮ‍ﺃ‍ﺓ

dan tidak sah pula ma'mumnya orang lk2 pada imam wanita
dalam fathul qorib

(‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﺗ‍‍ﺼ‍‍ﺢ‍ ‍ﻗ‍‍ﺪ‍ﻭ‍ﺓ ‍ﺭ‍ﺟ‍‍ﻞ‍ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻣ‍‍ﺮ‍ﺃ‍ﺓ) ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﺑ‍‍ﺨ‍‍ﻨ‍‍ﺜ‍‍ﻰ ‍ﻣ‍‍ﺸ‍‍ﻜ‍‍ﻞ‍, ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﺧ‍‍ﻨ‍‍ﺜ‍‍ﻰ ‍ﻣ‍‍ﺸ‍‍ﻜ‍‍ﻞ‍ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻣ‍‍ﺮ‍ﺃ‍ﺓ ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﺑ‍‍ﻤ‍‍ﺸ‍‍ﻜ‍‍ﻞ

tdk sah pula lki2 brmakmum pd khuntsa musykil, dan khuntsa musykil juga tidak sah bermakmum kpd wanita dan sesama khuntsa musykil
 dari al Iqna' dijelaskan

وَلَا يَصح أَن (يأتم) ذكر (رجل) أَو صبي (مُمَيّز) وَلَا خُنْثَى مُشكل (ب) أُنْثَى (امْرَأَة) أَو صبية مُمَيزَة وَلَا خُنْثَى مُشكل لِأَن الْأُنْثَى نَاقِصَة عَن الرجل وَالْخُنْثَى الْمَأْمُوم يجوز أَن يكون ذكرا وَالْإِمَام أُنْثَى لقَوْله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم لن يفلح قوم ولوا أَمرهم امْرَأَة

وروى ابْن ماجة لاتؤمن امْرَأَة رجلا

وَيصِح اقْتِدَاء خُنْثَى بَانَتْ أنوثته بِامْرَأَة وَرجل بخنثى بَانَتْ ذكورته مَعَ الْكَرَاهَة قَالَه الْمَاوَرْدِيّ

وَتَصِح قدوة الْمَرْأَة بِالْمَرْأَةِ وبالخنثى كَمَا تصح قدوة الرجل وَغَيره بِالرجلِ

فيتلخص من ذَلِك تسع صور خَمْسَة صَحِيحَة وَهِي قدوة رجل بِرَجُل خُنْثَى بِرَجُل امْرَأَة بِرَجُل امْرَأَة بخنثى امْرَأَة بِامْرَأَة وَأَرْبَعَة بَاطِلَة وَهِي قدوة رجل بخنثى رجل بِامْرَأَة خُنْثَى بخنثى خُنْثَى بِامْرَأَة

[الخطيب الشربيني، الإقناع في حل ألفاظ أبي شجاع، ١٦٧/١]


ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻗ‍‍ﺎ‍ﺭ‍ﺉ‍ ‍ﺑ‍‍ﺄ‍ﻣ‍‍ﻲ

begitu pula tidak diperbolehkan bg qori (yang ahli bacaan) bermakmum pd ummi (yg blum ahli bcaan)

dalam syarh fathul qorib

(‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻗ‍‍ﺎ‍ﺭ‍ﺉ‍) ‍ﻭ‍ﻫ‍‍ﻮ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﻳ‍‍ﺤ‍‍ﺴ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻔ‍‍ﺎ‍ﺗ‍‍ﺤ‍‍ﺔ, ‍ﺃ‍ﻱ‍ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺼ‍‍ﺢ‍ ‍ﺍ‍ﻗ‍‍ﺘ‍‍ﺪ‍ﺍ‍ﺅ‍ﻩ‍ (‍ﺑ‍‍ﺄ‍ﻣ‍‍ﻲ‍) ‍ﻭ‍ﻫ‍‍ﻮ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﻳ‍‍ﺨ‍‍ﻞ‍ ‍ﺑ‍‍ﺤ‍‍ﺮ‍ﻑ‍ ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﺗ‍‍ﺸ‍‍ﺪ‍ﻳ‍‍ﺪ‍ﺓ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻔ‍‍ﺎ‍ﺗ‍‍ﺤ‍‍ﺔ.

yang dimaksd dg qori yt orang yg sdah bagus bacaan fatihahnya, sedangkan yg dimksd dengan ummi yt orang yg rusak bacaan fatihahnya baik dr huruf maupun tasydidnya.
ﻭ‍ﺃ‍ﻱ‍ ‍ﻣ‍‍ﻮ‍ﺿ‍‍ﻊ‍ ‍ﺻ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﺪ ‍ﺑ‍‍ﺼ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺓ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﻫ‍‍ﻮ ‍ﻋ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﺑ‍‍ﺼ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺗ‍‍ﻪ‍ ‍ﺃ‍ﺟ‍‍ﺰ‍ﺋ‍‍ﻪ‍ ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﺘ‍‍ﻘ‍‍ﺪ‍ﻡ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍
dimanapun tempat ma'mum berdiri di masjid asalkan ma'mum tsb mengetahui gerakan sholat imam yg berada di masjid tsb selagi tdak mndahului (lebih maju dari) imam maka sah sholatnya

dari fathul qorib dijelaskan ;

‍ﺛ‍‍ﻢ‍ ‍ﺃ‍ﺷ‍‍ﺎ‍ﺭ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺼ‍‍ﻨ‍‍ﻒ‍ ‍ﻟ‍‍ﺸ‍‍ﺮ‍ﻭ‍ﻁ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻘ‍‍ﺪ‍ﻭ‍ﺓ ‍ﺑ‍‍ﻘ‍‍ﻮ‍ﻟ‍‍ﻪ‍: (‍ﻭ‍ﺃ‍ﻱ‍ ‍ﻣ‍‍ﻮ‍ﺿ‍‍ﻊ‍ ‍ﺻ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﺪ ‍ﺑ‍‍ﺼ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺓ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍) ‍ﺃ‍ﻱ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﺪ (‍ﻭ‍ﻫ‍‍ﻮ) ‍ﺃ‍ﻱ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺄ‍ﻣ‍‍ﻮ‍ﻡ‍ (‍ﻋ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﺑ‍‍ﺼ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺗ‍‍ﻪ‍) ‍ﺃ‍ﻱ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ ‍ﺑ‍‍ﻤ‍‍ﺸ‍‍ﺎ‍ﻫ‍‍ﺪ‍ﺓ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺄ‍ﻣ‍‍ﻮ‍ﻡ‍ ‍ﻟ‍‍ﻪ‍ ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﺑ‍‍ﻤ‍‍ﺸ‍‍ﺎ‍ﻫ‍‍ﺪ‍ﺓ ‍ﺑ‍‍ﻌ‍‍ﺾ‍ ‍ﺻ‍‍ﻒ‍ (‍ﺃ‍ﺟ‍‍ﺰ‍ﺃ‍ﻩ‍) ‍ﺃ‍ﻱ‍ ‍ﻛ‍‍ﻔ‍‍ﺎ‍ﻩ‍ ‍ﺫ‍ﻟ‍‍ﻚ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺻ‍‍ﺤ‍‍ﺔ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺎ‍ﻗ‍‍ﺘ‍‍ﺪ‍ﺍﺀ ‍ﺑ‍‍ﻪ‍ (‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﺘ‍‍ﻘ‍‍ﺪ‍ﻡ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍); ‍

mushonif tlah mengisyarahkan dg perkataanya ; bahwa dimanapun tempat ma'mum berdiri di masjid asalkan ma'mum tsb mengetahui (dg melihat) gerakan sholat imam ataupun melihat sebagian shof jama'ah yg berada di masjid tsb  selagi tdak mndahului (lebih maju dari) imam maka sah sholatnya

tambahan keterangan lg, msih dari fathul qorib

ﻓ‍‍ﺈ‍ﻥ‍ ‍ﺗ‍‍ﻘ‍‍ﺪ‍ﻡ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﺑ‍‍ﻌ‍‍ﻘ‍‍ﺒ‍‍ﻪ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺟ‍‍ﻬ‍‍ﺘ‍‍ﻪ‍ ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﺗ‍‍ﻨ‍‍ﻌ‍‍ﻘ‍‍ﺪ ‍ﺻ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺗ‍‍ﻪ‍, ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﺗ‍‍ﻀ‍‍ﺮ ‍ﻣ‍‍ﺴ‍‍ﺎ‍ﻭ‍ﺍ‍ﺗ‍‍ﻪ‍ ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻣ‍‍ﻪ‍, ‍ﻭ‍ﻳ‍‍ﻨ‍‍ﺪ‍ﺏ‍ ‍ﺗ‍‍ﺨ‍‍ﻠ‍‍ﻔ‍‍ﻪ‍ ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ ‍ﺇ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻣ‍‍ﻪ‍ ‍ﻗ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻠ‍‍ﺎ, ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺼ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺑ‍‍ﻬ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺘ‍‍ﺨ‍‍ﻠ‍‍ﻒ‍ ‍ﻣ‍‍ﻨ‍‍ﻔ‍‍ﺮ‍ﺩ‍ﺍ ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺼ‍‍ﻒ‍ ‍ﺣ‍‍ﺘ‍‍ﻰ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺤ‍‍ﻮ‍ﺯ ‍ﻓ‍‍ﻀ‍‍ﻴ‍‍ﻠ‍‍ﺔ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺠ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻋ‍‍ﺔ

adapun orang yang berdirinya mendahului (didepan) imam seperti halnya makmum yang tumitnya melebihi tumit imam maka tidaklah sah sholatnya.
berbeda dg ma'mum yang berdirinya sejajar dg imam mka tidaklah masalah, namun disunahkan utk membelakangi imamnya sedikit.
 ﻭ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﺻ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺧ‍‍ﺎ‍ﺭ‍ﺝ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﺪ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺄ‍ﻣ‍‍ﻮ‍ﻡ‍ ‍ﻗ‍‍ﺮ‍ﻳ‍‍ﺒ‍‍ﺎ ‍ﻣ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﻫ‍‍ﻮ ‍ﻋ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﺑ‍‍ﺼ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺗ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﺣ‍‍ﺎ‍ﺋ‍‍ﻞ‍ ‍ﻫ‍‍ﻨ‍‍ﺎ‍ﻙ‍ ‍ﺟ‍‍ﺎ‍ﺯ.

adapun bagi imam yang sholat diluar masjid dan jarak ma'mum dekat dengan imam dan ma'mum mengetahui sholatnya imam serta tidak ada hail (penghalang) mka diperbolehkan.
dari syarh fathul qoribnya

(‍ﻭ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﺻ‍‍ﻠ‍‍ﻰ) ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ (‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﺪ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺄ‍ﻣ‍‍ﻮ‍ﻡ‍ ‍ﺧ‍‍ﺎ‍ﺭ‍ﺝ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﺪ) ‍ﺣ‍‍ﺎ‍ﻝ‍ ‍ﻛ‍‍ﻮ‍ﻧ‍‍ﻪ‍ (‍ﻗ‍‍ﺮ‍ﻳ‍‍ﺒ‍‍ﺎ ‍ﻣ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍) ‍ﺃ‍ﻱ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻡ‍, ‍ﺑ‍‍ﺄ‍ﻥ‍ ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﺗ‍‍ﺰ‍ﺩ ‍ﻣ‍‍ﺴ‍‍ﺎ‍ﻓ‍‍ﺔ ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﺑ‍‍ﻴ‍‍ﻨ‍‍ﻬ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺛ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺙ‍ ‍ﻣ‍‍ﺌ‍‍ﺔ ‍ﺫ‍ﺭ‍ﺍ‍ﻉ‍
 ‍ﺗ‍‍ﻘ‍‍ﺮ‍ﻳ‍‍ﺒ‍‍ﺎ, (‍ﻭ‍ﻫ‍‍ﻮ) ‍ﺃ‍ﻱ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺄ‍ﻣ‍‍ﻮ‍ﻡ‍ (‍ﻋ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﺑ‍‍ﺼ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺗ‍‍ﻪ‍) ‍ﺃ‍ﻱ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ (‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﺣ‍‍ﺎ‍ﺋ‍‍ﻞ‍ ‍ﻫ‍‍ﻨ‍‍ﺎ‍ﻙ‍) ‍ﺃ‍ﻱ‍ ‍ﺑ‍‍ﻴ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺄ‍ﻣ‍‍ﻮ‍ﻡ‍ (‍ﺟ‍‍ﺎ‍ﺯ) ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺎ‍ﻗ‍‍ﺘ‍‍ﺪ‍ﺍﺀ ‍ﺑ‍‍ﻪ‍, ‍ﻭ‍ﺗ‍‍ﻌ‍‍ﺘ‍‍ﺒ‍‍ﺮ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺴ‍‍ﺎ‍ﻓ‍‍ﺔ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺬ‍ﻛ‍‍ﻮ‍ﺭ‍ﺓ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺁ‍ﺧ‍‍ﺮ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﺪ. ‍ﻭ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﻛ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺄ‍ﻣ‍‍ﻮ‍ﻡ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﺪ, ‍ﺇ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﻓ‍‍ﻀ‍‍ﺎﺀ ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﺑ‍‍ﻨ‍‍ﺎﺀ ‍ﻓ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﺸ‍‍ﺮ‍ﻁ‍ ‍ﺃ‍ﻥ‍ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺰ‍ﻳ‍‍ﺪ ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﺑ‍‍ﻴ‍‍ﻨ‍‍ﻬ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺛ‍‍ﻠ‍‍ﺜ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﺋ‍‍ﺔ ‍ﺫ‍ﺭ‍ﺍ‍ﻉ‍, ‍ﻭ‍ﺃ‍ﻥ‍ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﻜ‍‍ﻮ‍ﻥ‍ ‍ﺑ‍‍ﻴ‍‍ﻨ‍‍ﻬ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﺣ‍‍ﺎ‍ﺋ‍‍ﻞ‍.

klo ada imam yang sholat diluar masjid dan ma'mum di dalam masjid ataupun imam dan ma'mum sama2 sholat diselain masjid mka sah2 saja asalkan jaraknya tdak mlebihi 300 dziro' dan tidak ada hail antara imam dan ma'mum.

Comments

Popular posts from this blog

Syawir "Hukum Sholawat dengan Berjoget (dangdutan)

Kajian Qowaidh al fiqh ( Kitab al Asybah wa an Nadzoir) "Hal yang Berhubungan dengan Niat"

Syawir "Hukum Sholawat saat Memandikan Jenazah"